alexametrics

Kisah Tabi’in Muhammad bin Sirin

Ahli Tafsir Mimpi yang Dipenjara Gara-Gara Bangkai Tikus

loading...
Ahli Tafsir Mimpi yang Dipenjara Gara-Gara Bangkai Tikus
Ibnu Sirin. Foto/Ilustrasi/Al-Arabiya.com
TERKADANG Allah ‘Azza wa Jalla memberikan keistimewaan dan kelebihan kepada hamba-Nya yang saleh. Semua itu karena taufiq-Nya.

Keistimewaan itu antara lain diberikan kepada Ibnu Sirin. Dari Ibnu Mubarok bin Yazid Al-Bashri rahimahullah bercerita, pada suatu hari seorang lelaki berkata kepada Ibnu Sirin, bahwa dirinya bermimpi seolah-olah terbang di antara langit dan bumi.

“Kamu adalah lelaki yang banyak keinginannya,” ujar Ibnu Sirin menerjemahkan mimpi itu. ( Hilyah Auliya 2 / 278 ).

Lalu, Qolabah rahimahullah juga menceritakan bahwa ada seorang lelaki berkata kepada Ibnu Sirin, “Aku bermimpi seolah-olah aku kencing dengan mengeluarkan darah.” Ibnu Sirin lalu bertanya, “Apakah kamu menjima’ istrimu dalam keadaan haidh?”



“Ya,” jawab lelaki itu.

“Takutlah kepada Allah dan jangan kamu mengulanginya!” saran Ibnu Sirin ( Hilyah Al- Auliya 2 / 227).



Itulah beberapa tafsir mimpi yang dikemukakan oleh Muhammad bin Sirin rahimahullah ketika beberapa orang meminta pendapatnya tentang keanehan mimpi-mimpi mereka. (Baca juga: Begini Nasihat Hasan Al-Bashri kepada Penguasa Irak Umar bin Hubairah)

Tentang Ibnu Sirin
Beliau seorang imam dari para tabi’in yang bernama Muhammad bin Sirin Al-Anshori Abu Bakar bin Abi Umrah Al-Bassari rahimahullah atau dikenal dengan nama Ibnu Sirin. Beliau adalah salah satu pelopor ilmu interpretasi mimpi dalam Islam. Dia menggabungkan pengetahuan linguistik, kebijaksanaan dan wawasannya yang memungkinkannya menjadi pemimpin dalam seni ini. Ibnu Sirin dianggap mirip dengan Nabi Yusuf pada masanya.

Muhammad bin Sirin juga seorang ahli fiqih dan banyak meriwayatkan hadis, lebih dari itu ia dikenal sebagai seorang yang wara’, berusaha untuk selalu berhati-hati dalam agama, suka memuliakan tamu-tamunya, sering menunaikan salat malam dan menangis dalam salatnya serta membiasakan puasa Daud ‘alaihis salam.
halaman ke-1 dari 7
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَاِنَّهٗ لَتَذۡكِرَةٌ لِّلۡمُتَّقِيۡنَ
Dan sungguh, Al-Qur'an itu pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

(QS. Al-Haqqah:48)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak