Kumpulan Artikel: Tafsir Mimpi

  • Kisah Umar bin Khattab Mendekati Ajal: Mimpi Seekor Ayam Jantan Mematuk Dua Kali
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:46 WIB
    Saudara-saudara! Saya bermimpi, yang menurut hemat saya menandakan ajal saya sudah dekat. Saya bermimpi melihat seekor ayam jantan mematuk saya dua kali.
  • Doa Ketika Bermimpi Sesuatu yang Baik Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 12:30 WIB
    Doa ketika kita mengalami mimpi yang baik, penting diketahui dan diamalkan. Bahkan, sebelumnya ketika hendak tidur, kita pun diperintahkan berdoa
  • Ikhtiar Mimpi Ketemu Nabi Muhammad SAW dengan Membaca Surat Al-Muzammil
    Hikmah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 19:36 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Muzammil, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang rajin membacanya maka dia akan melihat Nabi SAW dalam tidurnya.
  • Bacaan Doa Setelah Mengalami Mimpi Baik atau Buruk
    Tips
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 19:04 WIB
    Ketika hendak tidur, kita diperintahkan berdoa, selain mohon perlindungan dari gangguan setan, doa ini untuk menghindarkan terutama mimpi buruk tersebut.
  • Tiga Kategori Mimpi Menurut Islam, Begini Penjelasannya.
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:30 WIB
    Seringkali kita ingin mengetahui arti mimpi yang dialami. Sebenarnya bagaimana tafsir mimpi tersebut dalam pandangan syariat?
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Peristiwa Muharam: Nabi Yusuf Bebas dari Penjara Lalu Diangkat Menjadi Menteri Keuangan
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 12:40 WIB
    Pada bulan Muharam Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara lalu diangkat menjadi menteri keuangan. Kisah tentang perjalanan hidup Nabi Yusuf ini diceritakan secara panjang lebar dalam Surah Yusuf
  • Begini Panduan Rasulullah Saat Bermimpi Baik atau Mimpi Buruk
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 16:30 WIB
    Mimpi dialami semua manusia, dari anak kecil hingga orang tua. Dalam Islam, tidak boleh sembarangan menakwilkan mimpi. Tidak boleh asal menerka makna sebuah mimpi.
  • Tafsir Mimpi Hamil dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 01 Desember 2022 - 12:59 WIB
    Dalam Islam, arti tentang bermimpin atau mimpi hamil, tidak ada penjelasan spesifiknya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Doa Ketika Bermimpi, Lengkap dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 18:13 WIB
    Ketika mengalami mimpi baik itu mimpi buruk atau mimpi baik, kita dianjurkan untuk berdoa. Bahkan, sebelumnya ketika hendak tidur, kita diperintahkan berdoa.
  • Mimpi Istri Meninggal, Ibnu Sirin: Bakal Diberi Kecukupan Rezeki
    Tips
    Rabu, 01 Juni 2022 - 16:43 WIB
    Ibnu Sirin menjelaskan bila seorang suami bermimpi istrinya meninggal dunia, maka ditafsirkan bahwa akan diberi kecukupan rezeki dengan tanamannya.
  • Mimpi Meninggal Dunia? Bisa Jadi akan Berumur Panjang
    Tips
    Selasa, 31 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Ada 6 tafsir ketika seseorang bermimpi dirinya meninggal dunia. Tafsir tersebut ada yang buruk ada yang baik. Tafsir nomor dua justru terjadi kebalikannya: akan berumur panjang.
  • Kisah Nabi Yusuf Menafsirkan Mimpi Sang Raja, Ini Pesannya
    Hikmah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 20:33 WIB
    Kisah Nabi Yusuf alaihissalam menafsirkan mimpi sang Raja termasuk satu di antara mukjizat beliau. Tak hanya menafsirkan mimpi, beliau juga memberi nasihat kepada sang Raja.
  • Surat Yusuf 43: Kisah Mimpi Raja yang Tak Dapat Ditakwilkan Para Pembesar
    Hikmah
    Sabtu, 30 April 2022 - 07:05 WIB
    Dalam tadabur Surat Yusuf Ayat 43 diceritakan kisah Raja Mesir mengalami mimpi yang tak biasa. Sayangnya, mimpi sang raja tak dapat ditakwilkan para pembesarnya.
  • Inilah Adab Ketika Mengalami Mimpi Buruk
    Tips
    Kamis, 17 Maret 2022 - 18:47 WIB
    Ternyata ketika kita mengalami mimpi buruk, ada adab yang harus kita lakukan. Salah satu adabnya yakni tidak boleh meceritakan perihal mimpi buruknya tersebut kepada orang lain. Kenapa demikian?
  • Surat Yusuf Ayat 41: Kehebatan Nabi Yusuf Menakwilkan Mimpi 2 Napi
    Hikmah
    Rabu, 16 Maret 2022 - 18:35 WIB
    Ketika di penjara, Nabi Yusuf alaihissalam dipertemukan dengan dua pemuda yang meminta menakwilkan mimpi mereka. Ini kata Nabi Yusuf saat menafsirkan mimpi kedua napi itu.
  • Mimpi Hujan dan Banjir, Isyarat Bakal Terjadi Peristiwa tidak Menyenangkan
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 10:12 WIB
    Mimpi tentang hujan dan banjir adalah firasat yang tidak menyenangkan. Ini masuk klasifikasi mimpi buruk, kendati tidak mutlak. Ulama Muabbirn menafsirkan mimpi tersebut dengan berbagai arti.
  • Mimpi Hamil Menurut Islam, Bagaimana Arti dan Maknanya?
    Muslimah
    Senin, 13 Desember 2021 - 06:26 WIB
    Mimpi hamil menurut Islam, tidak ada penjelasan spesifik tentangnya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Imperium Dunia dalam Mimpi Nebukadnezar Berdasar Takwil Nabi Daniel
    Hikmah
    Minggu, 12 Desember 2021 - 09:44 WIB
    Nebukadnezar mengalami rangkaian mimpi yang membuatnya gelisah. Ia minta seluruh cendekiawan menakwilkan mimpi itu namun menolak menceritakan apa yang ia lihat dalam mimpinya.
  • Mimpi Naik Babi, Maknanya Akan Mendapatkan Uang Banyak
    Hikmah
    Selasa, 28 September 2021 - 15:19 WIB
    Mimpi melihat babi juga menunjukkan arti keburukan, gangguan, kesombongan, atau uang haram. Namun, jika orang bermimpi menaiki babi, maka berarti ia akan mendapatkan uang banyak.
  • Mimpi Digigit Ular: Jika yang Digigit Tangan Kanan Bakal Dapat Duit Banyak
    Hikmah
    Rabu, 22 September 2021 - 15:49 WIB
    Mimpin menggigit ular pada tangan kanan berarti ia akan mendapatkan uang yang sangat banyak. Jika yang digigit tangan kiri, maka itu berarti dia telah banyak melakukan dosa.