alexametrics

Cara Bertaubat dari Tabarruj Menurut Al-Qur'an

loading...
Cara Bertaubat dari Tabarruj Menurut Al-Quran
Wanita muslimah hendaknya selalu berhijab dan menghiasi diri dengan rasa malu. Foto ilustrasi/ist
Di sebagian besar negara-negara Islam, banyak kita dapati wanita muslimah yang melepaskan hijab (jilbab). Mereka mulai ber-tabarruj, membuka aurat, dan tidak memiliki rasa malu. Bentuk tindakan ini berbeda antara negara yang satu dengan negara yang lain sesuai dengan keadaan tempat tinggal mereka.

Padahal perbuatan-perbuatan tersebut, salah satu penyebab turunnya laknat dan azab Allah Ta'ala. Semua ini disebabkan karena tabarruj dapat merusak akhlak, menghilangkan kesopanan, dan juga menyebabkan tersebarnya konflik dan kerusakan, menghilangkan kesopanan, hilangnya rasa cemburu dan tidak adanya rasa malu. Karena tabarruj pula, ikatan kekeluargaan hancur berantakan dan rasa saling percaya antar anggota keluarga hilang.

Dinukil dari pendapat Syaikh Muhammad bin Ibrahim al-Hamid dalam kitab 'At-taubat wadziifatul Umur' menjelaskan, tabarruj atau bersolek dan mengumbar aurat, sebelumnya tidak dikenal oleh kaum muslimin. Perbuatan ini adalah salah satu perangai kaum jahiliyyah yang telah dikeluarkan dan dibuang oleh Islam. Allah berfirman kepada wanita-wanita yang beriman:

وَقَرْنَ فِى بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ ٱلْجَٰهِلِيَّةِ ٱلْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتِينَ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِعْنَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجْسَ أَهْلَ ٱلْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا



"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya." (QS. Al-Ahzab: 33)

Pada periode-periode terakhir sekarang ini, tindakan tabarruj masuk ke dalam kalangan kaum muslimin akibat penolakan mereka terhadap petunjuk agama . Selain itu, juga disebabkan karena serangan yang begitu gencar terhadap wanita Muslimah yang mendukung mereka untuk melepaskan wibawa, rasa malu, kehormatan, dan agama mereka.



Perbuatan ini pun masuk ke dalam kaum muslimin melalui pintu taklid buta kepada bangsa Barat, sebagai upaya untuk mengikuti kemajuan peradaban mereka agar tidak dikatakan kuno atau ketinggalan zaman. (Baca juga :Penyakit Hati dan Obat Penawarnya)

Kekeliruan orang-orang yang mengajak kepada tabarruj, membuka penutup wajah, dan mengatakan tidak bertabarrui merupakan perbuatan kuno dan ketinggalan zaman harus dipungkiri.

Apabila ingin bukti kuat yang menunjukkan tabarruj yang sebenarnya kuno dan ketinggalan zaman, maka lihatlah dari celah-celah kemerosotan moral manusia yang terjadi pada orang-orang rendah yang masih hidup telanjang di berbagai pedalaman dan hutan-hutan rimba. Kehidupan mereka tidak jauh berbeda dengan kehidupan binatang. Mereka tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan peradaban kecuali setelah mereka bisa mengenakan pakaian.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
مَا كَانَ لِلنَّبِىِّ وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡاۤ اَنۡ يَّسۡتَغۡفِرُوۡا لِلۡمُشۡرِكِيۡنَ وَ لَوۡ كَانُوۡۤا اُولِىۡ قُرۡبٰى مِنۡۢ بَعۡدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمۡ اَنَّهُمۡ اَصۡحٰبُ الۡجَحِيۡمِ
Tidak pantas bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memohonkan ampunan (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, sekalipun orang-orang itu kaum kerabat(nya), setelah jelas bagi mereka, bahwa orang-orang musyrik itu penghuni neraka Jahanam.

(QS. At-Taubah:113)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak