alexametrics

Kisah Sufi

Kisah Bijak Para Sufi: Si Pengembara, Si Aneh, dan Si Hemat Waktu

loading...
Kisah Bijak Para Sufi: Si Pengembara, Si Aneh, dan Si Hemat Waktu
Pesan kisah ini adalah bahwa ketidaksabaran akan menyebabkan seseorang mengabaikan hal-hal penting dari suatu keadaan. Foto/Ilustrasi/Ist
TIGA orang darwis bertemu di sebuah jalan sepi. Yang pertama disebut Si Pengembara, sebab ia selalu menempuh jalan terjauh ketika mengadakan perjalanan, berdasarkan rasa hormatnya kepada tradisi. Yang kedua dikenal sebagai Si Aneh, sebab tak ada sesuatu yang tampak aneh baginya, meskipun hampir semua perhatian dan perbuatannya terasa aneh bagi orang lain. Yang ketiga bernama Si Hemat Waktu, sebab selalu saja ia pikir bisa menghemat waktu, meskipun cara yang digunakannya sering paling boros waktu dibandingkan lainnya.

Ketiga darwis itu pun menjadi teman seperjalanan. Namun, mereka berpisah karena tak lama kemudian, Si Pengembara melihat suatu penunjuk arah yang pernah didengamya, lalu ia pun bersikeras melalui jalan yang ditunjukkan tanda itu.

Jalan itu sampai ke sebuah reruntuhan kota yang dihuni oleh singa-singa, sebab kota besar megah yang diketahuinya itu, telah musnah ratusan tahun lampau.

Baca juga: Cara Jitu Menjebak Anak-Anak Serakah ke Jalan yang Benar



Si Pengembara pun dimakan oleh singa-singa itu, hampir dalam sekali telan. Beberapa hari kemudian, Si Hemat Waktu pun memutuskan mencari sebuah jalan tersingkat, tetapi ia terjatuh ke dalam sebidang pasir hanyut ketika mencoba memotong jalan lewat pedalaman. Pasir hanyut itu bukanlah jenis yang berbahaya, namun butuh beberapa bulan untuk bisa keluar dari sana.

Si Aneh pun berangkat seorang diri. Tak berapa lama, ia bertemu seorang lelaki yang berkata, "Darwis, jalan di depan terhalang, sebab ada sebuah losmen yang pada malam hari didiami banyak binatang buas dari hutan."



"Apa yang binatang itu lakukan pada siang harinya!" tanya Si Aneh.

"Sepertinya mereka berburu," kata orang itu. (Baca juga: Kisah Bijak Para Sufi: Membawa Sepatu)

"Kalau begitu, aku akan tidur saja di losmen itu sepanjang siang dan tetap terjaga pada malamnya," kata Si Aneh.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَاذۡكُرِ اسۡمَ رَبِّكَ بُكۡرَةً وَّاَصِيۡلًا
Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang.

(QS. Al-Insan:25)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak