Kumpulan Artikel: Idries Shah

  • Empat Harta Ajaib: Kisah dari Timur tentang Yesus
    Hikmah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:59 WIB
    Kalangan lain percaya bahwa kisah ini mengacu pada empat teknik yang dimiliki oleh tarekat-tarekat Darwis Timur utama dan gabungan mereka di bawah Naqshbandi di India dan Khorasan.
  • Kisah Sufi: Ketika Semua Orang Bagaikan Raja
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 07:31 WIB
    Pemuda itu harus mengadakan perjalanan ke sebuah negara bernama Misr, dengan menyamar. Oleh karena itu, ia diberi petunjuk-petunjuk untuk pengembaraannya itu, dan berpakaian sesuai dengan samarannya.
  • Kisah Sufi: Air Surga dan Khalifah Harun al-Rasyid
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:38 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Kisah Sufi Rahasia Para Pertapa: Ketika Darwis Mengupas Bawang
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 14:30 WIB
    Para Sufi menyatakan bahwa penyampaian pengetahuan secara biasa mudah menyebabkan kekeliruan karena adanya penambahan atau pengurangan dan ingatan yang salah.
  • Kisah Nabi Isa Dipaksa Mengajari Cara Menghidupkan Orang Mati, Akhirnya Sangat Mengerikan!
    Hikmah
    Rabu, 12 April 2023 - 17:55 WIB
    Kisah ini juga muncul dalam karya Rumi, di samping selalu muncul dalam dongeng-dongeng lisan para darwis tentang Isa as. Tokoh yang suka mengulang-ngulang kisah ini adalah Jabir putra al-Hayan
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 05 April 2023 - 17:29 WIB
    Jika kita melihat beberapa cerita klasik Nashruddin dengan cara seutuh mungkin, kita segera menemukan bahwa keseluruhan pendekatan skolastik merupakan cara terakhir yang diperbolehkan oleh Sufi.
  • Jalaluddin Rumi: Kebenaran Esensial Terletak Pada Kesadaran Batin
    Hikmah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Kajian Rumi terhadap semua bentuk agama. Kesimpulannya bahwa kebenaran esensial terletak pada kesadaran batin manusia itu sendiri, bukan pada organisasi-organisasi eksternal.
  • Sebuah Dongeng Ajaran Sufi: Orang-Orang Pulau
    Hikmah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:37 WIB
    Dongeng digunakan para guru Sufi untuk memberikan suatu gambaran kehidupan yang lebih sejalan dengan perasaan mereka dibandingkan melalui wahana kegiatan intelektual.
  • Kisah Sufi: Empat Harta Ajaib dan Cermin untuk Mencari Sumber Air Kehidupan
    Hikmah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 21:20 WIB
    Penjelasan Sufi yang lebih lazim adalah bahwa Pekerjaan Darwis terdiri atas empat elemen yang keempatnya harus dilakukan bersama secara rahasia.
  • Kisah Sufi: Rapuhnya Pemisah Antara Kita dan Maut
    Hikmah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:49 WIB
    Rumusan para darwis adalah: Cobalah menyadari maut sampai kau tahu apa maut itu. Hanya sedikit penumpang yang secara serius tertarik pada peringatan tersebut.
  • Kisah Sufi: Abdullah Putra si Janda Miskin dan Seorang Darwis
    Hikmah
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 09:27 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah Sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah. Cerita ini mengacu dalam bentuk tersamar pada latihan-latihan tertentu bagi para darwis
  • Kisah Sufi: Bermula dari Suguhan Teh Kaisar China
    Hikmah
    Kamis, 23 Februari 2023 - 15:11 WIB
    Kisah teh bermula dari suguhan kaisar Vhina ini berasal dari ajaran-ajaran Guru Hamadani (wafat tahun 1140), guru dari Yasawi yang Agung dari Turkistan.
  • Kisah Sufi: Wasiat Harta Karun dari Petani kepada Anaknya yang Pemalas
    Hikmah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 16:16 WIB
    Kisah ini diterbitkan oleh seorang Fransiskan, Roger Bacon yang suka mengutip filsafat Sufi dan mengajar di Oxford, dan oleh karena itu ia kemudian dipecat atas perintah Paus dan Boerhaave, ahli kimia abad ke-17.
  • Kisah Sufi: 3 Macam Ilmu dalam Telaah Kemanusiaan
    Hikmah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 14:30 WIB
    Nukilan ini tercatat dalam sebuah buku catatan darwis dalam Bahasa Persia, dan berbagai bentuk kisah itu terdapat dalam mazhab-mazhab Sufi yang tersebar mulai Damaskus sampai Delhi.
  • Kisah Sufi: Sanggahan Orang Berpengetahuan Lebih Bernilai Ketimbang Dukungan si Bodoh
    Hikmah
    Minggu, 19 Februari 2023 - 19:52 WIB
    Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa sanggahan orang berpengetahuan lebih bernilai daripada dukungan si bodoh. Salim Abdali, bersaksi bahwa hal itu benar.
  • Kisah Sultan Mesir yang Ingkar Mikraj Nabi SAW ke Sidratul Muntaha
    Hikmah
    Selasa, 14 Februari 2023 - 14:27 WIB
    Seorang Sultan Mesir menganggap mikraj Nabi Muhammad SAW ke sidratul muntaha yang hanya semalam tidak masuk di akal. Sejumlah ulama mencoba menjelaskan namun dia tak puas.
  • Kisah Mojud Bertemu Nabi Khidir, Dunia Tak Kasat Mata
    Hikmah
    Senin, 13 Februari 2023 - 16:20 WIB
    Kisah ini penting dalam menjelaskan kepercayaan Sufi bahwa dunia tak kasat mata selalu menembus kenyataan sehari-hari, pada setiap saat, di berbagai tempat.
  • Kisah Sufi, Ketika Kebenaran Mencoba Mewujudkan Dirinya Sendiri
    Hikmah
    Jum'at, 10 Februari 2023 - 16:27 WIB
    Kisah ini menggambarkan, di samping hal lainnya, tema kesukaan Sufi bahwa kebenaran mencoba mewujudkan dirinya sendiri bagi manusia. Dan bahwa kebenaran itu muncul lagi dan lagi
  • Kisah Sufi: Mereka yang Tidak Tahu tetapi Bersikap Seolah-olah Tahu
    Hikmah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 16:17 WIB
    Mereka yang telah mengembangkan nilai-nilai batiniah tertentu niscaya memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap masyarakat daripada mereka yang berusaha mengamalkan prinsip-prinsip moral secara kering.
  • Kisah Sufi Shaikh-Pir Shattari: Dua Arti Toko Lampu
    Hikmah
    Rabu, 08 Februari 2023 - 13:34 WIB
    Ia dipercaya mampu melakukan hubungan telepati dengan para guru masa lampau, masa kini, dan masa depan, dan memberi mereka cara-cara untuk menerangkan pesan mereka.