8 Marga Habib Tertua di Dunia

Selasa, 17 Januari 2023 - 10:16 WIB
loading...
A A A
46. Al Syathri (selalu membagi dua harta yang dimilikinya kepada saudara kandungnya, membagi dua dalam bahasa Arab adalah Syatara, seperti Habib Salim bin Abdullah Asyatiri)

47. Al Syabsyabah (nama dari jenis pohon kurma yang istimewa dan masyarakat lebih suka kalau kurma itu dalam keadaan mengkal (setengah matang)

48. Al Syili (sebagai Fiil amer dengan makna bawalah atau ambillah)

49. Al Basyumailaj (terjadinya sebuah keramat dengan menggunakan selimut yang membawa seorang wali ke Mekkah untuk ibadah haji setelah kapal yang akan dia naiki sudah terlebih dahulu berangkat, Syamilah artinya selimut)

50. Al Syahabudin (nisbat kepada para ulama yang agung dan terkenal akan keluasan ilmu mereka dan mempunyai banyak karya tulis pada zamannya)

51. Al Basyaiban (berasal dari Syaibu yang artinya beruban, dinamakan Al Syaiban karena berusia lanjut dan mempunyai rambut putih yang menambah kewibawaan dan kewibawaan sang pemilik nama)

52. Al Syekh Abu Bakar bin Salim (karena seorang guru besar dalam ilmu agama dan seorang pemimpin, juga seorang sufi yang bergelar Wali Quthub), seperti Habib Umar bin Hafidz.

53. Al Syaikho dan Aal Bin Syaikhon (ada 5 orang yang memakai gelar ini)

54. Shahib Al Hamra’ (karena tinggal di Hamra nama kota yang terkenal di Yaman)

55. Shahib Al Huthoh (karena tingga di Huthoh daerah yang terletak di sebelah Barat kota Tarim, Hadramaut)



56. Shahib Al Syi’ib (karena dimakamkan di Syi’ib tempat dimakamkan kakeknya yang bernama Imam Al Muhajir bin Isa, daerah tersebut terletak di antara kota Tarim dan Sewun)

57. Shahib Qasam (karena pindah dari Tarim ke Qasam)

58. Shahib Mirbath (karena tinggal di Marbath Zhufar)

59. Shahib Maryamah (karena tinggal di Maryamah suatu kota yang terletak dekat Sewun)

60. Al Basuroh (karena memiliki sebuah bungkusan (Surrah) yang selalu dijaga dan dibawa kemana saja beliau pergi dan isinya ternyata kitab-kitab agama).

61. Al Shulaibiyah (berasal dari kata Al Sholabu yang berarti teguh dalam menjalankan ajaran agama Islam).

62. Al Shafi Al Jufri (karena melekat yang suci (Safail Qalbu)

63. Al Shafi Assaqqaf/Assaggaf (karena beliau mempunyai kejernihan hati dan pikiran, kebersihan perasaan, kelembutan tabiat)

64. Al Thoha (bertabaruk kepada salah satu nama Rasulullah SAW)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)