Topik Terkait: Adab Adab Dalam Islam

  • Adab dan Kriteria Pertemanan dalam Islam yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 20 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Berteman juga merupakan hubungan yang mendatangkan pahala karena mengarah kepada ibadah muamalah dalam wujud ukhuwah (persaudaraan) islamiyah
  • Begini Adab Lamaran yang Benar Sesuai dengan Syariat Islam
    Tips
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:06 WIB
    Adab lamaran dalam Islam penting untuk diketahui oleh seluruh umat muslim. Terutama bagi mereka yang hendak melakukan ibadah terlama dalam hidup ini.
  • 5 Adab dalam Bercanda, Paling Utama Tidak Bergurau dengan Ayat-ayat Allah
    Tips
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 18:45 WIB
    Banyak manusia menjadikan humor dan canda sebagai relaksasi untuk menghibur diri dan Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  • 5 Adab Bergurau dalam Islam, Salah Satunya Dilarang Berbohong
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Banyak manusia menjadikan canda maupun gurauan sebagai relaksasi untuk menghibur diri. Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya. Berikut adab-adabnya.
  • 8 Adab Menghadiri Resepsi Pernikahan, Nomor Terakhir Sering Lupa Diamalkan
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 10:14 WIB
    Adab menghadiri pesta pernikahan wini penting, agar kedatangan kita ke acara walimatul urs tersebut berpahala dan juga memberikan pahala kepada orang yang menggelar syukuran tersebut.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Adab Menasihati sesuai Tuntunan Rasulullah
    Tips
    Selasa, 26 September 2023 - 11:45 WIB
    Nasihat adalah perkara yang sangat agung bagi setiap muslim. Dalam nasihat ada makna yang tersirat di dalamnya. Karena itu, ada adab yang harus diperhatikan dalam memberi nasihat.
  • Adab Orang Tua Pada Anak, Lebih Banyak Memaafkan
    Muslimah
    Jum'at, 04 Februari 2022 - 12:31 WIB
    Dalam Islam, setiap anak harus berbhakti dan menunjukkan adab yang baik kepada orang tuanya. Akan tetapi orang tua juga dituntut untuk bersikap yang baik terhadap anaknya.
  • Adab Berdoa dalam Salat yang Perlu Dipahami
    Tips
    Minggu, 10 September 2023 - 09:15 WIB
    Adab berdoa dalam salat terutama ketika sujud banyak yang belum memahami. Padahal adab-adab ini penting diketahui agar doa yang kita panjatnya diterima Allah subhanhu wa Taala, termasuk adab doa ketika atau salat dilakukan seperti saat bersujud.
  • Inilah Adab Ketika Mengalami Mimpi Buruk
    Tips
    Kamis, 17 Maret 2022 - 18:47 WIB
    Ternyata ketika kita mengalami mimpi buruk, ada adab yang harus kita lakukan. Salah satu adabnya yakni tidak boleh meceritakan perihal mimpi buruknya tersebut kepada orang lain. Kenapa demikian?
  • Adab Saat Menguap Lakukan dengan 3 Cara Ini
    Tips
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 08:50 WIB
    Menguap menurut KBBI adalah mengangakan mulut dengan mengeluarkan napas karena mengantuk. Menguap tidak dilarang dalam Islam namun dalam kesehariannya terdapat adab-adab yang harus diterapkan oleh umat muslim.
  • Beberapa Adab Penting Ketika BAB di Kamar Mandi
    Tausyiah
    Senin, 20 Desember 2021 - 18:16 WIB
    Islam mengatur semua aspek kehidupan manusia termasuk ketika berada di kamar mandi atau berurusan dengan toilet. Berikut adab-adab penting saat BAB di kamar mandi.
  • Adab Muslim kepada Guru dan Para Ulama
    Tips
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:17 WIB
    Adab kepada guru dan para ulama wajib diamalkan oleh seorang muslim. Adab kepada orang yang berilmu ini perlu dipahami dan diamalkan. Apa saja adab-adabnya?
  • Muslim Wajib Tahu! 7 Adab Islam Terhadap Lingkungan
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 15:49 WIB
    Polusi udara dan pencemaran lingkungan terus menjadi topik hangat di media sosial. Berikut ini tujuh adab Islam terhadap lingkungan yang dapat kita terapkan.
  • Adab dan Etika Berpakaian yang Penting Diketahui Kaum Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 06 Agustus 2022 - 09:34 WIB
    Selain ada hukum yang mengatur bagaimana ketentuan berpakaian bagi muslimah, ada pula adab dan etika berpakaian yang hendaknya diperhatikan. Nah, selama ini mungkin kita sebagai muslimah sering melewatkan etika dan adab-adab berpakaian ini.
  • Setiap Kezaliman Ada Balasannya, Ini 5 Adab Orang yang Teraniaya
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 06:30 WIB
    Di antara kita mungkin pernah teraniaya atau dizalimi orang lain. Atau barang kali pernah merasa dizalimi oleh penguasa yang tidak adil. Bagaimana sikap kita menyikapi hal ini?
  • Nikmat Sakit dan Adab Menjalaninya
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 06:21 WIB
    Salah satu kenikmatan hidup yang dirasakan manusia adalah hidup sehat. Nikmat sehat ini akan terasa besarnya, justru ketika mengalami sakit. Terlebih sakit yang susah untuk disembuhkan.
  • Pentingnya Adab, Jangan Mendahului Imam Ketika Berdoa
    Tausyiah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 23:54 WIB
    Adab dan etika memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Bahkan, akhlak dan adab salah satu kunci meraih ridho Allah. Mari simak pesan Ustaz Muhammad Asroi berikut.
  • Adab dan Doa Ketika Berada di Tempat Baru atau Berwisata
    Tips
    Sabtu, 13 April 2024 - 07:15 WIB
    Agar masuk tempat wisata maupun hotel tidak was-was dengan makhluk tak kasat mata, dianjurkan berdoa agar tidak diganggu makhluk halus dan memperhatikan adab-adab ke tempat baru tersebut.
  • Adab Bertamu atau Bersilaturahmi  dalam Islam yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 10 April 2024 - 13:18 WIB
    Saat perayaan Idulfitri, umat muslim dianjurkan untuk bersilaturahmi dengan sesama saudarannya seiman. Silaturahmi tersebut biasanya saling mengunjungi atau bertamu dengan tetangga, saudara bahkan kerabat yang jauh dari tempat tinggal.
  • Membaca Takbir dan Tasbih Saat Bersafar, Adab yang Disukai Allah
    Tips
    Kamis, 24 Februari 2022 - 18:08 WIB
    Ketika seorang muslim hendak bersafar ada adab-adab yang harus diperhatikan, misalnya ketika seorang musafir sedang mendaki gunung atau menanjak ke tempat yang tinggi, hendaknya dia membaca takbir Allahu Akbar, secara terus-menerus.