Topik Terkait: Amalan Gerhana Bulan (halaman 4)

  • Mengapa Bulan Ramadhan Wajib Disambut dengan Gembira? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:11 WIB
    Bukanlah termasuk orang yang beriman jika datangnya Bulan Ramadhan disambut dengan bersedih hati. Ibarat kerabat dekat atau sahabat yang hendak berkunjung ke rumah, maka harus disambut dengan gembira dan antusias.
  • Lafaz Niat Sholat Gerhana Bulan Lengkap Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 11:44 WIB
    Pada Rabu malam 26 Mei 2021 (malam Kamis) bertepatan malam 15 Syawal 1442 H akan terjadi Gerhana Bulan Total yang dapat diamati di wilayah Indonesia. Berikut niatnya.
  • Sejarah dan Asal Usul Penamaan Bulan Rajab
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 15:07 WIB
    Bagaimana sebenarnya sejarah asal-usulnya dan penamaan bulan Rajab? Adakah arti khusus, serta apa dalil dan keutamaan bulan tersebut dalam Islam?
  • Benarkah Menuntut Ilmu Lebih Utama Daripada Amalan-amalan Sunnah?
    Muslimah
    Senin, 03 Mei 2021 - 18:35 WIB
    Benarkah menuntut ilmu lebih utama daripada amalan-amalan sunnah? Bagaimana kedudukan ilmu ini dalam pandangan syariat Islam? Dan apa pula keutamaan menuntut ilmu ini?
  • 3 Amalan Pembuka Rezeki yang Diajarkan Rasulullah SAW
    Tausiyah
    Selasa, 17 September 2019 - 07:00 WIB
    Barangsiapa yang ingin terbebas dari kemiskinan atau ingin mendapatkan rezeki berlimpah, cukup baginya mengikuti sunnah-sunnah dan amalan-amalan ini.
  • Pengin Mudah Masuk Surga? Ini 6 Amalan yang Harus Dilakukan Kaum Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:31 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengabarkan kepada kita bahwa wanita muslimah bisa masuk surga lewat pintu mana saja, asalkan memenuhi empat kriteria. Selain itu ada juga amalan yang mempermudah mereka masuk surga.
  • Perbanyak Zikir Ini di 10 Hari Pertama Bulan Zulhijjah
    Tips
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:00 WIB
    Zulhijjah merupakan bulan yang memiliki keistimewaan selain Ramadan. Umat Islam dianjurkan mengagungkan bulan tersebut dengan memperbanyak amalan zikir, puasa, berkurban, dan salat Iduladha.
  • Amalan Sebelum Tidur yang Pahalanya Dapat Menghapus Dosa
    Muslimah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 19:35 WIB
    Melakukan amalan sebelum tidur untuk menambah pahala dan menghapus dosa-dosa. Amalan sebelum tidur ini menjadi ibadah sunah bagi umat Islam yang sangat dianjurkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Inilah 5 Amalan untuk Menambal Amal Ibadah yang Cacat
    Tips
    Rabu, 09 Februari 2022 - 15:40 WIB
    Ada banyak amalan sunnah yang bisa menyempurnakan atau menambal amal ibadah kita yang cacat atau kurang sempurna. Karena tak bisa dipungkiri, berbagai amal ibadah yang kita lakukan tak terlepas dari kekurangan di sana-sini
  • Makna Syahrullah Serta Keutamaan Bulan Muharram Bagi Umat Muslim
    Tips
    Jum'at, 22 Juli 2022 - 14:51 WIB
    Makna Syahrullah berarti Bulan Allah, dan disematkan pada Bulan Muharram. Keutamaan bulan Muharram sendiri yakni salah satu dari empat bulan mulia (bulan haram) dalam Islam
  • 4 Amalan yang Menjadi Jalan Menuju Surga Menurut Imam Ahmad
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 08:00 WIB
    Ketika ada orang yang bertanya kepada kita, bagaimana jalan untuk menggapai surga, tentu kita akan menjawabnya sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Bulan Syawal Musim Kawin, Berikut Doa Pengantin Baru
    Tips
    Rabu, 11 Mei 2022 - 17:57 WIB
    Banyak di antara umat muslim memilih menikah di bulan Syawal untuk mengikuti sunnah Rasulullah yang berumah tangga dengan Sayyidah Aisyah pada bulan Syawal.
  • Kiat Meluruskan Niat Dalam Setiap Amalan Ibadah
    Muslimah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Fungsi niat sangatlah penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki dan selalu meluruskan niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas hanya untuk Allah semata.
  • Inilah Amalan Terbaik setelah Amalan Wajib yang Penting Diketahui
    Tausyiah
    Senin, 25 September 2023 - 10:38 WIB
    Ada amalan terbaik setelah amalan-amalan wajib yang penting diketahui umat Islam. Namun, amalan tersebut tidak sama dari satu orang ke orang lainnya. Kenapa demikian? Bagaimana dalilnya?
  • Istighfar Amalan Dahsyat untuk Mengetuk Pintu Rezeki
    Tips
    Selasa, 04 Januari 2022 - 13:52 WIB
    Sejatinya istighfar adalah amalan yang bisa mengetuk pintu-pintu rezeki. Karenanya, barangsiapa yang merasa butuh kepada Allah, maka tidak akan sampai kepadanya kecuali dengan mengajukan istighfar sebagai pembukanya.
  • Inilah Hal-hal yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Rabu, 29 Juni 2022 - 12:15 WIB
    Ada banyak amalan yang dianjurkan dilaksanakan di bulan Dzulhijjah, namun ada juga beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan di bulan tersebut. Apa saja amalan yang dilarang di salah satu bulan haram atau bulan istimewa itu?
  • Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Syaban 2024 Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Tips
    Senin, 12 Februari 2024 - 11:36 WIB
    Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Syaban adalah puasa sunnah. Kesunahan menjalankan puasa Syaban terdapat dalam sejumlah hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Pengin Rezeki Lancar? Rutinkan 4 Amalan Ini!
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 10:17 WIB
    Setiap manusia yang terlahir ke dunia sudah dilengkapi dengan rezeki masing-masing. Akan tetapi, ada amalan yang dapat memudahkan datangnya rezeki kepada kita yang tentu saja sesuai dengan aturan-aturan syariat yang Allah Taala tetapkan.
  • 8 Amalan Sunah Ringan Berpahala yang Sering Terlupakan
    Muslimah
    Senin, 29 Mei 2023 - 11:00 WIB
    Banyak amalan sunah ringan yang bisa dilakukan sehari hari. Amalan ringan ini seringkali terlupakan, padahal bisa jadi dari amalan ringan ini menjadi sebab turunnya Rahmat Allah Taala.
  • Amalan Ringan Sayyidatuna Fathimah Az-Zahra
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 09:21 WIB
    Berikut amalan ringan Sayyidah Fathimah yang dapat kita amalkan. Selain menjaga aurat dan menjaga hati, Rasulullah mengajarkan beberapa amalan kepada beliau.