Topik Terkait: Bahasa Jawa (halaman 5)

  • Sedekah Laut: Tradisi...
    Dunia Islam
    Selasa, 16 April 2024 - 05:15 WIB
    Tradisi ini biasa dilakukan masyarakat pesisir Jawa misalnya di wilayah-wilayah pantai di Cilacap, Tegal, Pekalongan, Batang, Weleri, Kendal, Kaliwungu, Demak, Jepara, Kudus, Juwana, Pati dan sebagainya.
  • Abu Nawas dan Gajah...
    Hikmah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:05 WIB
    Abu Nawas tak mau ketinggalan. Ia maju ke tengah gelanggang mencoba menaklukkan gajah ajaib itu. Setelah berhadapan dengan gajah, Abu Nawas pun menguji gajah itu.
  • 7 Amalan Rebo Wekasan,...
    Tips
    Rabu, 28 Agustus 2024 - 09:54 WIB
    Rebo Wekasan merupakan sebuah tradisi perayaan yang diadakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh masyarakat muslim yang tinggal di daerah Jawa, seperti Kudus dan Banyuwangi
  • Bacaan Talbiyah Haji...
    Tips
    Rabu, 08 Mei 2024 - 08:48 WIB
    Bacaan Talbiyah untuk ibadah haji dan umrah ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Talbiyah sendiri merupakan kalimat yang dibacakan Nabi Ibrahim AS setelah selesai membangun Kakbah.
  • Bacaan Niat Makan Sahur...
    Tips
    Selasa, 12 Maret 2024 - 15:31 WIB
    Bacaan niat makan sahur penting diketahui umat Muslim. Sesuai namanya, doa tersebut dilafazkan sebelum menyantap makanan sahur di bulan Ramadan.
  • Canda Ala Sufi: Kentut...
    Hikmah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 16:00 WIB
    Begitu Nashruddin menikmati makanan itu, tiba-tiba dia buang angin dengan suara keras. Para tamu yang mendengarnya diam saja, agar Nashruddin tidak malu.
  • Lebaran Ketupat, Peninggalan...
    Dunia Islam
    Minggu, 23 April 2023 - 06:34 WIB
    Lebaran ketupat murni berasal dari tanah Jawa, sejak pemerintahan Paku Boewono IV. Tradisi lebaran ketupat yang disertai dengan acara halalbihalal tidak ditemukan di negara lain selain di Indonesia.
  • Makna Ucapan Umar bin...
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam raya ini, dan sisi kejadiannya, dalam kadar atau ukuran tertentu, pada tempat dan waktu tertentu, disebut takdir.
  • Ketika Takdir Menjadi...
    Tausyiah
    Senin, 25 Juli 2022 - 18:45 WIB
    Tatkala Muawiyah bin Abi Sufyan menggantikan Ali ibn Abi Thalib sebagai khalifah, ia menulis surat kepada salah seorang sahabat Nabi, menanyakan, Apakah doa yang dibaca Nabi setiap selesai sholat?
  • Ijab Qobul Bahasa Arab...
    Tips
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 19:53 WIB
    Bacaan ijab Qobul Bahasa Arab adalah salah satu sunnah Rasulullah ketika melaksanakan pernikahan. Berikut lafaznya lengkap dengan latin dan artinya.
  • Syarif Hidayatullah,...
    Hikmah
    Selasa, 27 April 2021 - 15:45 WIB
    Dalam usia muda Syarif Hidayatullah ditinggal mati oleh ayahnya. Ia ditunjuk untuk menggantikan kedudukannya sebagai Raja Mesir, tapi anak muda yang masih berusia 20 tahun itu menolak.
  • Bacaan Sholawat Nariyah...
    Tips
    Rabu, 13 September 2023 - 19:34 WIB
    Bacaan Sholawat Nariyah termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan dan khasiat. Keutamaan membaca sholawat tak perlu diragukan lagi.
  • Jadwal Imsakiyah Wilayah...
    Tips
    Selasa, 05 Maret 2024 - 09:52 WIB
    Berikut ini jadwal Imsakiyah untuk Wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya berdasarkan hisab Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  • Doa Sujud Syukur dengan...
    Tips
    Senin, 09 Oktober 2023 - 19:09 WIB
    Doa sujud syukur ini penting dipahami dan dianjurkan untuk diamalkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah subhanahu wa taala. Kenapa harus sujud syukur? Apa Dalilnya?
  • Niat Puasa Ganti Dalam...
    Tips
    Selasa, 08 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Menjalankan puasa ganti tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadhan. Dalam mazhab Syafii, seseorang tetap wajib membaca niat puasa qadha pada malam harinya sebelum tiba waktu menjelang subuh.
  • Doa Setelah Salat Rawatib...
    Tips
    Senin, 09 Oktober 2023 - 19:20 WIB
    Doa setelah salat rawatib dianjurkan diamalkan karena banyak pahalanya. Salat rawatib sendiri merupakan salat sunah yang mengikuti salat wajib, baik sebelum maupun sesudahnya.
  • Bacaan Doa Khususon...
    Tips
    Jum'at, 19 Januari 2024 - 13:25 WIB
    Bacaan doa khususon ila hadrotin nabiyil mustofa atau ila ruhi, biasanya doa untuk dikirim kepada arwah yang sudah meninggal
  • Nama-nama Nabi dalam...
    Dunia Islam
    Selasa, 26 Juli 2022 - 16:40 WIB
    Nama Nabi dalam Islam yang disebutkan dalam Al-Quran bisa dibaca dalam ejaan bahasa Inggris. Karena Islam bersifat universal atau bisa diterima oleh seluruh umat di dunia.
  • Program Kemaslahatan...
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 14:18 WIB
    Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia atau BPKH RI meresmikan dua Program Kemaslahatan yaitu pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di Jawa Barat.
  • Imam Mahdi: Sang Ratu...
    Dunia Islam
    Senin, 17 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Bagi masyarakat Jawa, Imam Mahdi adalah Ratu Adil yang dinanti-nantikan kedatangannya untuk menjadi pemimpin yang membawa zaman keemasan. Paham Mahdi berkembang tatkala penindasan dan kezaliman merajalela.