Topik Terkait: Bank Dunia (halaman 17)

  • Dunia Sufi: Guru Palsu...
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 08:40 WIB
    Seorang Sufi memiliki banyak rahasia, tetapi ia harus menjadikan rahasia-rahasia tersebut berkembang dalam diri murid. Sufisme merupakan sesuatu yang diberikan kepadanya.
  • Keutamaan Sifat Tawadhu...
    Muslimah
    Sabtu, 02 September 2023 - 09:01 WIB
    Ada barometer utama dalam menghiasi kecantikan seorang wanita ini terutama kaum wanita muslimah. Apakah itu? Dialah sifat tawadhu
  • Gangguan Jantung Usai...
    Dunia Islam
    Senin, 13 Juni 2022 - 19:04 WIB
    Jamaah kloter 4 Embarkasi Surabaya (SUB), yakni Bawuk binti Karso meninggal dunia, Senin (13/6/2022), setelah dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Arab Saudi.
  • Syadad bin ‘Aad, Penguasa...
    Hikmah
    Senin, 07 Februari 2022 - 12:14 WIB
    Syadad bin Ad bin Aush bin Arum bin Sam bin Nuh adalah penguasa dunia pertama setelah Nabi Nuh. Syadad menikahi 4000 perempuan dan memiliki 4.000 anak.
  • Dubai Perkenalkan Proyek...
    Dunia Islam
    Senin, 25 September 2023 - 17:00 WIB
    Dubai akan memperkenalkan Proyek Wisata Religius berupa masjid terapung pertama di dunia dengan perkiraan biaya sekitar Dh55 juta atau setara dengan Rp230,7 miliar.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Titik Temu Modern Islam...
    Dunia Islam
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:33 WIB
    Umat Islam selalu yang menginginkan modernisasi dan westernisasi akan tetapi perluasan yang mereka kehendaki itu bermacam-macam, dan acapkali berhenturan dengan umat Islam yang lain.
  • Keutamaan Meninggal...
    Tips
    Selasa, 25 April 2023 - 12:24 WIB
    Keutamaan meninggal di hari Lebaran adalah baik dengan asumsi bahwa yang meninggal telah menjalankan kewajiban selama Ramadan dan mengeluarkan zakat fitrah pada saat sebelum lebaran.
  • Kisah Mubahalah dan...
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 19:38 WIB
    Hampir saban tahun sejak tahun 175 H, selalu saja ada gejolak keamanan. Pemberontakan terjadi di sejumlah wilayah, mulai dari Mesir di barat, Suriah dan sekitarnya di utara, serta Khurasan di Timur.
  • Inilah Barometer Kecantikan...
    Muslimah
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:30 WIB
    Setiap wanita pasti menginginkan kecantikan yang hakiki. Namun ada barometer utama dalam menghiasi kecantikan seorang wanita ini terutama kaum wanita muslimah. Apakah itu? Dialah sifat tawadhu.
  • Hari Nakba: Kisah Rakyat...
    Dunia Islam
    Senin, 08 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Pada tanggal 15 Mei setiap tahun, warga Palestina di seluruh dunia memperingati Nakba. Tujuh puluh lima tahun berlalu, dan mereka masih banyak yang rindu untuk kembali ke tanah yang mereka tinggalkan.
  • Ketika Kekuasaan Mengalami...
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 14:14 WIB
    Dalam sejarah kehidupan manusia ragam peristiwa yang terjadi dari masa ke masa kerap kali berulang dalam bentuk yang sama atau beda. Namun, tidak jarang memiliki makna dan tujuan yang sama.
  • Hati-hati, Inilah Balasan...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:54 WIB
    Rasulullah SAW selalu mendesak para umatnya agar selalu melakukan perbuatan baik selama di dunia, karena setiap perbuatan kita di dunia akan dimintai pertangung jawaban di akhirat kelak. Termasuk didalamnya agar selalu berkata jujur dan tidak berbohong
  • Lirik Aqidatul Awam,...
    Tips
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 03:03 WIB
    Aqidatul Awam merupakan salah satu karya penting dalam literatur keagamaan Islam atau nadhom yang disusun oleh Imam Ahmad bin Muhammad Ramadhan bin Manshur al-Makki al-Marzuki al-Maliki al-Husaini al-Hasani.
  • Hukuman Maksiat akan...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:38 WIB
    Orang yang sudah biasa melakukan kemaksiatan, maka dipastikan dia akan berat melakukan ketaatan kepada Allah Taala. Hukuman maksiat itu tidak harus dalam bentuk hal-hal yang ngeri semisal hampir tersambar halilintar.
  • 7 Hal Indah yang Disukai...
    Muslimah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 06:19 WIB
    Semua yang terlihat indahdi dunia akan disukai, padahal semua yang indah dalam pandangan manusia dalam rangka ujian yang Allah Taala berikan kepada hamba-hamba-Nya.
  • Penyair Cerdas Ibunda...
    Muslimah
    Selasa, 15 September 2020 - 14:58 WIB
    Al-Khansa binti Amru merupakan seorang perempuan saleha yang berparas cantik dan sangat fasih dalam berkata-kata. Kemampuannya dalam merangkai kata-kata menjadi sebait syair sangatlah mengagumkan.
  • 20 Fakta Unik Masjidil...
    Dunia Islam
    Jum'at, 18 November 2022 - 05:10 WIB
    Masjidil Haram Mekkah menduduki tempat paling mulia di muka bumi di samping Masjid Nabawi Madinah dan Masjid Al-Aqsha Palestina. Berkut 20 fakta unik Masjidil Haram.
  • Kisah Praktik Pengobatan...
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:51 WIB
    Abu Nasr al-Farabi, seorang filsuf, menulis setiap mode dapat menimbulkan perasaan yang berbeda-beda, seperti kepuasan, kemudahan, kesedihan, ketakutan, kantuk dan beberapa lainnya.
  • Marwan bin Muhammad,...
    Dunia Islam
    Rabu, 16 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Hal pertama yang Marwan lakukan ketika menjabat khalifah adalah membongkar kuburan Yazid III dan menyalibnya. Hal ini ia lakukan karena Yazid III telah membunuh Walid II.
  • Hindun binti Utbah :...
    Muslimah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 10:15 WIB
    Nama shahabiyah yang satu ini juga pasti sudah tidak asing lagi yaitu Hindun binti Utbah. Ya, Hindun istri Abu Sufyan yang terkenal sebagai pemakan hati Singa Allah, Hamzah bin Abdul Mutalib.