Topik Terkait: Biografi Gus Baha (halaman 373)

  • Wapres Ingatkan Umat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 September 2023 - 13:42 WIB
    Wapres Maruf Amin mengingatkan umat Islam agar mengkonsumsi makanan halal agar terhindar dari api neraka saat membuka Minangkabau Halal Festival 2023 di Universitas Negeri Padang.
  • Tak Hanya Istri, Ternyata...
    Hikmah
    Minggu, 10 September 2023 - 16:06 WIB
    Hak menikmati keindahan berhiasnya pasangan antara pasutri adalah sama dan seimbang, dan bahwa tuntutan berdandan tidak hanya tertuju bagi kaum perempuan saja, namun termasuk kaum laki-laki juga dituntut melakukannya
  • Doa Agar Setiap Urusan...
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 16:38 WIB
    Doa ini tergolong istimewa karena mencakup segala hal. Seperti permohonab kebaikan urusan dan keselamatan dunia Akhirat. Inilah salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah.
  • Doa setelah Akad Nikah...
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 16:21 WIB
    Doa setelah akad nikah kepada istri berdasarkan hadis yang diriwayakan Abu Dawud no. 2160 dan Ibnu Majah no. 2252, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani adalah sebagai be
  • 5 Ayat yang Menggambarkan...
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 16:41 WIB
    Berikut ini adalah 5 ayat dalam al-Quran yang menggambarkan neraka dan berbagai jenis siksaannya. Ayat-ayat itu antara lain surat az-Zukhruf ayat 74-77, dan al-Isra ayat 97.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Amalan Rebo Wekasan...
    Muslimah
    Selasa, 12 September 2023 - 18:42 WIB
    Amalan Rebo Wekasan untuk wanita haid sangat bermanfaat dan mengandung banyak pahala serta dapat menghindarkan dari berbagai bala bencana. Apa dan bagaimana amalannya?
  • Asal Usul Penulisan...
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 22:26 WIB
    Bacaan Basmalah disebut juga Tasmiyyah yang artinya dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Berikut asal usul dan keutamaannya.
  • Bolehkah Beramal Ibadah...
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 13:19 WIB
    Segala amal perbuatan termasuk amal ibadah akan mendapat ganjaran. Namun, bolehkah melakukan amal saleh atau amal ibadah untuk kepentingan atau tujuan dunia? Adakah dalil dan penjelasannya?
  • 3 Sifat Keteladanan...
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 22:45 WIB
    Nabi Sulaiman seorang Rasul yang dikaruniai Allah dengan banyak nikmat, termasuk kerajaan yang tidak dimiliki siapa pun di muka bumi. Berikut 3 sifat keteladanan Nabi Sulaiman.
  • 5 Doa untuk Kedua Orang...
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 11:03 WIB
    Banyak doa untuk kedua orang tua yang bisa kita amalkan setiap hari. Berdoa untuk mereka, merupakan wujud berbakti yang diperintahkan Allah subhanahu wa taala dalam Al-Quran maupun hadis.
  • Mengenal Tell es-Sultan,...
    Dunia Islam
    Senin, 18 September 2023 - 18:02 WIB
    Situs yang terletak di Lembah Yordan ini diyakini sudah ada sebelum piramida Mesir dan terdiri dari gundukan berbentuk oval yang berisi endapan dan artefak prasejarah.
  • Surat An-Nur Ayat 26:...
    Tausyiah
    Senin, 18 September 2023 - 22:37 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas Surat An-Nur ayat 26 di mana diterangkan bahwa laki-laki yang baik untuk wanita yang baik. Berikut penjelasannya.
  • Bacaan Niat Sahur Puasa...
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 14:08 WIB
    Bacaan niat sahur puasa Ramadan tidak diajaran secara khusus dalam kitab-kitab hadis maupun kitab-kitab fiqih terkemuka macam Fiqih Sunnah, Fiqih Islam wa Adillatuhu, Fiqih Empat Madzhab.
  • Jumlah Rakaat Sholat...
    Tausyiah
    Selasa, 19 September 2023 - 17:35 WIB
    Sholat merupakan rukun Islam kedua setelah Syahadat. Muncul pertanyaan, berapakah jumlah rakaat sholat yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW dalam Sehari?
  • Kisah Pemberontakan...
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 14:56 WIB
    Berita pemberontakan ini sampai ke Madinah tatkala umat Islam tengah membaiat Abu Bakar sebagai khalifah. Mereka sangat terkejut. Berselisih pendapat tentang apa yang harus diperbuat.
  • Keutamaan Mendoakan...
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 21:23 WIB
    Mendoakan kedua orang tua setelah sholat fardhu sangat dianjurkan karena memiliki fadhilah (keutamaan). Salah satunya sebagai tanda bakti anak kepada orang tuanya.
  • Robert Bauer Umumkan...
    Dunia Islam
    Rabu, 20 September 2023 - 17:16 WIB
    Bek berusia 27 tahun yang saat ini membela klub Arab Saudi Al-Tai FC itu mengumumkan keputusan tersebut kepada dunia melalui akun Instagram resminya.
  • Tadabbur An-Nur Ayat...
    Tausyiah
    Kamis, 21 September 2023 - 20:50 WIB
    Islam tak hanya menaruh perhatian terhadap perkara ibadah semata, tetapi juga memberi tuntunan dalam hal adab dan hubungan antarmanusia. Salah satunya melarang umatnya menyebarkan hoaks.
  • Fenomena Akhir Zaman,...
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 21:29 WIB
    Di antara fenomena akhir zaman yang tidak kita sadari adalah banyak orang sangat mudah menyalahkan orang lain. Fenomena ini termasuk yang dibubuwahkan oleh Baginda Nabi
  • Tanda-tanda Wanita yang...
    Muslimah
    Jum'at, 22 September 2023 - 13:31 WIB
    Ada tanda-tanda yang terlihat jelas dari wanita yang telah dinikahi jin, terutama dari perilaku-perilaku kaum hawa itu sendiri. Mengapa jin bisa menikahi manusia?