Topik Terkait: Budaya Jawa (halaman 39)

  • Dua Tetesan dan Dua...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Selain mencintai pekerja yang bila bekerja ia bekerja dengan baik, Allah taala juga mencintai dua tetesan dan dua bekas. tetesan air mata dan tetesan darah.
  • Tagih Zakat, Abu Nawas...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:20 WIB
    Pada mulanya, Baginda Raja agak kaget dengan ide Abu Nawas. Karena ada rasa keinginan kuat untuk menyadarkan Tuan Kabul, akhirnya rajapun bersedia menyamar menjadi pengemis..
  • Sampaikan Cita-Cita...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 17:49 WIB
    Keempat remaja, Abdullah bin Zubair, Musab bin Zubair, Urwah bin Zubair, dan Abdul Malik bin Marwan menyampaikan cita-citanya di kaki Kabah. Semua cita-cita itu terkabul.
  • Mengapa Kita Harus Mencintai...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 20:11 WIB
    Siapa sebenarnya Waliyullah (Wali Allah)? Secara bahasa, Wali adalah pihak yang dekat, mencintai, dan siap menolong. Wali Allah adalah kekasih Allah atau orang-orang yang beriman dan bertakwa.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Seekor semut dengan rencana tersusun di pikirannya, sedang mencari-cari madu ketika seekor capung hinggap pada kuntum bunga itu dan menghisap madunya.
  • Besok Gerhana Matahari...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:47 WIB
    Masyarakat Indonesia akan kembali menyaksikan fenomena langit yang menakjubkan, yakni Gerhana Matahari Cincin. Peristiwa ini akan terjadi pada Ahad besok.
  • Jabir Ibn Hayyan, Ilmuwan...
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 17:23 WIB
    Ramai perbincangan air keras menyusul keluarnya tuntutan 1 tahun penjara bagi pelaku penyiraman air keras penyidik KPK Novel Baswedan. Apa sebenarnya definisi air keras dan siapa penemunya?
  • Peristiwa Besar Saat...
    Tausyiah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Matahari dan bulan ialah tanda kebesaran Tuhan, yang tidak akan jadi gerhana karena kematian atau hidupnya seseorang. Kalaumelihat hal itu, berlindunglah dalam zikir kepada Tuhan.
  • Soal Berburu, Jangan...
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 08:59 WIB
    Si Jahil ini tiba-tiba melontarkan ide kepada Baginda Raja. Ia mengusulkan kapada Baginda, agar acara berburu menjadi seru, bagaimana bila ada semacam lomba.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 06:27 WIB
    Ketika kebenaran itu nyata, dan saat orang-orang telah mengecap teh, situasinya berbalik orang yang mengatakan hal-hal layaknya orang agung dan berpengetahuan ternyata tolol.
  • Ashhabul Ukhdud: Kisah...
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Hanya karena meyakini ajaran tauhid, mereka mengalami penyiksaan luar biasa. Penguasa setempat menghempaskan kaum tersebut ke dalam parit yang dibakar.
  • Pengetahuan Tentang...
    Tausyiah
    Senin, 22 Juni 2020 - 04:40 WIB
    Suatu bagian penting dari pengetahuan kita tentang Tuhan timbul dari kajian dan renungan atas jasad kita sendiri yang menampakkan pada kita kebijaksanaan, kekuasaan, serta cinta Sang Pencipta.
  • Kisah Wanita yang Memakai...
    Muslimah
    Senin, 22 Juni 2020 - 10:28 WIB
    Kisah yang terjadi pada saat Bani Israel sibuk dengan penampilan palsu sehingga menyebabkan mereka celaka dan binasa. Ketakwaan dan kesalehan pada diri mereka telah menipis.
  • Dituduh Menyimpang karena...
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 11:35 WIB
    Beliau terjun di kancah peperangan dengan gigih yang tiada orang lain segigih beliau. Akan tetapi di saat pembagian ghanimah, tiada yang lebih enggan menerima daripada heliau.
  • Wahai Muslimah, Yuk...
    Muslimah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 16:00 WIB
    Sangat disayangkan, bergosip atau ghibah pada hari ini sudah menjadi santapan di setiap forum dan menjadi kebiasaan terulang-ulang di kebanyakan pertemuan kaum wanita.
  • Penampakan Pedang dan...
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 20:56 WIB
    Banyak riwayat yang menceritakan sisi kepribadian Rasulullah termasuk pakaian dan properti yang dipakai beliau semasa hidupnya. Berikut penampakan pedang dan topi besi Rasululah.
  • Inilah Mandi Wajib yang...
    Muslimah
    Senin, 22 Juni 2020 - 07:29 WIB
    Dalam Islam, muslimah yang sudah selesai siklus haidnya diwajibkan untuk mandi wajib atau mandi junub. Begitupun bagi wanita yang sudah menikah karena bersetubuh dan seorang ibu yang baru selesai melahirkan.
  • Ketaatan Kepada Allah...
    Muslimah
    Senin, 22 Juni 2020 - 15:06 WIB
    Jika Allah Taala berkehendak, maka apapun akan terjadi. Bagi Allah tak ada satu pun yang mustahil. Allah Maha Besar dan Maha Segalanya. Kekuasaan ini ditunjukkan melalui kisah Nabi Zakariya Alaihissalam dengan istrinya, Isya binti Imran.
  • 2 Nikmat yang Sering...
    Tausyiah
    Senin, 22 Juni 2020 - 16:56 WIB
    Andai seluruh air laut dijadikan sebagai tinta, tidak akan pernah cukup untuk menuliskan limpahan nikmat dan karunia Allah yang begitu besar.
  • 5 Karomah Sayyidina...
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 17:45 WIB
    Salah satu keistimewaan Ali bin Abi Thalib adalah orang kedua memeluk Islam, setelah Sayyidah Khadijah istri Nabi Shallallahu alahi wa sallam. Selain keistimewaan itu, ada 5 karomah Sayyidina Ali.