Topik Terkait: Cara Mengurus Jenazah

  • Pahala Besar Sholat Jenazah dan Niat Menyalatkan Mayit
    Tips
    Selasa, 20 September 2022 - 10:56 WIB
    Melakukan sholat jenazah mendapatkan pahala yang sangat besar. Sebab sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah berdasarkan keumuman perintah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam untuk menyalati jenazah seorang muslim.
  • Tata Cara Menguburkan Jenazah Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:45 WIB
    Umat muslim wajib mengetahui tata cara menguburkan jenazah sesuai syariat islam. Mengurus jenazah muslim hukumnya fardhu kifayah. Berikut tata caranya.
  • Bacaan Doa Salat Jenazah Perempuan Beserta Tata Caranya
    Muslimah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:25 WIB
    Bacaan doa salat jenazah perempuan beserta tata caranya ini penting diketahui umat muslim. Dalam ajaran Islam, jenazah harus terlebih dahulu dimandikan dan disalatkan sebelum akhirnya dikebumikan.
  • Anjuran Membuat 3 Shaf Ketika Sholat Jenazah
    Tips
    Rabu, 27 Juli 2022 - 18:21 WIB
    Dalam shalat jenazah terdapat anjuran membuat 3 shaf yang belum banyak diketahui umat Islam. Berikut hadis yang menganjurkan sholat jenazah dengan 3 shaf.
  • Hukum Tentang Membuka Tali Pengikat pada Jenazah
    Muslimah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 15:32 WIB
    Jenazah seorang muslim yang meninggal dunia wajib hukumnya untuk dimandikan kecuali orang yang meninggal dunia di medan perang di jalan Allah (mati syahid)
  • Bacaan Doa Salat Jenazah Lengkap dengan Huruf Arab dan Terjemahannya
    Tips
    Senin, 07 Agustus 2023 - 16:14 WIB
    Bacaan doa salat jenazah lengkap dalam bahasa Arab dan latin serta artinya, penting diketahui umat Islam sehingga tidak keliru dalam mengamalkannya.
  • Anjuran Memberi Kesaksian Baik untuk Jenazah, Ini Fadhilahnya
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 22:09 WIB
    Kesaksian orang-orang muslim terhadap jenazah merupakan hal yang dianjurkan dalam Islam. Rasulullah berkata bahwa umatnya menjadi saksi bagi Allah di bumi-Nya.
  • Bacaan Sholat Jenazah Lengkap Arab, Latin dan Niat
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 20:43 WIB
    Bacaan sholat jenazah lengkap Arab, latin dan niatnya termasuk informasi penting bagi umat Islam. Seperti diketahui, melaksanakan sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah.
  • Tata Cara Mengafani Jenazah Perempuan dan Dalilnya
    Muslimah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 19:25 WIB
    Cara mengafani jenazah perempuan sedikit berbeda dengan jenazah laki-laki, karena itu tata caranya penting diketahui oleh kaum muslim
  • Benarkah Gagak adalah Burung Kematian? Ini Kisahnya yang Dicantumkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 14:23 WIB
    Burung gagak khususnya gagak hitam sering kali dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Benarkah demikian? Bagaimana Islam memandang mitos burung gagak ini?
  • Sholat Jenazah Setelah Ashar, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 11:57 WIB
    Hadis Nabi menegaskan bahwa salah satu waktu terlarang mendirikan sholat adalah bakda Ashar. Lalu, bagaimana hukum mengerjakan sholat jenazah setelah Ashar, bolehkah?
  • Cara Berbagi Sedekah dengan Mudah
    Tips
    Rabu, 21 April 2021 - 14:34 WIB
    Bersedekah di bulan Ramadhan dijanjikan Allah Subhanahu wa taala dapat pahala yang berlipat-lipat. Sedekahnya bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, dan yang terpenting niat untuk sedekah itu sendiri harus tulus dan ikhlas.
  • Niat Wudhu, Tata Cara Beserta Doa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:04 WIB
    Niat wudhu dan tata caranya wajib diketahui setiap muslim karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Berikut bacaan niat dan doa setelah wudhu.
  • Keutamaan Syafaat dan Cara Mendapatkannya
    Muslimah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 07:20 WIB
    Muslimah, di antara perkara yang kita butuhkan untuk keselamatan kita di dunia dan akhirat adalah syafaat. Syafaat ini hakikatnya adalah rekomendasi, yakni rekomendasi dari seseorang terhadap allah Taala.
  • Haram Hukumnya Menolak Jenazah Pasien Covid-19
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 14:24 WIB
    Sejumlah pimpinan ormas Islam mengimbau kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk tidak menolak kehadiran jenazah sesama muslim yang meninggal akibat Covid-19
  • Berdiet Cara Rasulullah : Aman, Mudah dan Halal
    Tips
    Sabtu, 10 September 2022 - 15:31 WIB
    Dalam ajaran Islam memiliki kesehatan dan postur ideal untuk tubuh adalah hal yang dianjurkan. Namun Islam juga tidak membenarkan jika cara diet yang dilakukan terlalu berlebihan apalagi menggunakan bahan-bahan yang haram.
  • Cara Sujud Syukur dan Bacaan Doanya
    Tausyiah
    Minggu, 18 Februari 2024 - 07:45 WIB
    Sujud syukur karena mendapat kabar gembira, misalnya menang pemilihan presiden, tak bisa dilakukan sembarangan. Syarat sujud syukur sama saja dengan sembahyang.
  • Siapa yang Berhak Memandikan Jenazah Perempuan?
    Muslimah
    Kamis, 24 September 2020 - 08:37 WIB
    Sebenarnya siapakah yang berhak memandikan jenazah seorang perempuan ini dalam pandangan syariat? Bagaimana pula aturan hukumnya?
  • Tata Cara Wudu yang Benar Menurut Al-Quran dan Sunnah
    Tips
    Rabu, 13 September 2023 - 13:31 WIB
    Tata cara wudu yang benar menurut Al-Quran dan Sunnah ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Wudu yang sempurna akan membuat kita beribadah lebih khusyu. Berikut ini kami ulas tata cara berwudhu yang benar.
  • Cara Kirim Doa Yasin untuk Orang Meninggal
    Tips
    Selasa, 05 Desember 2023 - 19:39 WIB
    Cara mengirim doa Yasin untuk orang meninggal termasuk amalan yang dianjurkan dalam Islam. Berikut tata tacaranya beserta bacaannya.