Topik Terkait: Ciri Ciri Haji Mabrur (halaman 427)

  • Doa untuk Janin dan...
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 17:42 WIB
    Berikut doa yang dapat diamalkan ibu hamil untuk mendoakan janin atau bayi dalam kandungan. Doa ini dapat dibaca kapan saja dan lebih afdhol dibaca setelah salat fardhu lima waktu.
  • Akhlak Imam Ahmad bin...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 17:41 WIB
    Dalam biografi Imam Ahmad bin Hanbal sang ulama ahli Hadis (164-241 H) diceritakan akhlak beliau yang menakjubkan. Simak kisahnya berikut.
  • Bolehkah Menamai Anak...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 23:33 WIB
    Bolehkah menggunakan nama Malaikat seperti Jibril atau Mikail untuk anak kita? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq berikut.
  • Bolehkah Muslimah Memakai...
    Muslimah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 10:19 WIB
    Hukum memakai celana panjang untuk busana seorang muslimah penting diketahui mereka. Karena hal ini berkaitan dengan cara menutup aurat yang berbeda antara kaum laki-laki dan wanita.
  • Surat Yusuf Ayat 108:...
    Hikmah
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 21:39 WIB
    Pada ayat ini, Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk memberitahu umatnya bahwa dakwah yang dijalankannya bertujuan mengajak manusia mengesakan Allah.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Doa saat Melakukan Aqiqah...
    Tips
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 12:28 WIB
    Perintah aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkad. Apabila pada hari ke tujuh dari hari kelahiran anak belum terlaksana penyembelihan aqiqah maka boleh dilaksanakan setelah hari ke tujuh dan bahkan hukumnya itu masih tetap sunnah.
  • Jadwal Salat untuk Wilayah...
    Tips
    Minggu, 28 Mei 2023 - 06:28 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal salat untuk Ahad tanggal 28 Mei 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal salat ini bersumber dari Bimas Islam Kementerian Agama.
  • Doa Menjelang Sholat...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 September 2023 - 17:30 WIB
    Doa menjelang sholat Subuh dan menyambut pagi ini dapat diamalkan agar rezeki lancar dan dilindungi dari kesempitan dunia. Berikut bacaan doanya.
  • Jadwal Sholat Yogyakarta...
    Tips
    Sabtu, 09 September 2023 - 21:20 WIB
    Jadwal sholat Yogyakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari Minggu 10 September 2023 atau 24 Safar 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi rujukan umat Muslim wilayah Yogyakarta dan sekitarnya untuk melaksanakan sholat fardhu lima waktu.
  • Jadwal Sholat Kota Bandung,...
    Tips
    Sabtu, 09 September 2023 - 22:14 WIB
    Berikut jadwal sholat untuk wilayah Kota Bandung Provinsi Jawa Barat, Ahad 10 September 2023 bertepatan 24 Shafar 1445 Hijriah.
  • Jadwal Sholat Kota Medan,...
    Tips
    Sabtu, 09 September 2023 - 23:12 WIB
    Berikut jadwal sholat untuk wilayah Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Ahad 10 September 2023 bertepatan 24 Shafar 1445 Hijriah.
  • Jadwal Sholat untuk...
    Tips
    Minggu, 10 September 2023 - 00:15 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal sholat untuk hari ini, Ahad 10 September 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal sholat ini bersumber dari Bimas Islam Kemenag.
  • Kisah Nabi Nuh dan Bahteranya,...
    Hikmah
    Minggu, 10 September 2023 - 05:10 WIB
    Kisah Nabi Nuh alaihissalam dan bahteranya menyelamatkan pengikutnya dari banjir besar menarik untuk diulas. Siapa saja yang ikut dalam bahtera Nabi Nuh itu? Berikut ulasannya.
  • 2 Doa agar Diberi Tubuh...
    Tips
    Minggu, 10 September 2023 - 04:15 WIB
    Doa agar selalu diberi kesehatan dan tubuh yang kuat ini, hendaknya diamalkan setiap hari. Selain tentunya, kita juga menerapkan pola hidup sehat dan memakan makanan yang bergizi.
  • Ayat-Ayat Al-Quran yang...
    Tausyiah
    Selasa, 12 September 2023 - 15:15 WIB
    Berikut ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang menggambarkan neraka dan berbagai jenis siksaannya antara lain Surat Ali Imran ayat 131, Surat al-Kahfi ayat 29 dan surat al-Insan ayat 4.
  • Wasiat Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 19:05 WIB
    Dalam kitab Durratun Nashihin disebutkan ada sebuah riwayat bahwa pada suatu malam menjelang tidur, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berwasiat kepada istrinya Aisyah. Apa isi wasiatnya Baginda Nabi SAW ini?
  • Iklan Kosmetik yang...
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 September 2023 - 05:45 WIB
    Di tengah polemik hijab di Prancis, retailer ini menampilkan sebuah iklan yang menampilkan pesepakbola Muslim berhijab. Langkah ini membuat gerah politisi sayap kanan Prancis.
  • Ini Mengapa Perempuan...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 September 2023 - 08:53 WIB
    Masalah jabatan peradilan dan politik, Abu Hanifah memperbolehkan kaum wanita menempati jabatan hukum sepanjang diperbolehkan memberikan kesaksian di situ, maksudnya selain masalah-masalah kriminalitas.
  • Doa Nabi Isa di Kala...
    Tips
    Sabtu, 16 September 2023 - 18:34 WIB
    Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin menyebutkan bahwa doa yang senantiasa dipanjatkan oleh Nabi Isa as di waktu pagi hari adalah doa sebagai berikut:
  • Niat Puasa Qadha dan...
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.