Topik Terkait: Dalil Tawassul (halaman 3)

  • Inilah 8 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan dan Dalil-dalilnya
    Tips
    Senin, 28 Maret 2022 - 08:45 WIB
    Sebelum memasuk bulan Ramadhan, selain menyiapkan diri dengan niat, ada baiknya mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membatalkan ibadah tersebut.
  • Amalan Panjang Umur Beserta Dalil-dalilnya
    Tips
    Selasa, 13 Juni 2023 - 11:28 WIB
    Islam menawarkan amalan-amalan yang dapat memperpanjang umur. Ada 4 amal saleh yang manakala ia dilazimi dengan baik, akan berbuah mendapatkan umur panjang, yakni:
  • 10 Makanan yang Diharamkan Allah dan Bahaya Mengonsumsinya
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 22:36 WIB
    Ada 10 jenis makanan yang diharamkan Allah dan semuanya berasal dari hewan. Berikut rinciannya sebagaimana disebutkan dalam Surat Al-Maidah Ayat 3.
  • 2 Sumber Dosa Jariyah Ini Harus Dijauhi, Dampaknya Mengerikan!
    Hikmah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 10:20 WIB
    Dosa jariyah adalah dosa yang sangat menakutkan, karena dampak dosanya terus mengalir meski pelakunya tidak melakukan perbuatan tersebut bahkan hingga meninggal.
  • Amalan Tahun Baru Islam Beserta Dalil-dalilnya
    Tips
    Senin, 17 Juli 2023 - 22:39 WIB
    Untuk menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam ini, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • Dalil soal Dosa Suami yang Malas Tidak Memberi Nafkah Kepada Keluarga
    Muslimah
    Selasa, 20 September 2022 - 10:26 WIB
    Dalam Islam ditegaskan bahwa suami memiliki tanggung jawab utama dalam keluarga Yakni menanggung nafkah istri dan anak-anaknya. Suami harus bekerja keras dalam pekekrjaannya karena mempunyai tanggungan keluarga.
  • Argumen yang Membolehkan dan Melarang Umat Islam Mengucapkan Selamat Natal (2-Habis)
    Tausyiah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Tidak kelirulah fatwa larangan itu, bila ia ditujukan kepada mereka yang dikhawatirkan ternodai akidahnya. Tetapi, tidak juga salah mereka yang membolehkan sepanjang tetap terpelihara akidahnya.
  • Dalil-dalil Tentang Larangan Menikah Beda Agama
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 09:05 WIB
    Syariat Islam melarang pernikahan beda agama dan larangan tersebut banyak terdapat dalam dalil Al Quran dan hadis. Berikut beberapa dalil dan aturan larangan pernikahan beda agama tersebut dalam Islam:
  • Dalil-dalil Pentingnya Berkurban dalam Al-Quran dan Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 08:18 WIB
    Kurban atau berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Iduladha. Ibadah kurban adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama menghukuminya sebagai sunnah.
  • Dalil Membaca Qunut Subuh Menurut Mazhab Syafii (2)
    Tausiyah
    Selasa, 19 November 2019 - 07:30 WIB
    Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) yang juga lulusan S-2 IIQ Jakarta Konsentrasi Ilmu Syariah terkait hukum Qunut dalam salat Subuh dan dalil-dalilnya.
  • Menentukan Awal 1 Ramadan Berlandaskan Dalil Hadis
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 13:28 WIB
    Menentukan awal Ramadan penting diketahui dan dipahami umat muslim dan dalam Islam, secara umum ada dua metode dalam penentuan awal bulan Ramadan maupun bulan-bulan lainnya dalam kalender Qomariyah (Hijriyah).
  • Hukum Puasa Rajab, dari Sunnah sampai Makruh
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 11:03 WIB
    Hukum puasa Rajab oleh sebagian ulama dianggap sunnah. Hanya saja, sebagian ulama lainnya menganggap bidah karena hadits yang dijadikan dasar ibadah tersebut dhaif, bahkan ada yang palsu.
  • Malu sebagai Sikap Terpuji, Inilah Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 12:45 WIB
    Islam memerintahkan dan menganjurkan umatnya untuk berakhlak dengan rasa malu dan menjadikannya sebagai bagian dari iman yang dimiliki. Sangat banyak hadis-hadis yang terkait dengan rasa malu ini.
  • Surat Luqman Ayat 6 Jadi Dalil Musik dan Lagu Haram, Begini Tanggapan Ibnu Hazm
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 11:35 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Masud dan Ibnu Abbas serta sebagian Tabiin, bahwa mereka mengharamkan nyanyian berdasarkan QS Luqqman ayat 6.
  • Kumpulan Dalil Tentang Malam Nuzulul Quran dan Keutamaannya
    Hikmah
    Jum'at, 07 April 2023 - 09:31 WIB
    Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi umat Islam di dunia. Dalam hal ini, waktu tersebut menandai pertama kalinya Al-Quran diturunkan.
  • Dalil-dalil Al-Quran yang Memerintahkan Kewajiban Berjilbab
    Muslimah
    Rabu, 02 September 2020 - 13:34 WIB
    Menutup aurat adalah salah satu kewajiban perempuan muslimah. Salah satu cara menutup aurat ini adalah dengan pakaian berjilbab atau berhijab.
  • Inilah Makna Doa yang Disebutkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:22 WIB
    Doa adalah sebuah untaian kalimat yang dipanjatkan seorang hamba kepada sang penciptanya. Lantas, apa makna doa itu sendiri? Dan bagaimana makna doa dalam pandangan Al-Quran?
  • 12 Dalil Berdoa dengan Tawassul (Bagian 5)
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 11:19 WIB
    Hukum berdoa dengan tawassul adalah amalan yang disunnahkan karena di dalamnya terdapat kebaikan. Tawassul artinya mengambil sarana/wasilah agar doa lebih diterima dan dikabulkan.
  • Mengenal 4 Macam Ilmu Fiqih Beserta Dalil-dalilnya
    Hikmah
    Senin, 25 September 2023 - 19:50 WIB
    Dalam Islam, ilmu fiqih hendaknya dipelajari oleh kaum muslimin. Apa sebenarnya fiqih ini dan bagaimana pengertiaannya? Selain itu, adakah dalil yang mengharuskan belajar fiqih ini?
  • Hukum Asal Masalah Agama Terlarang Sampai Ada Dalil yang Mensyariatkannya
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 08:49 WIB
    Hukum asal masalah agama/ibadah adalah terlarang sampai ada dalil yang mensyariatkannya, sedangkan hukum asal semua urusan muamalah dunia adalah boleh sampai ada dalil yang melarangnya