Topik Terkait: Episode Baru (halaman 4)

  • Atas Kuasa Allah, 8 Bayi Baru Lahir Ini Langsung Bisa Berbicara
    Muslimah
    Senin, 21 Desember 2020 - 18:55 WIB
    Tak ada yang tak mungkin bila Allah telah berkehendak. Begitu juga dengan beragam peristiwa yang dialami manusia, seperti kisah bayi yang langsung dapat berbicara ini.
  • Hukum Sholat Bagi Wanita yang Baru Mengalami Keguguran
    Muslimah
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 21:43 WIB
    Hukum sholat bagi wanita yang baru saja mengalami keguguran sangat penting diketahui umat muslim khususnya kaum muslimah. Apalagi sholat merupakan ibadah wajib.
  • Ini Reaksi Will Smith Setelah Khatamkan Al Quran, Memberi Banyak Pelajaran Baru
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Maret 2024 - 14:31 WIB
    Aktor Will Smith baru-baru ini sempat membuat pernyataan menarik tentang dirinya yang telah membaca 30 juz atau meng-khatam Al Quran. Hal ini lantas membuat aktor populer Hollywood ini mendapat banyak perhatian, utamanya dari umat muslim.
  • Menyambut Kelahiran Sang Buah Hati, Ini Sunnah yang Dianjurkan
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 14:37 WIB
    Dalam Islam saat bayi lahir tentu membutuhkan penanganan secara tepat karena bisa saja hal itu mempengaruhi kelak besarnya si bayi kecil mungil itu. Ada beberapa sunnah yang sangat dianjurkan saat menyambut kehadiran anak.
  • Catatan Safa Khatib tentang sang Nenek: Kisah Pengantin Baru dalam Petaka 15 Mei
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Mei 2023 - 15:11 WIB
    Safa Khatib yang sejak kematian neneknya, 15 tahun yang lalu, melakukan pencarian dalam mengenang orang-orang Palestina di seluruh tanah yang diduduki Israel.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Sejarawan Nasrani: Bani Israel Hidup sebagai Badui yang Baru Siuman dari Tidur
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Oktober 2023 - 09:25 WIB
    Sampai pada masa raja-raja mereka, Bani Israel tetap hidup sebagai badui yang baru siuman dari tidur terkaget-kaget, aggressor yang suka menumpahkan darah dan meluap-luap dalam perseteruan biadab
  • Bolehkah Seorang Muslimah Membuat Resolusi di Tahun Baru Masehi?
    Muslimah
    Minggu, 31 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Pergantian tahun masehi sudah tinggal beberapa saat lagi. Bolehkah seorang muslimah melakukan atau membuat resolusi di tahun baru masehi? Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • 2 Bulan Sabit Baru Dipasang di Menara Masjidilharam
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juni 2023 - 09:30 WIB
    Dua bulan sabit baru telah dipasang di menara dekat Gerbang Raja Abdulaziz di Masjidil Haram di Makkah. Bulan sabit ini terbuat dari serat karbon yang dibentuk di sekitar struktur besi internal.
  • Sejarah Kalender Hijriah dan Penetapan Muharam Sebagai Bulan Pertama
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Sejarah kalender Hijriah dan penetapan Muharam sebagai bulan pertama menarik untuk diketahui. Sudah menjadi tradisi, Tahun Baru Islam diperingati setiap 1 Muharam.
  • Arah Baru Memandang Al Masih Sebabkan Krisis Keimanan di Barat
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Januari 2023 - 12:11 WIB
    Murad Wilfred Hoffman menyebut arah baru memandang Al Masih (peran dan tabiatnya) dalam agama Kristen menyebabkan krisis keimanan di Barat. Bagaimana dengan Umat Islam?
  • Membaca Ulang Hijrah Nabi sebagai Pijakan Permulaan Kalender Hijriah
    Hikmah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Umar bin Khattab menjadikan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad itu sebagai pijakan permulaan kalender hijriah yang pada hari Kamis 20 Agustus 2020 ini bertepatan dengan 1 Muharram 1442 H.
  • Jadwal Puasa Bulan Muharram 1445 Hijriah dan Amal Kebaikannya
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 15:10 WIB
    Bulan Muharram adalah bulan yang teramat mulia. Amal kebaikan akan dilipatgandakan di bulan ini, sebagaimana 3 bulan haram lainnya (Yakni Dzulqodah Dzulhijjah (3) dan Rajab). Sebagaimana juga dilipatgandakannya amal kebaikan di bulan Ramadan.
  • Hadis Arbain: Larangan Membuat Sesuatu yang Baru dalam Agama
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:54 WIB
    Barangsiapa yang (memulai) mengada-adakan (sesuatu yang baru) dalam urusan (agama) kami ini yang bukan termasuk bagian darinya, maka amalan tersebut tertolak.
  • Cara Mentahnik Bayi Lahir dan Doa yang Diajarkan Rasulullah
    Tips
    Minggu, 15 Mei 2022 - 08:17 WIB
    Salah satu sunnah Nabi terhadap bayi lahir adalah melakukan tahnik dan mendoakannya. Mentahnik dilakukan dengan kurma kering (tamr) atau kurma basah (ruthab).
  • Hukum Islam yang Dicita-citakan, Syaikh Al-Qardhawi: Harus Ada Ijtihad Baru
    Tausyiah
    Senin, 29 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya hukum Islam yang dicita-citakan adalah tegak berdasarkan ijtihad saat ini yang benar, baik itu ijtihad yang bersifat menyeleksi atau bersifat baru sama sekali.
  • Amalan Sunnah 1 Muharram Bertabur Pahala, Jangan Dilewatkan!
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 15:01 WIB
    Amalan sunnah 1 Muharram memiliki banyak keutamaan dan pahala. Muharram merupakan satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah (Asyuhurul Hurum).
  • 7 Kumpulan Doa Menempati Rumah Baru Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:02 WIB
    Doa menempati rumah baru disunnahkan dibaca agar rumah tersebut diberkahi Allah dan terhindar dari segala gangguan. Salah satunya membaca doa perlindungan berikut.
  • Idulfitri: Saling Memaafkan dan Melapangkan Dada, Jabat Tangan Membuka Lembaran Baru
    Tausyiah
    Rabu, 10 April 2024 - 17:36 WIB
    Dari sini, menurut Quraish Shihab, al-shafh dapat diartikan kelapangan dada. Berjabat tangan dinamai mushafahat karena melakukannya menjadi perlambang kelapangan dada.
  • Anjuran Tahnik untuk Bayi Baru Lahir
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 17:50 WIB
    Bagi yang punya bayi baru lahir, disunnahkan untuk mentahniknya. Tahnik ialah mengunyah sesuatu kemudian memasukkannya ke mulut bayi lalu menggosokkannua ke langit-langit mulut bayi tersebut.
  • Puasa dan Amalan Tahun Baru Islam 2021
    Tips
    Senin, 09 Agustus 2021 - 10:15 WIB
    Puasa dan amalan tahun baru Islam sangat dianjurkan untuk diamalkan oleh seorang muslim. Tahun baru Islam atau 1 Muharram 1443 hijriyah akan jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021 besok.