Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 10)

  • Beda Pendapat Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 08:21 WIB
    Sebuah pertanyaan yang jawabannya banyak diperselisihkan oleh sebagian besar kaum Muslimin dan menimbulkan sikap yang berbeda-beda dari mereka akibat dari jawaban mereka yang berbeda-beda pula.
  • Tadabbur Al-Maidah Ayat...
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 07:01 WIB
    Tadabbur ayat kali membahas tentang makanan yang dihalalkan Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 4. Makanan yang halal ini adalah makanan yang baik-baik berdasarkan syariat.
  • Potret Rasa Cinta Manusia...
    Muslimah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Rasa cinta adalah salah satu pokok kehidupan dan dalam Al-Quran kata cinta juga disebutkan dengan berbagai sinonim atau persamaan kata. Lalu bagaimana dengan rasa cinta yang ada pada manusia?
  • Hukum Istimta, Syaikh...
    Tausyiah
    Senin, 26 Agustus 2024 - 16:50 WIB
    Kadang-kadang darah pemuda bergelora, kemudian dia menggunakan tangannya untuk mengeluarkan mani supaya alat kelaminnya itu menjadi tenang dan darahnya yang bergelora itu menurun.
  • Berlaku Adillah! Ini...
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 17:28 WIB
    Islam sangat memuliakan aturan (syariat) agar tercipta keadilan (Al-Adl) dan kemaslahatan umat. Berikut nasihat Rasululah shallallahu alaihi wasallam kepada para penegak hukum.
  • Surat Al Hujurat Full...
    Tips
    Jum'at, 05 Juli 2024 - 17:45 WIB
    Surat Al Hujurat Arab saja full ayat 1-18 penting dipelajari umat Muslim. Kita dapat menjadikannya amalan bermanfaat dengan membacanya secara rutin.
  • Inilah Qoriah Wanita...
    Dunia Islam
    Kamis, 08 September 2022 - 14:22 WIB
    Inilah beberapa qoriah wanita terbaik yang dimiliki Indonesia dalam memomulerkan seni membaca Ayat Suci Al Quran. Qoriah adalah istilah atau sebutan yang diberikan untuk perempuan yang membaca Al-Quran dengan lantunan yang merdu.
  • KH Ali Yafie: Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 17:02 WIB
    KH Ali Yafie menyatakan hukum yang diperkenalkan al-Quran bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, tapi merupakan bagian integral dari akidah. Begini penjelasannya.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 19:57 WIB
    Hukum tajwid surat Yasin ayat 51 ini bisa menjadi bahan belajar bagi setiap muslim untuk memahami hukum bacaan Al Quran. Mengingat hukum mempelajari ilmu tajwid adalah adalah fardhu kifayah.
  • 8 Ayat dan Surat Al-Quran...
    Tips
    Selasa, 08 Februari 2022 - 17:00 WIB
    Dari ratusan surat dan ribuan ayat yang terdapat dalam Al-Quran, beberapa di antaranya bisa dibaca untuk menjadi obat penenang hati, sebagaimana yang disampaikan Allah Subhanahu wa taala.
  • Ayat Al-Quran yang Mengisahkan...
    Tausyiah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 09:24 WIB
    Ayat Al-Quran yang mengisahkan Nabi Isa alaihissalam akan turun kembali pada Hari Kiamat secara spesifik terdapat pada Surat An-Nisa ayat 159.
  • Surat Al-Insyirah: Bersama...
    Tausyiah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:29 WIB
    Surat Al Insyirah, bersama kesulitan ada kemudahan. Surat ini dikenal sebagai surat penghibur Rasulullah sekaligus menguatkan hati beliau ketika mengemban misi dakwah.
  • Inilah Pandangan Al-Quran...
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 20:23 WIB
    Islam memiliki pandangan yang berbeda terhadap anak jika dilihat dari perspektif Al-Quran, dan Al-Quran menempatkan beberapa posisi anak di dalam kehidupan ini
  • Cak Nur: Sistem Hukum...
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Prasyaratnya ialah, kaum Muslim harus mampu terlebih dahulu menangkap pesan dasar agamanya, dan berdasarkan itu, mengembangkan pemikiran hukum yang akan menjawab tuntutan zaman dan tempat.
  • Doa Setelah Membaca...
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 21:58 WIB
    Doa setelah membaca Surat Al Kahfi lengkap Arab dan latin perlu diamalkan kaum muslim. Doa ini mencakup segala kebaikan dan perlindungan kepada Allah dari segala keburukan.
  • Amalan Muslimah Jaminan...
    Muslimah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 14:37 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengabarkan kepada kaum wanita bahwa mereka bisa masuk surga lewat pintu mana saja, asalkan memenuhi kriteria. Selain itu, ada amalan bagi mereka yang ganjarannya langsung surga.
  • Nabi Muhammad dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 12 September 2024 - 08:00 WIB
    Kematian ayah beliau sebelum kelahiran, kepergiannya ke pedesaan menjauhi ibunya, serta ketidakmampuannya membaca dan menulis merupakan strategi yang dipersiapkan Tuhan kepada beliau
  • Surat Al Maidah: Ayat...
    Hikmah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 15:31 WIB
    Surat Al-Maidah, ayat Al-Quran yang terakhir turun kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Surat ini terdiri dari 120 ayat, surah kelima yang termasuk golongan Madaniyyah.
  • Kisah OKI Gagal Cegah...
    Dunia Islam
    Rabu, 01 November 2023 - 09:35 WIB
    Kelemahan negara-negara Islam, kerancuan loyalitas dan ideologinya serta tidak diadopsinya kerja yang sungguh-sungguh sebelumnya, telah menjadikan OKI sebagai lembaga yang hampir tidak memiliki tujuan.
  • Bolehkah Membaca Al...
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 18:58 WIB
    Menurut Syekh Ibnul Jazari, hukum mempelajari ilmu tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardu kifayah. Namun berbeda hukumnya dengan membaca Al Quran menggunakan tajwid maka hukumnya fardhu ain.