Topik Terkait: Ibrah Kematian

  • Jangan Bersedih, Kematian Adalah Istirahat bagi Seorang Mukmin
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 16:42 WIB
    Sesungguhnya kematian adalah hal yang baik karena dunia adalah ibarat penjara bagi seorang Mukmin. Ini artinya, jika seorang Mukmin meninggal dunia berarti dia terbebas dari penjara tersebut.
  • Begini Jawaban Rasulullah SAW ketika Sayyidah Aisyah Bilang Membenci Kematian
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Sebenarnya jika maut mendatangi seorang mukmin, ia mendapat berita gembira berupa ridha dan kemuliaan dari Allah, dan tidak ada sesuatu yang lebih ia cintai ketimbang yang ada di hadapannya.
  • KH Miftachul Achyar Bicara Soal Kematian dan Proses Kehidupan  Abadi
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 18:19 WIB
    Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Achyar mengatakan, kematian seseorang menjadi proses menuju kehidupan yang abadi di akhirat.
  • Inilah Mengapa Manusia Membenci Kematian dan Kefakiran?
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:11 WIB
    Sesungguhnya ada dua perkara yang dibenci oleh manusia, padahal dua perkara tersebut baik bagi seorang Mukmin. Apa ittu? Kematian dan kefakiran.
  • Kematian Itu Mendadak, Perbaiki Amal Mulai Sekarang
    Muslimah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 09:00 WIB
    Seandainya kita tahu betapa dahsyatnya keadaan manusia berdiri di padang Mahsyar kelak, maka kita akan terus berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita sekuat tenaga
  • Kisah Menyentuh Seorang Dokter Menerima Sepucuk Surat Wasiat dari Pasiennya
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Kertas itu berisi wasiatt saat ia menuju meja bedah. Ia tuangkan segala ungkapan dan perasaannya. Tak terasa air mataku mengalir karenanya, kedua tanganku gemetar dan seluruh badanku merinding.
  • Cara Mengingat Kematian Menurut Rasulullah
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 13:38 WIB
    Mengingat kematian adalah anjuran penting yang sangat ditekankan oleh Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Salam. Ada banyak hadis yang mengingatkan agar umat Islam selalu mengingat kematian.
  • Nasihat yang Paling Baik Adalah Kematian
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 10:12 WIB
    Banyak tetangga kita, teman kita, orang lain yang dia meninggal dunia. Itulah nasihat buat kita agar kita bertaubat kepada Allah, agar kita kembali kepada Allah, agar kita melaksanakan tauhid menjauhkan syirik, melaksanakan sunnah dan menjauhkan bidah.
  • Manfaat Memperbanyak Mengingat Kematian
    Tips
    Selasa, 22 November 2022 - 09:27 WIB
    Manfaat memperbanyak mengingat kematian dalam Islam, berarti akan memperbanyak amal kebaikan. Kenapa demikian? Karena, sejatinya mati atau kematian adalah persinggahan pertama manusia di alam akhirat.
  • Kisah Wafatnya Nabi Sulaiman dan Seorang Lelaki yang Mencoba Menghindar dari Kematian
    Hikmah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 16:21 WIB
    Seorang lelaki meminta dirinya dijauhkan dari Izrail. Kemudian Nabi Sulaiman memerintahkan angin untuk menghantarkanya sampai ke ujung negeri India dalam waktu sekejap saja.
  • Amalan yang Bisa Mengingatkan kepada Kematian
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 09:54 WIB
    Mengingat mati atau kematian termasuk salah satu akhlak terpuji dan perilaku mulia. Bagaimana tidak, mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan bekal sebelum ajal datang.
  • Doa-doa Memohon Kematian Husnul Khatimah, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 10 November 2022 - 10:17 WIB
    Kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba. Namun, semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • KIsah Penuh Ibrah: Usia Lanjut  Nikahi Gadis Belia, Wafat Saat Jima
    Hikmah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 16:16 WIB
    Ashim bin Kulaib menuturkan, Suwaid bin Ghaflah menikahi seorang gadis muda padahal umurnya sudah mencapai 116 tahun. Beliau wafat pada umur 128 tahun pada tahun 81 H.
  • Pandangan Al-Quran, Kematian Bukan Hanya Sekali, tetapi Dua Kali
    Tausyiah
    Senin, 21 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Sejatinya, kematian tidak hanya terjadi sekali, tetapi dua kali. Begitu menurut pandangan Al-Quran sebagaimana tertera dalam surat Ghafir ayat 11 dan Surat Al Baqarah ayat 28.
  • Kisah Lucu Penuh Ibrah, Seorang Arab Badui Tak Hafal Rakaat Sholat
    Hikmah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 06:45 WIB
    Kisah seorang Arab Badui yang tak mampu menghafal jumlah rakaat sholat termasuk kisah lucu yang penuh ibrah. Kisah ini diketengahkan dalam buku 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah.
  • Benarkah Gagak adalah Burung Kematian? Ini Kisahnya yang Dicantumkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 14:23 WIB
    Burung gagak khususnya gagak hitam sering kali dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Benarkah demikian? Bagaimana Islam memandang mitos burung gagak ini?
  • 3 Doa Memohon Kematian Husnul Khatimah
    Tips
    Minggu, 11 September 2022 - 14:18 WIB
    Semua muslim pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik) dan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mengajarkan umatnya agar memperbanyak doa memohon husnul khatimah.
  • Anjuran Bertaubat Sebelum Tidur, Karena Kematian Selalu Datang Tak Terduga
    Tips
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 19:04 WIB
    Bertaubat sebelum tidur sangat dianjurkan untuk selalu diamalkan setiap muslim. Kenapa sebelum tidur? Karena kematian akan datang tak pernah pandang bulu dan waktu.
  • 6 Tanda Kematian akan Datang Menurut Imam Al-Ghazali
    Tips
    Kamis, 06 Januari 2022 - 07:19 WIB
    Kapan kematian itu akan datang? Tidak ada yang bisa memastikan, karena itu rahasia Allah Taala. Kendati demikian, ada beberapa hal yang mungkin bisa kita jadikan tanda ajal akan menjemput.
  • Waspadai Peringatan Nabi: Ajal Menjemput Sebagaimana Kebiasaan Ketika Hidup
    Tausyiah
    Senin, 07 November 2022 - 09:40 WIB
    Mengingat mati adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Bagi orang beriman, selalu mengingat mati akan menyebabkan dirinya senantiasa takut berbuat maksiat dan dosa