Topik Terkait: Ismail Haniyeh (halaman 2)

  • Kisah Nabi Ibrahim dan...
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 13:20 WIB
    Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail menjadi asal muasal adanya perayaan Iduladha. Perayaan ini akan dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang ditandai dengan adanya penyembelihan hewan kurban.
  • Orang Arab Berhak atas...
    Hikmah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:00 WIB
    Yahudi membangun klaim-klaim agama bahwa Allah SWT telah memberikan tanah Palestina kepada Ibrahim dan anak keturunannya. Mereka lupa bahwa orang-orang Arab anak cucu Adnan, mereka juga keturunan Ibrahim.
  • Doa saat di Hijr Ismail
    Tips
    Rabu, 29 Mei 2024 - 14:23 WIB
    Doa saat di Hijr Ismail adalah sunah Rasulullah SAW. Hijr Ismail bagian dari kakbah. Imam Nawawi dalam kitab al-Azkar menyebut disunahkan berdoa di tempat tersebut.
  • Nabi Ibrahim Menyuruh...
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 10:12 WIB
    Suatu ketika, Nabi Ibrahim alaihissalam datang ke Mekkah untuk mengunjungi anaknya, yaitu Nabi Ismail. Ketika itu, Nabi Ibrahim memerintahkan Nabi Ismail untuk menceraikan istrinya.
  • Mengapa Nabi-Nabi Keturunan...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:53 WIB
    Sejarah Agama yang mempercayai keesaan Tuhan menunjukkan bahwa semua Nabi-nabi mereka berasal dari golongan Semit. Sebagian besar dari mereka berasal dari turunan Nabi Ibrahim.
  • Ini Mengapa Keturunan...
    Hikmah
    Kamis, 30 November 2023 - 10:41 WIB
    Pada saat meninggalkan Makkah, keturunan Nabi Ismail itu masing-masing membawa batu. Batu-batu dari Tanah Haram tersebut mereka agungkan untuk meluapkan kerinduan terhadap Makkah.
  • Kisah Kurban Nabi Ibrahim...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:39 WIB
    Peristiwa penyembelihan Nabi Ismail dan asal-usul ibadah kurban ini dimulai dari surah as-Saffat ayat 99-100 yang berisi kisah penantian panjang Nabi Ibrahim akan kehadiran seorang anak.
  • Perempuan di Zaman Nabi...
    Hikmah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 19:32 WIB
    Siti Sarah dan Siti Hajar adalah gambaran perempuan pada zaman Nabi Ibrahim sebagaimana yang diinformasikan dalam ayat-ayat Al-Quran maupun hadis Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Leluhur Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 10:17 WIB
    Pada waktu Qushayy meminta bantuan Quraisy, beberapa kabilah berpendapat bahwa dialah penduduk yang paling kuat dan sangat dihargai di Makkah.
  • Kisah Sedih Siti Hajar...
    Hikmah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Pada saat itu di Mekkah belum berpenghuni. Daerah itu tandus. Tak ada mata air. Nabi Ibrahim meninggalkan begitu saja Siti Hajar dan Ismail di sini.
  • Kisah Siti Hajar Berlari...
    Hikmah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Siti Hajar berlari bolak-balik dari Shafa ke Marwah hingga 7 kali, kini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam yang melaksanakan haji, yaitu sai.
  • Perbedaan Versi Kisah...
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 03:52 WIB
    Perbedaan versi kisah Nabi Ibrahim dan penyembelihan putranya menurut Islam, Kristen dan Yahudi selalu dibahas menjelang Hari Raya Kurban atau Iduladha.
  • Jejak Pemimpin Hamas...
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Juli 2024 - 15:53 WIB
    Ismail Haniyeh, kepala biro politik gerakan perlawanan Palestina Hamas, tewas dalam serangan pengecut rezim Israel di Teheran pada Rabu dini hari.
  • Misteri Batu Ash-Shakhrah...
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:51 WIB
    Batu Ash-Shakhrah di Baitul Maqdis jadi salah satu tempat bersejarah bagi umat Islam karena diyakini sebagai batu pijakan Nabi Muhammad SAW ketika hendak melakukan perjalanan Mihraj menuju langit.
  • Begini Kisah Nabi Ibrahim...
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 11:39 WIB
    Apa yang disebutkan di dalam hadis tentang keadaan Hajar, habisnya air, sai Hajar di antara Shafa dan Marwah, datangnya Jibril yang memancarkan air, dan perincian-perincian lain tidaklah disinggung dalam Taurat.
  • Maqam Ibrahim: Batu...
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Mei 2021 - 04:14 WIB
    Maqam Ibrahim hanyalah bongkahan batu kecil, namun ia sangat istimewa. Batu ini berasal dari surga. Ia mendapatkan penjagaan khusus dari Allah SWT selama ribuan tahun.
  • Ketaatan Nabi Ibrahim...
    Hikmah
    Jum'at, 21 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Ada hikmah dari ibadah kurban yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaihisallam. Yakni, kedua rasul Allah ini merupakan simbol ketakwaan yang sesungguhnya kepada Allah Rabbul Alamin.
  • Setan Selalu Gagal Mengadu-domba...
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 02:49 WIB
    Di dalamTaurat dilukiskan bahwa yang disembeluh adalah anak Ibrahim satu-satunya. Pada waktu itu Ismail adalah anak satu-satunya sebelum Ishaq dilahirkan.
  • Idul Adha, Kurban, dan...
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:10 WIB
    Nabi Ibrahim AS adalah yang meletakkan fondasi bagi kebangkitan Khaer Ummah yang menjadi representasi para nabi dan rasul dalam mengemban amanah risalah samawi ini.
  • Doa Nabi Ibrahim agar...
    Tips
    Sabtu, 23 September 2023 - 12:37 WIB
    Berikut ini adalah salah satu doa Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail agar keturunannya menjadi umat yang tunduk dan patuh kepada Allah Taala. Doa ini dimohonkan setelah beliau selesai membangun Kakbah.