Topik Terkait: Kaum Muhajirin

  • Inilah Amalan Kaum Muhajirin yang Bikin Rasulullah Gembira
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 05:13 WIB
    Kaum Muhajirin adalah penduduk Mekkah yang mengikuti hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Rasulullah SAW memuji mereka dan mengabarkan ganjaran surga karena amal perbuatan mereka.
  • Ketegangan Saat Sahabat Nabi Menolak Jadi Khalifah, Gantikan Utsman bin Affan
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:02 WIB
    Kaum pemberontak menyadari, tanpa kerjasama dan bantuan aktif kaum Muhajirin dan Anshar, mereka tidak akan berhasil menentukan pengganti Khalifah Utsman r.a.
  • Suksesi Kepemimpinan: Mengapa Kaum Anshar Mengalah dengan Muhajirin?
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:55 WIB
    Mengapa Kaum Anshar selalu mengalah dengan Muhajirin dalam hal suksesi kepemimpinan pasca-Nabi Muhammad SAW menjadi pertanyaan menarik. Soalnya, sejak Abu Bakar Ash-Shiddiq, kepemimpinan dipegang terus kaum Muhajirin.
  • Debat Sengit Kaum Muhajirin dan Anshar Jelang Pemilihan Khalifah, Abu Bakar Dibaiat
    Hikmah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Pada waktu Basyir bin Saad Al-Khazrajiy melihat orang Anshar hendak bersepakat mengangkat Saad bin Ubadah sebagai Amirul Mukminin, ia segera berdiri menolak.
  • Kisah Abdullah Bin Ubay Sebarkan Api Kebencian terhadap Kaum Muhajirin
    Hikmah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Abdullah bin Ubay bin Salul menjadi gembong kaum munafik karena dengki dan membeci Nabi Muhammad. Rasulullah dianggap penghalang dirinya untuk menjadi penguasa Madinah.
  • Abu Bakar, Amir, dan Bilal Sempat Dikarantina karena Terkena Wabah
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 13:10 WIB
    Pada masa kenabian, wabah juga sempat menyerang kaum muhajirin di Madinah. Pendatang dari Makkah itu terjangkit wabah saat memasuki Kota Yatsrib.
  • Kontroversi Usamah, Panglima Perang yang Masih Belia (3)
    Hikmah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:18 WIB
    Kaum Muhajirin dan Ansor yang tadinya menggerutu karena kepemimpinan Usamah, merasa bangga dengan perjuangan anak muda itu serta keberaniannya yang luar biasa di medan perang.
  • Ramadan melahirkan semangat persatuan
    Tausiyah
    Kamis, 11 Juli 2013 - 18:28 WIB
    Sedemikian penting persatuan itu, sehingga Nabi Muhammad SAW sejak awal, dalam membangun masyarakat Madinah, adalah menyatukan antara pihak-pihak yang berbeda. Kaum Muhajirin dipersatukan dengan kaum Anshar. Nabi juga membuat perjanjian yang disebut dengan Piagam Madinah. Piagam atas nama kesepakatan bersama ini untuk mempersatukan masyarakat di Madinah yang terdiri kaum muslimin dan orang-orang nonmuslim, yaitu Nasrani dan Yahudi.
  • Kisah Abu Bakar dan Bilal yang Dikarantina karena Terkena Wabah
    Hikmah
    Sabtu, 16 April 2022 - 14:19 WIB
    Wabah sempat menyerang kaum muhajirin di Madinah tak lama setelah era Rasulullah SAW dan para sahabat tinggal di kota tersebut. Abu Bakar, Amir bin Fuhairah, dan Bilal bin Rabah pun dikarantina.
  • Piagam Madinah: Bukan Sekadar Perjanjian dengan Kaum Yahudi
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 17:13 WIB
    Apakah Piagam Madinah dikenal dalam sumber-sumber historis dengan nama shahifah yang secara harfiah berarti lembaran, kitab atau yang secara harfiah berarti tulisan, atau nama lainnya?
  • 3 Hal yang Dilakukan Rasulullah Ketika Hijrah ke Madinah
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 14:43 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam mengajarkan bagaimana memperlakukan orang lain dengan cinta sehingga beliau dicintai para sahabatnya baik di Makkah maupun ketika hijrah ke Madinah.
  • Sedekah Apakah Paling Afdhol? Berikut Jawaban Nabi
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 17:07 WIB
    Keutamaan bersedekah selain dapat meredam murkanya Allah, juga dapat menghapus dosa-dosa. Muncul pertanyaan, apakah sedekah yang paling afdhol (paling utama)?
  • Menolak Jadi Khalifah, Ali bin Abi Thalib: Aku Lebih Baik Jadi Wazir
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 09:37 WIB
    Pada mulanya Ali bin Abi Thalib menolak dibaiat sebagai Khalifah. Dengan terus terang ia menyatakan: Aku lebih baik menjadi wazir yang membantu daripada menjadi seorang Amir yang berkuasa.
  • Sejarah Yatsrib Berganti Madinah, Kota yang Didoakan Rasulullah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:27 WIB
    Madinah Al-Munawwarah yang berarti kota bercahaya yang merupakan tempat bersejarah bagi umat Islam. Berikut sejarah Yatsrib yang berubah nama menjadi Madinah.
  • Memaafkan, Akhlak Mulia yang Dapat Menghapus Dosa-dosa
    Muslimah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Bermusuhan adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam untuk dilakukan kaum muslimin. Rasul menganjurkan untuk saling memaafkan. karena sikap ini bisa menghapus dosa-dosa.
  • Dialog Abu Bakar Ash-Shiddiq dengan Perempuan yang Bernazar Puasa Bicara saat Haji
    Hikmah
    Jum'at, 23 September 2022 - 11:30 WIB
    Suatu ketika Abu Bakar bertemu dengan seorang perempuan dari Kabilah Ahmas. Perempuan itu bernama Zainab binti al-Muhajir. Abu Bakar melihat wanita itu tidak mau berbicara.
  • Perebutan Kursi Khalifah: Kisah Rekonsiliasi Ali bin Abi Thalib dan Abu Bakar Ash-Shiddiq
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 08:51 WIB
    Demi untuk memelihara kesentosaan Islam dan menjaga keutuhan ummat dari bahaya perpecahan, akhirnya Ali secara ikhlas menyatakan kesediaan mengadakan kerjasama dengan khalifah Abu Bakar
  • Polemik Ijtihad Umar Bin Khattab yang Mengundang Perdebatan Sengit
    Hikmah
    Senin, 06 Juni 2022 - 18:52 WIB
    Ijtihad Khalifah Umar bin Khattab terkait pembagian harta rampasan berupa tanah-tanah pertanian mengundang perdebatan sengit. Sahabat Nabi yang paling keras menentang adalah Bilal bin Rabah.
  • Hijrah, Pilar Peradaban Modern (2)
    Tausyiah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:00 WIB
    Dibangunnya masjid sebagai awal perjalanan membangun peradaban itu juga menunjukkan bahwa peradaban dalam Islam tidak akan bisa terpisahkan dari koneksi samawi (nilai-nilai ketuhanan).
  • Mereka Mati Mengenaskan Setelah Menghina Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 12:43 WIB
    Berikut adalah tiga kisah tentang penghina Nabi Muhammad SAW yang mati secara mengenaskan. Allah SWT membunuhnya, kemudian Dia menjadikannya sebagai ayat dan ibrah (pelajaran).