Topik Terkait: Keutamaan Menyantuni Anak Yatim (halaman 23)

  • Jangan Lewatkan 3 Amalan...
    Tips
    Senin, 05 Desember 2022 - 19:47 WIB
    Waktu Subuh adalah waktu yang sangat diberkahi. Ada tiga amalan setelah sholat Subuh yang sayang apabila dilewatkan umat muslim. Berikut amalannya.
  • Keutamaan Puasa Tasua,...
    Hikmah
    Rabu, 10 Juli 2024 - 09:34 WIB
    Puasa Tasua adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, tahun ini bertepatan dengan tanggal 15 Juli 2024. Keutamaan puasa Tasua bisa diketahui dari salah satu riwayat Imam Muslim.
  • Menjaga Silaturrahim...
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 14:28 WIB
    Ada satu ajaran penting dan mendasar agama Islam dalam membangun relasi sosial di antara pemeluk agama. Ajaran itu disebut silaturrahim. Orang Indonesia menyebutnya silaturrahmi.
  • Menyambut Bulan Rajab...
    Tausyiah
    Minggu, 07 Januari 2024 - 14:31 WIB
    Sikap seorang Muslim yang mengetahui keagungan bulan Rajab adalah mengagungkannya dengan taat kepada Allah dan bertobat kepada Allah Taala dari dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan.
  • Rahasia Surat Al-Mulk...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 September 2022 - 23:22 WIB
    Surat Al-Mulk termasuk salah satu surat yang agung dalam Al-Quran. Ada beberapa rahasia yang terkandung dalam Surat Al-Mulk perlu diketahui umat muslim.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Tahun Baru Hijriah dan...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Tahun baru hijriah dimulai dengan bulan Muharram, bulan yang termasuk satu dari empat bulan yang diagungkan Allah (Asyhurul hurum). Setidaknya ada tiga keistimewaan Muharam yang patut kita ketahui, apa saja?
  • Andai Al-Quran Diturunkan...
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 18:35 WIB
    Sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Berikut penjelasannya.
  • Bacaan Selawat Nuridzati,...
    Hikmah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 17:42 WIB
    Bacaan Selawat Nuridzati merupakan salah satu bentuk selawat yang dipercaya memiliki sejumlah keistimewaan sendiri. shMembaca selawat yang ditujukan bagi Nabi Muhammad SAW dimaksudkan untuk meminta berkah dan memohon keselamatan dari Allah SWT.
  • Hadis-hadis Seputar...
    Tausiyah
    Kamis, 02 Mei 2019 - 15:13 WIB
    Bulan suci Ramadan merupakan bulan istimewa karena di dalamnya banyak barokah dan kebaikan yang tak dimiliki bulan-bulan lainnya. Berikut hadis-hadis seputar puasa yang perlu diketahui.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 22:48 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Falaq berkaitan dengan sakit yang pernah dialami Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam. Surat ini memiliki keutamaan sebagai perlindungan.
  • Doa Sayidah Fatimah...
    Tips
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 07:52 WIB
    Sayyidah Fatimah Az-Zahra senantiasa berdoa dengan doa yang berbeda setiap harinya. Pada hari Sabtu doa yang dibaca putri Rasulullah SAW adalah berikut ini:
  • Bantahan Al-Quran Tatkala...
    Hikmah
    Senin, 14 Februari 2022 - 18:28 WIB
    Bangsa Arab jahiliyah percaya bahwa malaikat adalah perempuan, putri-putri kesayangan Allah. Ketika risalah agama Islam turun, anggapan ini dibantah dengan berbagai cara
  • Keistimewaan dan Kelebihan...
    Tips
    Jum'at, 22 April 2022 - 11:02 WIB
    Sesungguhnya sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Dan ini haruslah menjadi motivasi seorang muslim menjadi lebih dermawan pula di bulan yang mulia.
  • Bacaan Niat Sholat Tahajud...
    Tips
    Kamis, 01 September 2022 - 09:43 WIB
    Bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat, merupakan bacaan awal untuk melaksanakan sholat sunnah yang utama ini. Bagaimana bacaan dan tata cara melaksanakan sholat tahajud ini?
  • Sejarah Turunnya dan...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:16 WIB
    Quraish Shihab membagi sejarah turunnya Al-Quran dalam tiga periode. Meski pada hakikatnya periode pertama dan kedua adalah kumpulan dari ayat-ayat Makkiyah.
  • 9 Keutamaan Salat Tahajud,...
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 22:36 WIB
    Tahajud berasal dari kata Tahajjada yang berarti bangun dari tidur. Salat ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Berikut 9 keutamaannya.
  • Bacaan Sholawat Syifa...
    Tips
    Sabtu, 09 September 2023 - 15:58 WIB
    Bacaan Sholawat Syifa termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan dan khasiat. Fadhilah bershalawat tidak perlu diragukan lagi karena merupakan perintah langsung Allah.
  • Jumat Terakhir di Bulan...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 03:20 WIB
    Hari ini adalah Jumat terakhir di bulan Ramadhan (25 Ramadhan 1442 Hijriyah) atau bertepatan 7 Mei 2021. Momentum terbaik untuk memperbanyak ibadah sebelum Ramadhan pergi meninggalkan kita.
  • Keutamaan Abu Bakar...
    Hikmah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu anhu merupakan sahabat Nabi yang memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaannya adalah tidak mengalami hisab pada Hari Kiamat.
  • Sholawat Paling Afdhol...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 17:18 WIB
    Bacaan sholawat paling afdhol (utama) yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam terdapat dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari No 3119.