Topik Terkait: Keutamaan Sholat Jumat (halaman 2)

  • Bersegeralah ke Masjid, Tinggalkan Jual Beli!
    Tausyiah
    Jum'at, 05 November 2021 - 09:18 WIB
    Ada dua perintah Allah pada Hari Jumat yang dikhususkan-Nya untuk orang-orang beriman. Yaitu, bersegera menunaikan sholat Jumat dan meninggalkan aktivitas jual beli.
  • 5 Alasan Mengapa Kita Dianjurkan Perbanyak Sholawat di Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 05:10 WIB
    Membaca Sholawat di Hari Jumat atau malamnya merupakan amalan sunnah yang paling utama. Mengapa umat Islam dianjurkan memperbanyak Sholawat pada Hari Jumat? Berikut alasannya.
  • Inilah 3 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat
    Hikmah
    Jum'at, 01 September 2023 - 14:22 WIB
    Keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim sangat luar biasa. Selain melaksanakan ibadah wajib seperti salat Jumat, ada banyak amalan sunnah di hari Jumat yang memiliki keutamaan dan pahala yang dahsyat , salah satunya adalah sedekah.
  • Doa Sebelum Sholat Jumat Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Minggu, 03 September 2023 - 18:04 WIB
    Doa sebelum sholat Jumat sangat baik diamalkan umat muslim. Apalagi Jumat merupakan hari dimana doa-doa dan hajat yang baik dikabulkan Allah.
  • Sholat Berjamaah di Rumah, Samakah Fadhilahnya?
    Tausyiah
    Senin, 28 Juni 2021 - 21:37 WIB
    Di masa pandemi banyak di antara kaum muslimin memilih sholat berjamaah di rumah. Samakah fadhilah (keutamaan) dengan sholat berjamaah di masjid?
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Hadis tentang Fadilah Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:07 WIB
    Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri dalam Ringkasan Fiqih Islam Bab: Fiqih Al-Quran dan Sunnah (IslamHouse, 2012) menyampaikan beberapa hadis tentang fadilah hari Jumat berikut ini.
  • Bacaan Niat Sholat Qobliyah Jumat 2 Rakaat dan Pelaksanaannya
    Tips
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 08:14 WIB
    Niat sholat sunnah sebelum sholat Jumat ini disepakati ulama adalah sholat tahiyatul masjid atau sholat mutlak atau juga sholat sebelum (qobliyah) Jumat.
  • Keutamaan Sholat Taubat dan Faedahnya
    Tips
    Minggu, 27 Juni 2021 - 09:17 WIB
    Banyak keutamaan dari ibadah sholat sunnah taubat. Sholat ini dilakukan seorang muslim ketika merasa telah melakukan dosa dan ingin bertaubat untuk kembali ke jalan yang benar sesuai yang diperintahkan Allah Taala.
  • Keutamaan Berjalan Kaki ke Masjid untuk Sholat Jumat, Ini Pahalanya
    Tips
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 09:05 WIB
    Amalan satu ini mungkin sering diremehkan sebagian kaum muslim pada hari Jumat, padahal di dalamnya terdapat fadhilah besar. Amalan yang dimaksud ialah berjalan kaki menuju sholat Jumat.
  • Tata Cara Sholat Tasbih dan Keutamaannya
    Tips
    Senin, 31 Oktober 2022 - 23:19 WIB
    Sholat Tasbih adalah sholat sunnah 4 rakaat yang di dalamnya terdapat bacaan Tasbih sebanyak 300 kali. Sholat ini termasuk di antara sholat sunnah yang memiliki fadhilah agung.
  • Kesunnahan Mandi Jumat yang Perlu Diketahui, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:31 WIB
    Mandi di hari Jumat adalah salah satu contoh mandi yang dianjurkan, disunnahkan dan mendapat pahala di sisi Allah subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • Jarang Diketahui! Rahasia Bilangan Rakaat Sholat 5 Waktu
    Hikmah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 15:42 WIB
    Umat muslim diwajibkan mengerjakan 17 rakaat sholat dalam sehari. Berikut rahasia bilangan rakaat sholat fardhu 5 waktu dan orang pertama yang mengerjakannya.
  • Keutamaan Sholat Idul Fitri dan 8 Amalan Sunnah Jelang Sholat
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 16:23 WIB
    Keutamaan Sholat Idul Fitri sungguh besar. Salat ini bukanlah salat yang biasa kita lakukan rutin, namun hanya dilakukan setelah kita melaksanakan puasa Ramadhan.
  • Keutamaan Sholat Gerhana Bulan dan Manfaat Mengerjakannya
    Tausyiah
    Selasa, 08 November 2022 - 20:08 WIB
    Keutamaan sholat gerhana bulan (khusuful qomar) dan manfaat mengerjakannya selain mendapat pahala juga memberikan rasa takut kepada Allah. Beriku penjelasannya.
  • Keutamaan Membaca Yasin di Malam Jumat Bulan Ramadan
    Tips
    Rabu, 05 April 2023 - 04:00 WIB
    Keutamaan membaca Yasin di malam Jumat bulan Ramadan merupakan amalan yang tidak memilki dasar yang kuat. Bahkan tidak ada hadis yang sahih mengenai keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat.
  • Inilah Sholat yang Tidak Disukai Orang Munafik
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 22:52 WIB
    Munafik sering diartikan sebagai orang bermuka dua. Karakternya suka berpura-pura dan tidak ikhlas ketika beramal. Bagi orang munafik, ada satu sholat yang mereka tidak sukai.
  • Bacaan Sholawat Ummi dan Keutamaan Membacanya di Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 15:37 WIB
    Berikut bacaan Sholawat Ummi dan keutamaan membacanya di hari Jumat. Lafaz sholawat ini cukup populer di kalangan ulama karena fadhilahnya luar biasa.
  • 3 Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Hari
    Tausyiah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 18:51 WIB
    Keutamaaan membaca Surat Yasin setiap hari setidaknya memiliki tiga fadhilah. Salah satunya menjadi wasilah dan sebab dosa-dosanya diampuni Allah.
  • Keutamaan Membaca Surat As-Sajdah Ketika Sholat Subuh Hari Jumat
    Tips
    Rabu, 07 Desember 2022 - 16:39 WIB
    Keutamaan membaca Surat As-Sajdah saat sholat Subuh pada Hari Jumat penting diketahui kaum muslim. Amalan ini termasuk anjuran Nabi pada hari Jumat.
  • Hukum Membaca Surat Yasin di Malam Jumat
    Tips
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 14:44 WIB
    Hukum membaca Surat Yasin di malam Jumat oleh sebagain kalangan dianggap bathil. Padahal Hadisnya memiliki jalur yang banyak sesuai syarat Ash-Shahih. Berikut penjelasannya.