Topik Terkait: Kisah Israiliyat

  • Harut dan Marut (2): Kisah Israiliyat yang Paling Ngetop
    Hikmah
    Selasa, 09 November 2021 - 10:09 WIB
    Kisah Harut dan Marut memiliki versi lain dalam kisah Israiliyat. Kisah paling ngetop dalam versi Yahudi, dikisahkan Harut dan Marut merupakan malaikat yang tengah diuji oleh Allah.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 9 dan Kisah Israiliyat tentang Ashabul Kahfi
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 18:50 WIB
    Tafsir Surah Al-Kahfi ayat 9 mengisahkan tentang Ashabul Kahfi, cerita tentang beberapa pemuda yang hidup pada masa Raja Decyanus. Begini tafsir dan kisahnya.
  • Tobat Nabi Daud, Metafor dan Sindiran Berdasar Kisah Israiliyat?
    Hikmah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 12:36 WIB
    Kisah Nabi Daud yang kepincut perempuan istri tetangganya lalu bertobat kepada Allah SWT lebih sebagai kisah israiliyat. Kisah ini sendiri dikaitkan dengan tafsir Al-Quran surat Shaad ayat 22-25.
  • Kisah Ulama Lanjut Usia Menikahi Gadis Muda, Begini Malam Pertamanya
    Hikmah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 23:16 WIB
    Banyak kisah unik terdahulu sarat dengan hikmah namun bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut ini kisah seorang ulama lanjut usia menikahi gadis muda.
  • Kisah Orang Buta yang Sembuh Berkat Jubah Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 21:50 WIB
    KISAH ini adalah satu dari sekian banyak kisah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang perlu kita ketahui. Selain menarik, kisah ini mengandung hikmah yang besar.
  • Kisah Bilal dan Adzan Terakhir yang Menggetarkan Madinah
    Hikmah
    Minggu, 06 Oktober 2019 - 11:04 WIB
    Bilal bin Rabbah RA, sahabat Nabi berkulit hitam dari Habsyah (Ethiopia) yang memeluk Islam ketika menjadi budak. Beliau dimerdekakan Sayyidina Abu Bakar saat disiksa kafir Quraisy.
  • Peristiwa Muharam: Kisah Jin Sakhr Melakukan Kudeta di Kerajaan Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Jin Sakhr sempat melakukan kudeta di Kerajaan Nabi Sulaiman. Akibatnya, Nabi Sulaiman kehilangan tahtanya. Pada 10 Muharram Allah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman tersebut.
  • Kisah Jin yang Berdesakan Ingin Mendengar Suara Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 16:45 WIB
    Dijelaskan dalam shahih Muslim, ketika Rasulullah SAW berdiri dan membaca Alquran dan ketika itu Iblis melihat pintu-pintu langit ditutup dan tidak bisa lagi ditembus oleh Iblis dan pasukannya.
  • Kisah si Tajir Qarun dalam Al-Quran
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 09:24 WIB
    Qarun pada awalnya orang yang saleh. Ia berjuluk Al-Munawwir karena suaranya yang bagus saat membaca kitab Taurat. Setelah kaya, ia serakah bahkan menyembah berhala.
  • Kisah Sufi Bayazid Al-Bustami: Orang yang Menyadari Kematian
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 19:27 WIB
    Kisah ini karya Abu Yazid Taifur bin Isa Surusyan, juga dikenal dengan Bayazid. Dia dikenal sebagai salah seorang sufi kenamaan Persia abad ke-III dari Bistam wilayah Qum, lahir pada tahun 874 M dan wafat pada usia 73 tahun.
  • Kisah Seorang Bani Israil yang Mengakui Kebenaran Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 09 April 2022 - 22:53 WIB
    Kisah seorang Bani Israel yang beriman dan mengakui kebenaran Al-Quran dapat kita jadikan pelajaran berharga. Berikut kisahnya diceritakan dalam Al-Quran.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 12:50 WIB
    Dalam ajaran kejiwaannya, para sufi menganggap penyampaian pengetahuan secara biasa niscaya rentan terhadap penyimpangan dan kekeliruan oleh sebab penyuntingan
  • Adegan Terlarang Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha dalam Tafsir Israiliyyat
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 14:42 WIB
    Mengenai keinginan Nabi Yusuf, banyak hal yang bertentangan dengan kesucian Nabi dan tidak pantas ditulis dengan pena, kecuali untuk menjelaskan dan memperingatkan tentang kejahatan terhadap Allah dan Rasul-Nya.
  • Kisah Sufi Yunus Putra Adam: Makanan dari Surga
    Hikmah
    Minggu, 01 Januari 2023 - 09:36 WIB
    Yunus, putra Adam, adalah orang Suria, meninggal tahun 1670. Ia adalah seorang penemu dan mempunyai ketrampilan penyembuhan yang luar biasa. Berikut ini kisahnya.
  • Kisah Sufi Saiful Muluk Sang Pencari Kebenaran
    Hikmah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 10:52 WIB
    Di samping hal lainnya, tema kesukaan sufi bahwa kebenaran mencoba mewujudkan dirinya sendiri bagi manusia dan bahwa kebenaran itu muncul lagi dan lagi bagi setiap orang secara tersamar.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 06:08 WIB
    Seorang yang suka iseng, mengetahui apa yang dikerjakan Si Bebal, menanti hingga ia pulas tertidur. Dilepaskannya ikatan labu itu dari kaki Si Bebal.
  • Kisah Sufi Mencari Makna Merak dan Ular
    Hikmah
    Sabtu, 13 November 2021 - 15:19 WIB
    Kisah ini, yang melegenda, menunjukkan bagaimana guru-guru darwis membentuk aliran-aliran-nya berdasarkan berbagai lambang, yang dipilih sebagai contoh dalam ajaran-ajarannya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Tolol, Si Bijak dan Kendi
    Hikmah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:27 WIB
    Di tengah jalan Si Tolol, karena kecerobohannya, menyebabkan kendi itu terbentur batu dan pecah. Sesampainya di rumah Si Bijak, ia memberikan pegangan kendi itu.
  • Kisah Tabiin Cerdas Iyas Bin Mu’awiyah Al-Muzanni
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 10:23 WIB
    Orang-orang datang kepadanya dari berbagai penjuru untuk bertanya tentang ilmu dan agama. Sebagian ingin belajar, ada yang ingin menguji dan ada pula hendak berdebat kusir.
  • Kisah Sufi, Putri yang Tidak Patuh
    Hikmah
    Minggu, 21 November 2021 - 14:06 WIB
    Kisah ini juga dikenal dalam tradisi-tradisi lain selain dalam naskah sufi, telah dipakai untuk menjelaskan kemungkinan adanya suatu perbedaan keadaan kesadaran dalam diri manusia.