Topik Terkait: Kunci Menghadapi Ujian

  • Masalah dan Ujian Hidup Tak Kunjung Selesai? Tunggulah Jalan Keluar Hanya dari Allah Taala
    Tips
    Selasa, 15 Februari 2022 - 16:06 WIB
    Merasa ujian dan masalah hidup tak kunjung selesai dan tak pernah ada solusi atau jalan keluarnya? Maka tunggulah jalan keluar dari Allah SUbhanahu wa taala.
  • Seni Menghadapi Bala Ketika Menimpa Orang Beriman
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 11:28 WIB
    Ujian dalam bahasa arab disebut ibtila. Kata ibtila ini diambil dari kata kerja abtala. Bentuk aslinya adalah bala. Dalam Al-Quran, beberapa kali Allah Subhanahu wa Taala menggunakan kata bala dalam beberapa variasi kata.
  • Tazkiyah Ruhiyah, Kunci Keberhasilan Menghadapi Ujian Dunia
    Muslimah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 16:45 WIB
    Problem kehidupan yang kadang dirasa berat ini, harus direspons muslimah dengan tenang. Karena itulah, muslimah perlu membentengi diri dengan ibadah tazkiyah.
  • Ciri Ujian Disayang Allah, Inilah Tanda-tandanya
    Muslimah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 19:13 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memberikan ujian kepada manusia untuk melihat seberapa besar kemampuan manusia dalam menjalani dan melewati permalahan hidup tersebut
  • Ilmu Agama, Kunci Bahagia di Dunia dan Akhirat
    Muslimah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 09:00 WIB
    Kunci semua kebaikan di dunia ini adalah memahami ilmu agama. Sebab, ilmu ad-dien (agama) adalah penuntun bagi semua umat Islam menuju ketakwaan kepada Allah melalui sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW.
  • Hakikat Pujian adalah Ujian, Hati-hati Saat Menerimanya
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:53 WIB
    Fitrah manusia pasti senang dipuji, namun Islam mengingatkan bahwa pujian pada hakikatnya adalah ujian. Kenapa demikian? Karena ujian itu bisa berupa ujian kebaikan maupun keburukan.
  • Mengapa Manusia Diberi Ujian Hidup? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:29 WIB
    Setiap manusia akan diberi ujian masing-masing dalam menjalani kehidupan dunia sesuai ketetapan Allah Subhanahu wa taala. Ujian manusia ini diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar dan tidak.
  • Memaknai Hidup: Semakin Berat Ujiannya, Semakin Mulia di Sisi Allah
    Tausyiah
    Selasa, 30 November 2021 - 22:08 WIB
    Hidup itu identik dengan ujian dan tantangan. Bagaimana setiap orang memaknai setiap ujian atau tantangan hidup yang terjadi? Nasihat ini patut kita jadikan renungan.
  • Ketika Ditimpa Musibah, Ujian atau Hukuman?
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:49 WIB
    Bila seseorang mendapatkan musibah, pasti ada pertanyaan yang menyelinap di dalam hati. Apakah musibah yanh menimpa tersebut adalah ujian atau hukuman bagi seseorang tersebut? Hal ini juga dipertanyakan kepada diri kita sendiri.
  • Benarkan Orang Kafir Bebas Ujian di Dalam Kubur?
    Tausyiah
    Senin, 22 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Imam Tirmidzi, Ibn Abdil Barr, dan Imam Suyuthi berpendapat hanya orang beriman saja yang diuji di dalam kubur, sedangkan orang kafir lepas dari ujian.
  • Ringan Meminta Maaf, Kunci Menjaga Kepercayaan
    Muslimah
    Senin, 18 Januari 2021 - 06:59 WIB
    Tidak bisa dipungkiri bahwa kita adalah makhluk yang punya banyak kelemahan. Sering lupa dan berbuat salah. Maka dari itu mudahkanlah diri untuk meminta maaf ketika berbuat salah.
  • Ujian di Alam Kubur, Bisa Jadi Taman Surga Atau Lubang Neraka
    Hikmah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 13:45 WIB
    Apabila seseorang selamat di alam kubur maka setelahnya akan lebih mudah bagi dia. Nabi shallallahu alaihi wasallam mengingatkan manusia tentang fitnah kubur.
  • Tipu Daya Duniawi (2): Kemewahan dan Kenikmatan Dunia Sebagai Ujian
    Tausyiah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 16:04 WIB
    Sesungguhnya segala macam kenikmatan dunia adalah ujian dari Allah SAW, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kecenderungan atau rasa suka terhadap hal-hal dunia
  • Ujian Kekayaan: Dari Tiga Orang, Hanya Lulus Satu Orang
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 19:38 WIB
    Allah menguji tiga orang dengan penyakit dan kemiskinan. Tiga orang ini kemudian diberi kesembuhan dan kekayaan. Dari dua orang tersebut, hanya satu yang lulus ujian.
  • Ketika Ujian Mendapatkan Suami yang Tidak Saleh
    Muslimah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Suami yang saleh dan taat beribadah, tentu menjadi dambaan setiap muslimah yang sudah menikah. Ketaatan pada Allah Taala yang diwujudkan pada rajin beribadahnya seorang suami tentu akan menjadi penyejuk dalam rumah tangga.
  • Begini Doa Sebelum dan Selama Ujian Sekolah Agar Tidak Grogi dan Gelisah
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 18:44 WIB
    Doa mestinya dilakukan setiap saat. Bagi siswa hendaknya berdoa sebelum, selama, dan setelah ujian. Melalui doa, siswa akan lebih tenang, rileks, dan lebih fokus dalam menghadapi ujian.
  • Berikut Doa Agar Dipermudah Menghadapi UTBK BMPTN 2022
    Tips
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 06:19 WIB
    Bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022 17 Mei sampai 3 Juni mendatang, hendaknya berdoa agar diberi kemudahan. Berikut doanya.
  • Cara Mengingat Kematian Menurut Rasulullah
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 13:38 WIB
    Mengingat kematian adalah anjuran penting yang sangat ditekankan oleh Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Salam. Ada banyak hadis yang mengingatkan agar umat Islam selalu mengingat kematian.
  • Doa Menghadapi Orang yang Sedang Marah
    Tips
    Rabu, 14 Juni 2023 - 14:28 WIB
    Saat kita marah atau juga saat menghadapi orang yang sedang marah dianjurkan untuk memanjatkan doa untuk meredamkan amarah tersebut.
  • Jangan Mengaku Beriman Sebelum Diuji dengan Berbagai Cobaan
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 21:59 WIB
    Setiap muslim tentu mendambakan surga dengan segala kenikmatannya. Namun, surga yang dijanjikan Allah tidak begitu saja diraih sebelum diuji dengan berbagai cobaan.