Topik Terkait: Mandi Junub

  • Pengganti Mandi Junub Boleh Tayamum, Begini Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:02 WIB
    Mandi junub adalah salah satu kewajiban bagi mereka yang memiliki hadas besar karena berhubungan badan, mimpi basah, atau setelah haid bagi perempuan.
  • Doa Mandi Junub Setelah Berhubungan Suami Istri, Begini Tata Caranya
    Tips
    Rabu, 12 Januari 2022 - 20:08 WIB
    Doa mandi setelah berhubungan suami istri, biasa juga disebut dengan doa mandi junub. Dalam hal mandi junub, para ulama sepakat bahwa ada hal-hal yang wajib maupun yang sunnah.
  • Bolehkah Mandi Junub dalam Keadaan Telanjang?
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 15:12 WIB
    Islam sangat perhatian dengan urusan thaharah atau bersuci dari hadas karena merupakan syarat yang wajib dipenuhi sebelum beribadah. Bolehkah mandi junub dalam kondisi telanjang?
  • Gus Baha Jelaskan Cara Mandi Junub yang Benar: Jangan Sampoan Dulu!
    Tausyiah
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 21:52 WIB
    Gus Baha menjelaskan tata cara mandi wajib yang jarang dibahas di majelis taklim. Banyak orang merasa sudah mandi junub, namun sebenarnya dia belum mandi.
  • Ini Cara Mandi Junub Wanita yang Mengalami Mimpi Basah
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Ternyata wanita juga bisa mengalami mimpi basah, tak melulu hanya dialami kaum lelaki saja. Untuk itu, muslimah wajib tahu bagaimana hukumnya dan apa saja yang harus dilakukan ketika mengalami hal tersebut?
  • Tata Cara Mandi Taubat untuk Pria dan Wanita Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:59 WIB
    Tata cara madi taubat untuk pria dan wanita lengkap dengan bacaan niatnya penting untuk dipahami kaum muslimin. Sebab, mandi tersebut bertujuan membersihkan diri dari hadas besar atau setelah melakukan tindakan tertentu.
  • Perhatikan! Mandi Wajib Tidak Harus Pakai Sabun dan Sampo
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 18:20 WIB
    Mandi wajib merupakan hal yang wajib dipelajari setiap muslim. Banyak orang awam mungkin melakukan mandi wajib dengan menciduk air langsung pakai sabun atau sampo.
  • Tata Cara dan Bacaan Niat Mandi Sholat Jumat
    Tips
    Kamis, 02 Juni 2022 - 21:19 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui tata cara dan niat mandi sholat Jumat. Mandi untuk sholat Jumat merupakan Sunnah Nabi yang sangat dianjurkan.
  • Sudah Mandi Wajib, Perlukah Wudhu Lagi?
    Tips
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 20:51 WIB
    Perlukah berwudhu lagi setelah melakukan mandi wajib (mandi junub)? Hal ini cukup sering ditanyakan sebagian muslim di berbagai kajian fiqih. Berikut penjelasannya.
  • Masih Junub di Waktu Subuh, Bagaimana Hukum Puasanya?
    Muslimah
    Selasa, 20 April 2021 - 20:35 WIB
    Bagi pasangan suami istri, terkadang mendapat dirinya junub di pagi hari dan belum mandi janabah ketika fajar telah terbit. Padahal ia berkewajiban menunaikan puasa Ramadhan. Bagaimana hukum puasa dalam keadaan junub ini?
  • Larangan-larangan Bagi yang Berhadas Besar
    Tips
    Selasa, 28 September 2021 - 13:49 WIB
    Ada larangan-larangan bagi orang-orang yang berhadas besar, seperti tengah haid, keluar sperma atau junub. Larangan ini berlaku selama ia belum bersuci dari hadasnya, baik hadas besar maupun kecil.
  • Tata Cara Mandi Junub Bagi Seorang Wanita, Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Muslimah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:52 WIB
    Tata cara mandi junub bagi seorang wanita wajib dilakukan usai haid. Mandi junub menjadi hal yang wajib dilakukan guna menyucikan diri dari hadas besar yang bisa membatalkan kegiatan beribadah.
  • Mandi Sebelum Subuh, Pahala dan Manfaat untuk Kesehatan
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 23:50 WIB
    Mandi sebelum Subuh memiliki keutamaan pahala dan manfaat untuk kesehatan. Inilah kebiasaan orang-orang terdahulu yang dapat kita teladani.
  • Bagaimana Hukum Mandi Taubat, Niat dan Tata Caranya?
    Tips
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:43 WIB
    Ketika bertaubat dari perbuatan dosa besar, benarkah diharuskan melakukan mandi taubat dulu? Bagaimana hukum, niat dan tata caranya?
  • Bolehkah Niat Mandi Puasa Ramadan? Bagaimana Bacaan dan Tata Caranya?
    Tausyiah
    Kamis, 07 Maret 2024 - 12:10 WIB
    Salah satu amalan yang populer dilakukan oleh kaum Muslim Indonesia di bulan Ramadan adalah mandi puasa Ramadan. Benarkah ada mandi khusus sebelum puasa Ramadan ini? Bagaimana bacaan niat dan tata caranya?
  • 4 Kondisi yang Mewajibkan Muslimah Mandi Wajib
    Muslimah
    Minggu, 28 November 2021 - 05:10 WIB
    Ada beberapa kondisi yang mewajibkan mandi besar bagi seorang muslimah. Kewajiban mandi besar itu antara lain dilandasi dalil dari Al Quran dan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alihi wa sallam.
  • Mandi dan Keramas Menjelang Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 14:15 WIB
    Di Indonesia, biasanya ada suatu kebiasaan khusus yang dilakukan oleh masyarakat sebelum memasuki bulan Ramadhan yakni salah satunya adalah mandi besar atau istilahnya mandi keramas. Bagaimana hukumnya?
  • Kesunnahan Mandi Jumat yang Perlu Diketahui, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:31 WIB
    Mandi di hari Jumat adalah salah satu contoh mandi yang dianjurkan, disunnahkan dan mendapat pahala di sisi Allah subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • Doa Mandi Haid dan Manfaatnya bagi Wanita Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:40 WIB
    Doa mandi haid, selain sebagai doa untuk membersihkan diri selepas berhadas ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kaum muslimah. Apa saja manfaatnya?
  • Bacaan Niat Mandi Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 07:19 WIB
    Salah satu amalan yang populer dilakukan oleh kaum Muslim Indonesia di bulan Ramadan adalah mandi puasa Ramadan. Bagaimana bacaan niat dan tata caranya?