Topik Terkait: Menikmati Keindahan Surga (halaman 106)

  • Allah Berfirman, Makan...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 17:30 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak dan tidak bisa mengontrol diri.
  • 11 Ramadhan, Hari Kesedihan...
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Hari ini bertepatan hari ke-11 Ramadhan mengingatkan kita satu peristiwa penting yang membuat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) bersedih.
  • 10 Amalan Sunnah di...
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Secara hakikat, Ramadhan adalan bulan untuk membakar semua dosa-dosa. Di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Berikut amalan sunnah di bulan Ramadhan.
  • Salat Idul Fitri dan...
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 09:50 WIB
    Pelaksanaan Salat Id tahun ini akan berbeda dari biasanya karena situasi pandemik wabah saat ini. Bagaimana cara mengerjakannya dan berapa jumlah jamaah yang dipersyaratkan? Berikut penjelasannya.
  • Meraih Ampunan di Fase...
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 08:36 WIB
    Bulan Ramadhan memasuki fase 10 hari kedua. Pada fase ini umat muslim seyogianya semakin meningkatkan kualitas ibadah demi mendapatkan keutamaan berupa maghfirah atau ampunan dari Allah SWT.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Membantu Sesama yang...
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 09:27 WIB
    Kalau yang berbuat kebaikan di waktu lain Allah SWT akan balas dengan pahala 10 kali lipat, maka pada Ramadhan ini pahalanya berlipat-lipat, sampai 70 kali lipat.
  • Menolak Sujud Kepada...
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 02:32 WIB
    Ketika itu, bentuk Iblis berubah, dia menjadi setan yang terkutuk. Sebelumnya dia bernama Azazil dan merupakan salah satu di antara malaikat yang terpandang.
  • Abu Nawas Menjual Baginda...
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 15:42 WIB
    Begitu banyak tumpukan kayu di belakang rumah badui itu sehingga memandangnya saja Sultan Harun Al Rasyid sudah merasa ngeri, apalagi harus mengerjakannya.
  • Apabila Banyak Ulama...
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 16:52 WIB
    Di dalam 40 Hadis pertanda akhir zaman, salah satu hadis tentang wafatnya para ulama dijadikan indikasi bahwa pertanda Kiamat semakin dekat.
  • Tiga Tingkatan Puasa...
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 15:37 WIB
    Imam al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin membagi tiga tingkatan puasa yaitu puasa umum, puasa khusus, dan khususul khusus atau puasa paling khusus. Apa maksudnya?
  • Al-Quran: Ayat Pertama...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 03:52 WIB
    Kebanyakan ulama berpendapat ayat pertama dalam Al-Quran yang turun ialah surat Al-Alaq ayat 1-5. Hanya saja ada beda pendapat soal ayat terakhir yang turun.
  • Perbedaan Ulama Tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 04:08 WIB
    Selain 17 Ramadhan beberapa ulama memiliki pendapat lain tentang waktu nuzulul quran. Jika dibagi, ada sekitar 5 pendapat terkait kapan waktu turunnya Alquran.
  • Menelaah Kedudukan Hadis...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Tersebarnya Hadis Kiamat yang akan terjadi pada hari Jumat 15 Ramadhan 1441 Hijriyah (8 Mei 2020) memantik perbincangan di kalangan umat Islam. Berikut penjelasan Syeikh Ahmad Al-Misri mengenai hal itu.
  • Ibu Hamil dan Menyusui,...
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Masalah ibu hamil dan menyusui ketika puasa Ramadhan sudah sering dibahas di berbagai kajian ilmu. Namun sampai hari ini, tema ini termasuk paling banyak ditanya.
  • Ponpes Nurul Ummahat,...
    Santri
    Selasa, 05 Mei 2020 - 08:04 WIB
    Warga Yogyakarta sudah tak asing lagi dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ummahat. Ponpes yang terletak 300 meter di selatan Lapangan Karang, Kampung Prenggan KG/II RT 27/RW 06, Kotagede, ini adalah pondok putri.
  • Begini 5 Cara untuk...
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 16:38 WIB
    Ahmad Zarkasih, Lc, dalam buku Meraih Lailatul Qadar, Haruskah Itikaf? membagi resep bagi seorang muslim untuk meraih malam Lailatul Qadar. Apa saja?
  • Di Tengah Wabah, Meraih...
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 17:10 WIB
    Ibadah yang sangat galak dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika masuk 10 terakhir Ramadhan ialah beritikaf. Lalu, apa ini juga jadi syarat meraih lailatul qadar?
  • Jibril Mengajari Adam...
  • Kisah Sufi: Keperluan...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 16:30 WIB
    Lantaran kekayaannya, seorang penguasa tiran Turkestan ingin berjumpa dengan Nabi Kidir. Seorang sufi menyanggupinya karena butuh uang untuk keluarganya.
  • Nuzulul Quran: Tafsir...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 04:00 WIB
    Surat pertama yang turun ini memiliki penamaan surat al-alaq, surat iqra, surat bil-qalam karena Allah mengawali surat ini dengan kata-kata tersebut.