Topik Terkait: Niat Puasa Tarwiyah (halaman 3)

  • Niat Menyambut Bulan Ramadan yang Sering Diamalkan Para Salafus Shalih
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Niat menyambut bulan Ramadan dengan sungguh-sungguh akan membuat bulan suci menjalankan puasa tidak akan sia-sia. Kaum muslim, hendaknya memiliki niat sempurna seperti yang dilakukan para salafus shalih terdahulu.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • 5 Puasa Sunnah di Bulan Juni 2023, Ini Jadwal dan Niatnya
    Tips
    Kamis, 01 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Puasa sunnah di bulan Juni 2023 bertepatan dengan dua bulan haram yaitu Zulkaidah dan Zulhijjah. Pada bulan ini umat Islam akan melaksanakan puasa Arafah dan Tarwiyah.
  • Mengapa Rasulullah Mengamalkan Puasa Senin-Kamis? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 23 Mei 2022 - 14:32 WIB
    Hari Senin dan Kamis bagi umat Islam adalah waktu untuk mengamalkan puasa sunnah. Puasa ini juga merupakan kebiasaan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Apa alasan Rasulullah sering melakukannya?
  • Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Berikut Keutamaannya
    Tips
    Selasa, 22 Juni 2021 - 17:39 WIB
    Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah berikut keutamaannya perlu diketahui umat muslim. Tak lama lagi kita akan memasuki bulan mulia Dzulhijjah bertepatan tanggal 11 Juli 2021.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Juni 2020
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 17:29 WIB
    Besok Senin kita akan memasuki 1 Juni 2020 bertepatan 9 Syawal 1441 Hijriyah. Berikut jadwal puasa sunnah pada bulan Juni 2020 berikut bacaan niatnya.
  • Puasa Syawal Dulu Atau Bayar Qadha Ramadhan? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 21:06 WIB
    Besok kita sudah memasuki 3 Syawal 1443 H bertepatan Rabu (4/5/2022). Pertanyaannya, mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadhan atau puasa sunnah 6 hari syawal?
  • Keutamaan Puasa Rajab Bertabur Pahala Lengkap dengan Niat
    Tausyiah
    Minggu, 22 Januari 2023 - 22:47 WIB
    Malam ini kita sudah memasuki bulan Rajab 1444 H yang pergantian harinya dimulai saat Maghrib berdasarkan kalender Hijriyah. Berikut keutamaan puasa Rajab dan niatnya.
  • Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab
    Tausiyah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 09:30 WIB
    Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memuliakan bulan Rajab. Salah satu bentuk pengistimewaannya adalah menghidupkan puasa dan menjauhkan diri dari maksiat
  • Bolehkan Puasa Asyura Tanggal 10 Muharram Saja?
    Tips
    Senin, 08 Agustus 2022 - 17:43 WIB
    Bolehkan puasa Asyura tanggal 10 Muharram saja? Jawabnya boleh. Begitu pendapat para ulama. Puasa Asyura tiga hari yakni tanggal 9, 10, 11 Muharram juga dibenarkan.
  • Inilah Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh
    Tips
    Selasa, 14 Maret 2023 - 11:37 WIB
    Sebentar lagu bulan Ramadan akan kita masuki, sebagai muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa wajib ini diperintahkan untuk membaca niat puasanya. Bagi sebagian umat muslim khususnya yang menganut mazhab Maliki, mereka biasa mengamalkan bacaan niat puasa Ramadan sebulan penuh.
  • Bacaan Niat, Sahur dan Buka Puasa Ramadan Lengkap dan Artinya Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 08:15 WIB
    Bulan suci Ramadan tinggal hitungan hari saja, sebagai muslim kita diharuskan berniat dan membaca doa puasa sebagai hal mendasar dalam setiap ibadah yang akan kita jalani
  • Bacaan Niat Puasa Ramadan Lengkap
    Tips
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:19 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadan lengkap ini penting dipahami umat Islam yang sebentar lagi akan menjalani puasa wajib selama sebulan penuh di bulan Ramadan
  • Jangan Sepelekan Dua Rukun Puasa Ramadhan Berikut Ini
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 03:00 WIB
    Rukun puasa Ramadhan ada dua. Pertama, al-imsak yakni menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. Kedua, niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah Maghrib sampai Subuh.
  • Pemerintah Tak Fasilitasi Ibadah Tarwiyah, Begini Penjelasannya
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 18:27 WIB
    Jemaah haji Indonesia dianjurkan tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah tarwiyah pada 8 Zulhijjah.
  • Puasa Sunnah Syawal Tinggal 9 Hari Lagi, Berikut Niatnya
    Tausyiah
    Minggu, 22 Mei 2022 - 20:25 WIB
    Besok kita memasuki hari ke-22 Syawal 1443 Hijriyah bertepatan Senin (23/5/2022). Bagi yang belum menunaikan puasa sunnah Syawal, masih tersisa waktu 9 hari lagi.
  • Niat Seorang Mukmin Lebih Baik Ketimbang Amalnya
    Tausyiah
    Senin, 20 September 2021 - 20:53 WIB
    Dalam satu Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Baihaqi disebutkan bahwa kedudukan niat lebih besar daripada amalnya. Berikut penjelasan Ustaz Hamdan Nasution Attantisy.
  • Jadwal Puasa Bulan Rajab Terbaru Berikut Bacaan Niatnya
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 21:36 WIB
    Jadwal puasa bulan Rajab 1443 Hijriyah akan dimulai besok Kamis (2/2/2022) menurut hasil rukyatul hilal bil fili Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).
  • Belum Qadha Puasa Ramadhan? Yuk Tuntaskan di Bulan Syaban Ini!
    Muslimah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 09:24 WIB
    Dalam Islam, bersegera mengerjakan amal kebaikan dan tidak menundanya, termasuk di dalamnya adalah mengqadha puasa, merupakan perkara yang sangat ditekankan.
  • Hadirkan 7 Niat Ini Sebelum Memasuki Ramadhan, Insya Allah Puasanya Berkah
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 22:24 WIB
    Sebelum memasuki bulan Ramadhan ada baiknya kita menghadirkan niat untuk meraih keutamaan dan keberkahan puasa. Ada 7 niat mulia yang dapat kita amalkan.