Topik Terkait: Peringatan Hari Bumi

  • Doa Ketika Gempa Bumi Lengkap Arab Latin dan Artinya
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 22:21 WIB
    Doa ketika gempa bumi termasuk amalan yang dianjurkan untuk memohon perlindungan kepada Allah Yang Mahakuasa. Berikut doanya lengkap Arab latin.
  • Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Ponpes Attaqwa Bekasi Berlangsung Meriah
    Dunia Islam
    Senin, 23 Oktober 2023 - 06:59 WIB
    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyelenggarakan Apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Plaza Masjid Jami Attaqwa Pondok Pesantren Attaqwa Putra, Minggu, 22 Oktober 2023. Apel yang dihadiri kurang lebih 3.000 peserta ini berlangsung meriah
  • Arti dan Amalan Hari Tasyrik Beserta Dalilnya
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:28 WIB
    Arti dan amalan hari Tasyrik penting diketahui umat muslim, hal ini penting terkait ada ibadah yang dilarang dikerjakan di waktu-waktu tersebut. Apa artinya dan apa saja amalannya?
  • Dahsyatnya Gempa Bumi Turki-Suriah, Berikut Peristiwa Gempa Bumi pada Era Para Nabi
    Hikmah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 14:01 WIB
    Gempa bumi sudah terjadi sejak dulu kala. Pada zaman para Nabi, gempa menjadi hukuman dari Allah SWT kepada suatu kaum. Al-Quran menginformasikan hal seperti itu.
  • Bukti Bumi Itu Bulat Menurut Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 08 Agustus 2022 - 23:11 WIB
    Bagi yang meyakini bumi datar (Flat Earth) tentu sulit diterima karena dianggap bertentangan dengan ayat-ayat Al-Quran dan pandangan ilmuwan muslim.
  • 5 Doa Istimewa di Hari Jumat, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 08:51 WIB
    Berdoa di hari Jumat adalah sangat istimewa, karena sangat mustajab. Keistimewaan berdoa di hari Jumat ini dari hadis Rasulullah Shalallalhu alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Abu Hurairah.
  • Tanda-tanda Fisik Sebagai Sebuah Peringatan
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 08:11 WIB
    Al-Quran memberi hikmah dan penjelasan yang lengkap tentang tanda-tanda fisik yang ada pada tubuh kita dalam rentang usia kita agar manusia mampu mengambil pelajaran dan menambah iman.
  • Semeru Meletus: Ketika Pasak Bumi Berulah Ingat Kiamat Sudah Dekat
    Tausyiah
    Senin, 06 Desember 2021 - 15:17 WIB
    Banyak pelajaran yang bisa petik dengan meletusnya Gunung Semeru (Mahameru), Jawa Timur. Lewat peristiwa ini kita menjadi sadar akan kehadiran makhluk Allah yang satu in
  • Doa Ketika Gempa Bumi dan Amalan yang Dianjurkan saat Terjadi Bencana
    Tips
    Senin, 07 Maret 2022 - 15:31 WIB
    Doa ketika gempa bumi terjadi, sebenarnya tidak secara khusus dicontohkan oleh baginda Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam. Namun, doa ketika terjadi bencana bisa diamalkan dalam kondisi serupa.
  • Makna Allah Pemilik Kerajaan Langit dan Bumi serta Apa yang Terdapat antara Keduanya
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 14:27 WIB
    Menurut Quraish, ayat Al-Fatihah ini, menekankan bahwa kepemilikannya menyangkut hari kemudian adalah mutlak serta amat nyata, sehingga --ketika itu-- jangankan bertindak, berbicara pun hanya berbisik.
  • 2 Jenis Takbiran di Hari Raya Idul Adha
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 10:02 WIB
    Salah satu amalan pada bulan Dzulhijjah atau tepatnya menjelang pelaksanaan shalat Idul Adha. Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa takbir pada malam hari raya disunnahkan
  • Hari Tasyrik: Waktu Paling Agung Setelah Idul Adha
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 18:42 WIB
    Hari-hari tasyrik merupakan hari menikmati makan dan minum, hari raya, hari berbahagia karena padanya terdapat kurban. Pada hari itu diharamkan berpuasa, kecuali bagi jamaah haji
  • Peristiwa Muharram: Bahtera Nuh Berlabuh setelah 150 Hari Air Genangi Bumi
    Hikmah
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 17:36 WIB
    Pada bulan Muharram, tepatnya 10 Muharram, bahtera Nuh berlabuh. Pada saat itu air menggenangi bumi selama 150 hari. Air turun dari langit berwarna kuning, dan keluar dari bumi berwarna merah.
  • Ketika Musibah Datang sebagai Peringatan
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 06:35 WIB
    Musibah menjadi peringatan bagi orang-orang yang meyakini Allah sebagai Rabb-nya, akan tetapi keyakinannya tidaklah kuat. Lisannya berikrar syahadatain, tubuhnya menjalankan salat, tetapi hatinya mudah sekali goyah dan terbawa godaan syaitan.
  • Begini Anjuran Ulama Saat Terjadi Gempa Bumi, Yuk Amalkan!
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 09:42 WIB
    Gempa yang terjadi di beberapa tempat di dunia, termasuk di Indonesia merupakan tanda dan ayat-ayat kekuasaan Allah Taala yang digunakan sebagai peringatan bagi para hamba-Nya.
  • Surat Al-Mulk Ayat 15: Hikmah di Balik Penciptaan Bumi dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Rabu, 30 November 2022 - 17:02 WIB
    Salah satu kekuasaan Allah tidak hanya menciptakan tujuh langit berlapis, tetapi juga menciptakan bumi untuk makhluk-Nya. Berikut hikmah di balik penciptaan bumi.
  • Keistimewaan Hari Tasyrik, Harinya untuk Berzikir dan Menyantap Daging
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 09:03 WIB
    Pada hari Tasyrik (tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah (kalender Islam), hari tersebut seluruh jemaah haji di Tanah Suci sedang melaksanakan prosesi lempar jumrah di Mina. Sedangkan , umat Islam di negeri lainnya sibuk dengan menyembelih hewan kurban.
  • Gempa Bumi Bukanlah Azab, Berikut Penjelasan Gus Baha
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 17:34 WIB
    Ketika terjadi gempa di satu daerah, jangan langsung mengatakan Allah telah menurunkan azab kepada penduduk di daerah tersebut. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • 9 Amalan Sunnah bagi Muslimah di Hari Jumat
    Muslimah
    Jum'at, 09 September 2022 - 09:07 WIB
    Hari jumat adalah hari istimewa bagi umat Islam, tak terkecuali bagi kalangan muslimah. Karenanya setiap muslim meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya.
  • Tata Cara Haji: Hal-Hal yang Perlu Dikerjakan di Hari Arafah
    Tips
    Minggu, 21 Mei 2023 - 10:34 WIB
    Jika matahari terbit pada hari Arafah (hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah), maka setiap jemaah haji berangkat dari Mina ke Arafah, seraya mengumandangkan talbiyah atau takbir.