Topik Terkait: Seleksi Calon Imam Masjid

  • Luar Biasa, Warga Citayam Ini Lolos Ujian Imam Masjid di Uni Emirat Arab
    Dunia Islam
    Senin, 10 Mei 2021 - 14:58 WIB
    Pada Desember 2020, pria dengan tiga anak itu akhirnya mengikuti serangkaian tes. Mulai dari hafalan Alquran, tes suara, bahasa Arab dan Khutbah. Satu demi satu tes dijalani Ujang tanpa beban.
  • 5 Imam Masjidil Haram yang Memiliki Suara Bacaan Al-Quran Merdu
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 September 2022 - 17:03 WIB
    Imam Masjidil Haram yang memiliki suara bacaan Al-Quran merdu semuanya adalah Qari dan Hafizh (penghafal Al-Quran). Kelima imam ini memiliki suara yang khas.
  • Masjid Istiqlal Bisa Dipakai Ibadah Ramadhan 2021
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 April 2021 - 14:29 WIB
    Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar bersama Wamenag Zainut Tauhid, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) meninjau pelaksanaan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021).
  • Mengenal Masjid Dhiror
    Hikmah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 22:38 WIB
    Ada peristiwa yang cukup mengganggu kenyamanan Komunitas Islam di zaman Rasulullah SAW di Madinah ketika itu. Yaitu mendirikan masjid untuk menimbulkan bencana.
  • Masjid Ampel dibanjiri jamaah
    Hikmah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:55 WIB
    Masjid Agung Ampel Surabaya. Semakin malam pengunjung bukannya berkurang tapi malah semakin ramai. Jelang Lebaran, banyak orang mengunjungi masjid tersohor itu. Menurut penuturan warga sekitar, keramaian ini karena banyak jamaah yang datang untuk berdoa (itikaf) di masjid ketika malam hari.
  • Saat Imam Syafi’i Berguru ke Imam Malik di Madinah
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 04:19 WIB
    Berbekal surat pengantar dari wali Makkah yang ditujukan kepada Imam Malik, Imam Syafii berangkat meninggalkan kampung halamannya, Makkah ke Madinah.
  • Masjid Wotgaleh, bangunan kuno yang jadi favorit
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 09:09 WIB
    Bangunan dengan arsitektur khas Keraton Yogyakarta, sampai saat ini terlihat masih tetap terjaga di Masjid Wotgaleh. Bahkan, masyarakat sekitarnya tetap menjadikan masjid tersebut sebagai tempat favorit dalam melakukan kegiatan keagamaan.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (1)
    Hikmah
    Senin, 13 Desember 2021 - 23:18 WIB
    Saat Imam Syafii hadir di majelis ilmu yang dipimpin Imam Malik, hal tak terduga terjadi. Imam Malik terkejut dengan keilmuan Imam Syafii yang kala itu masih muda.
  • Urgensi Kemurnian Doa Hanya kepada Allah Semata Menurut Imam Masjid Nabawi Abdul Muhsin
    Tausyiah
    Selasa, 28 November 2023 - 16:03 WIB
    Imam dan Khotib Masjid Nabawi, Dr Abdul Muhsin bin Muhammad Al-Qasim, dalam bukunya berjudul Doa mengatakan lantaran agungnya kedudukan doa, Allah mengawali kitab-Nya dengan doa.
  • Kisah Imam Malik dan Imam Syafii Tertawa Menyikapi Rezeki
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 09:10 WIB
    Bagaimana memperoleh rezeki kerap mengundang perbedaan pendapat dari banyak orang. Hal ini pula pernah menjadi perdebatan Imam Maliki dan Imam Syafii yang merupakan guru dan murid.
  • Kisah Imam Syafi’i Ngalap Berkah di Kuburan Imam Abu Hanifah
    Hikmah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 17:50 WIB
    Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim berkata: Ini adalah kedustaan yang sangat nyata bagi orang yang memiliki ilmu hadits. Orang yang menukil kisah ini hanyalah orang yang sedikit ilmu.
  • Hagia Sophia Jadi Masjid, Ketidakjujuran Dunia Terekspos!
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 17:09 WIB
    Pascakeputusan pengadilan Turki untuk memberikan kebebasan bagi pemerintah Turki untuk mengkonversi (tepat ya reversi) gedung Hagia Sophia dari sebuah museum ke sebuah masjid kembali dunia ramai membincangkan.
  • Salat Tarawih di Masjid Istiqlal Dibatasi Hanya untuk 100.000 Jamaah
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 April 2022 - 20:35 WIB
    Masjid Istiqlal Jakarta malam ini menggelar salat tarawih pertama menjelang satu Ramadhan esok hari. Namun kapasitas hanya terbuka untuk 100 ribu jamaah.
  • Hagia Sophia dan Masjid-Masjid yang Menjadi Gereja
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 07:37 WIB
    Dalam sejarah, peristiwa dijadikannya rumah ibadah menjadi tempat ibadah yang sesuai dengan agama yang dipeluk penguasa bukanlah hal baru. Di Barat banyak masjid diubah menjadi gereja.
  • Imam Masjid di Turki Ajak Anak-anak Bermain Usai Tarawih
    Dunia Islam
    Selasa, 19 April 2022 - 15:15 WIB
    Jangan usir anak-anak dari masjid. Lihatlah bagaimana imam masjid di Turki merangkul dan mengajak anak-anak bermain usai sholat Tarawih.
  • Inilah Adab Ziarah Kubur Menurut Imam Al Ghazali
    Muslimah
    Senin, 22 Maret 2021 - 08:16 WIB
    Masih banyak kaum muslimin yang salah dalam menyikapi ziarah kubur, sehingga bukannya manfaat yang mereka raih, akan tetapi justru mengundang murka Allah . Ini karena adab-adab ziarah kubur yang kurang diperhatikan.
  • Biografi Imam Ahmad bin Hanbal dan Pujian Para Ulama
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 05:10 WIB
    Inilah biografi singkat salah satu ulama besar kaum muslimin sepanjang sejarah. Beliau berstatus sebagai mujtahid mutlak, ahli fiqih sekaligus imamnya ahli Hadis.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (3/Tamat)
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 17:52 WIB
    Imam Syafii (wafat 204 H) adalah salah satu murid terbaik Imam Malik, ulama pendiri Mazhab Maliki (wafat 179 H). Berikut pujian Imam Malik kepada Imam Syafii.
  • Jangan Mendahului Imam Ketika Sholat Berjamaah, Ini Akibatnya
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 19:17 WIB
    Sejatinya, seorang makmum harus mengikuti imam dalam gerakan sholat, bukan malah mendahului atau bergerak bersamaan dengan imam. Berikut kisah orang yang mendahului imam dan akibatnya.
  • Menakjubkan! Begini Kecerdasan Imam Syafii Menjawab Celaan
    Tausyiah
    Rabu, 18 November 2020 - 11:15 WIB
    Jalan dakwah tidak mungkin rata dan sepi tantangan. Mestilah ia berkelok, mendaki, dan penuh ujian. Di jalan dakwah, celaan hampir pasti jadi sarapan.