Topik Terkait: Sosial Budaya

  • Taiwan Gelar Pameran Budaya Islam
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 April 2021 - 13:34 WIB
    Taiwan akan menyelenggarakan acara Pameran Budaya Islam di National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall di Taipei dari 9-18 April 2021.
  • Kesejahteraan Sosial Dimulai dengan Islam, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:28 WIB
    Kesejahteraan sosial dimulai dengan Islam, yaitu penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Tidak mungkin jiwa akan merasakan ketenangan apabila kepribadian terpecah (split personality):
  • Menempa kepekaan sosial
    Tausiyah
    Selasa, 23 Juli 2013 - 07:13 WIB
    Islam hadir ke muka bumi untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Pada posisi tersebut, Islam bermakna sebagai agama yang juga mengurusi ibadah horizontal (habluminannas), atau mengurusi kesalehan sosial. Karena itu, seorang muslim diwajibkan untuk menyelaraskan dua aspek peribadatan tersebut, agar kesalehan diri yang diperoleh menjadi kesalehan paripurna.
  • Pertama di Dunia, Arab Saudi Luncurkan Platform Metaverse
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:35 WIB
    Kementerian Kebudayaan Saudi telah meluncurkan platform metaverse nasional pertama di dunia, yang didukung oleh sistem kecerdasan buatan Generative Media Intelligence (GMI) yang mutakhir.
  • Arab Saudi Gelar Perayaan Budaya selama Ramadan
    Dunia Islam
    Minggu, 17 Maret 2024 - 12:43 WIB
    Acara Ramadan ini tersebar di 30 zona aktivasi, termasuk restoran, kafe, kedai makanan tradisional, pertunjukan tradisional, lokakarya, pasar, pameran budaya, pengalaman interaktif, dan sudut khusus anak-anak.
  • Dimensi Individual dan Sosial Puasa
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 08:08 WIB
    Marhaban ya Ramadhan. Bagaimana kita memaknai hikmah puasa Ramadhan secara multidimensi? Setidaknya ada empat dimensi penting hasil menjalankan ibadah puasa Ramadhan baik pada level individual maupun sosial.
  • 8 Kebiasaan Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadan
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Maret 2023 - 15:13 WIB
    Masyarakat Islam di Indonesia memiliki beberapa kebiasaan yang lazim dilakukan pada bulan Ramadan di berbagai daerah di tanah air. Salah satunya tradisi membangunkan sahur.
  • Begini Upaya Konservator Menyelamatkan Warisan Budaya Irak
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Mei 2023 - 17:23 WIB
    Irak menanggung luka konflik puluhan tahun dan telah melihat barang antiknya dijarah, namun koleksi House of Manuscripts berhasil bertahan. Kini konservator Irak berusaha keras untuk melestarikan manuskrip kuno tersebut.
  • Sejarah Sekaten, Peninggalan Hindu yang Diislamisasi
    Dunia Islam
    Senin, 25 September 2023 - 15:14 WIB
    Sejarah sekaten dimulai pada era Majapahit. Ini merupakan kelanjutan upacara tradisional yang dilaksanakan oleh raja-raja Jawa semenjak zaman Majapahit pada akhir abad 14 atau awal abad 15.
  • Ibadah Haji, Modal Sosial untuk Melakukan Perubahan dan Berbuat Baik
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Juli 2023 - 20:15 WIB
    Jemaah haji dari Indonesia mampu meningkatkan keimanan dan memberikan perubahan sosial di masyarakat setelah digembleng secara spiritual di Tanah Suci.
  • Zakat Fitrah Kewajiban Pribadi yang Memiliki Konsekuensi Sosial
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 16:33 WIB
    Dalam praktik yang melembaga dan mapan sebagai adat kita semua, manifestasi dari Lebaran itu ialah sikap-sikap dan perilaku kemanusiaan yang setulus-tulusnya dan setinggi-tingginya
  • Pencegahan Korupsi, Agama dan Kesalehan Sosial (1)
    Tausyiah
    Minggu, 20 September 2020 - 22:01 WIB
    Dalam Islam, orang tidak cukup hanya menjaga kesalehan pribadi dengan menjalankan perintah agama, tetapi kosong dan hampa dari dimensi konsekuensial.
  • Kisah 2 Perempuan, yang Masuk Neraka Justru yang Rajin Sholat
    Hikmah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 16:14 WIB
    Kisah 2 orang wanita yang satu masuk neraka dan satunya lagi masuk surga. Anehnya, perempuan yang menerima siksa neraka tersebut justru yang rajin sholat, puasa dan zakat. Mengapa begitu?
  • Surga yang Dihuni Adam dan Hawa, Kesejahteraan Sosial yang Didambakan Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 10:43 WIB
    Kesejahteraan sosial yang didambakan Al-Quran tecermin dari surga yang dihuni oleh Adam dan Hawa, sesaat sebelum turunnya mereka melaksanakan tugas kekhalifahan di bumi.
  • Andrew Tate Umumkan Masuk Islam, Akunnya di Media Sosial Diblokir
    Dunia Islam
    Rabu, 20 September 2023 - 05:15 WIB
    Mantan kickboxer dan influencer ini menggambarkan Islam sebagai agama terakhir yang benar di dunia dan kini telah mengonfirmasi bahwa dia sendiri adalah seorang Muslim.
  • Kesejahteraan Sosial Dimulai dengan Islam, Berikut Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:42 WIB
    Kesejahteraan sosial dimulai dari perjuangan mewujudkan dan menumbuhsuburkan aspek-aspek akidah dan etika pada diri pribadi, karena dari diri pribadi yang seimbang akan lahir masyarakat seimbang.
  • Puasa Membentuk Kesalehan Individu dan Sosial
    Tausyiah
    Kamis, 30 April 2020 - 08:01 WIB
    Momentum Ramadhan di tengah situasi pandemi Covid-19 memberikan hikmah tersendiri bagi umat Islam. Anjuran untuk tinggal di rumah membuat setiap keluarga muslim memiliki kesempatan untuk lebih banyak mengerjakan ibadah secara berjamaah.
  • TGB Sebut Islam Hadir Membawa Budaya dan Nilai-nilai Kedamaian
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 21:58 WIB
    Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengungkapkan, Islam datang dalam keadaan asing. Di akhir zaman nanti agama ini juga akan kembali terasa asing. Meskipun demikian, Islam membawa perdamaian dan beruntung bagi masyarakat yang bisa menjaga nilai itu.
  • Lirik Selawat Thohirul Qolbi Arab yang Viral di Media Sosial
    Tips
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 23:50 WIB
    Lirik Selawat Thohirul Qolbi lengkap dengan terjemahan akan diulas dalam artikel ini. Selawat Thohirul Qolbi ini cukup populer di media sosial karena dilantunkan oleh Maher Zain.
  • Dai Muda: Cara yang Baik untuk Menggunakan Media Sosial
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Desember 2021 - 16:30 WIB
    Dai Muda menghadirkan dua ustad muda Hafidzul Ahkam dan Azmi Askandar yang akan membahas tentang pentingnya menjaga lisan saat menggunakan media sosial.