Topik Terkait: Tajwid Surat An Nas (halaman 66)

  • Surat Al Furqan Ayat...
    Tips
    Senin, 08 Juli 2024 - 14:54 WIB
    Surat Al Furqan full Arab atau tulisan Arab saja disajikan dalam artikel ini. Surah Al Furqan merupakan surah ke-25 dalam Al Quran yang memiliki 77 ayat dan termasuk ke dalam golongan surah-surah Makkiyah.
  • Wattini Wazzaitun! Dua...
    Tips
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 07:10 WIB
    Ayat ini sering kita baca dan umat muslim pasti tak asing dengannya. Ketika membaca ayat ini, pikiran kita akan tertuju kepada dua buah istimewa yaitu Tin dan Zaitun.
  • Surat Yusuf Ayat 83:...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 23:08 WIB
    Mendengar kesaksian saudara Nabi Yusuf, Nabi Yakub alaihissalam ragu dan memilih untuk bersabar. Berikut kisah kesabaran Nabi Yakub dalam tadabur Surat Yusuf:
  • Baca Surat Al-Baqarah...
    Tips
    Rabu, 17 Juli 2024 - 09:45 WIB
    Banyak sekali faedah dan manfaat membaca surah al-Baqarah ketika menempati rumah baru, salah satunya dapat mengusir dan menjaga rumah tersebut dari keburukan dan setan yang terkutuk
  • Bacaan 2 Ayat Terakhir...
    Tips
    Selasa, 01 Maret 2022 - 15:09 WIB
    Bagi umat muslim, dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah dianjurkan sering dibaca terutama pada malam hari. Berikut fadilahnya sebagaimana disebut dalam Hadis Nabi.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Nuzulul Quran: Tafsir...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 April 2022 - 16:34 WIB
    Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW pada saat beliau mengasingkan diri di Gua Hira adalah surat al-Alaq ayat 1-5. Begini kisah dan tafsir surat tersebut.
  • 15 Contoh Bacaan Idgham...
    Tips
    Sabtu, 27 April 2024 - 12:20 WIB
    Contoh bacaan Idgham Mimi atau Idgham Mitslain ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya mengetahui bagaimana cara membaca yang benar sesuai dengan ketetapan hukum tajwid.
  • Keutamaan Membaca Surat...
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 05:05 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Waqiah setelah sholat Subuh perlu kita ketahui berikut cara mengamalkannya. Surat Al-Waqiah terdiri 96 ayat bercerita tentang hari Kiamat.
  • Surat Al-Quran untuk...
    Tips
    Senin, 18 Juli 2022 - 15:23 WIB
    Banyak surat Al-Quran untuk menenangkan hati yang tengah gundah dan gelisah. Bahkan, Al-Quran juga banyak mengungkap kiat-kiat agar manusia hatinya tenang dan tentram.
  • Kisah Nabi Samson dalam...
    Hikmah
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 15:13 WIB
    Kisah Nabi Syamun atau Samson tertuang di dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 246. Ayat ini menggambarkan bagaimana Bani Israil yang penyecut.
  • Surat Yusuf Ayat 60:...
    Hikmah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 23:16 WIB
    Pada ayat ini Nabi Yusuf alaihissalam menyampaikan sedikit penekanan kepada saudara-saudara yang tidak mengenalnya. Nabi Yusuf meminta mereka membawa Bunyamin ke Mesir.
  • Surat Yasin Ayat 83:...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 16:45 WIB
    Surat Yasin ayat 83 adalah ayat terakhir Surat Yasin. Ayat ini menegaskan bahwa Allah SWT Maha Suci dari segala sifat kekurangan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.
  • Hukum Bacaan Idgham...
    Tips
    Selasa, 13 Juni 2023 - 06:12 WIB
    Hukum bacaan idgham mutajanisain adalah apabila ada huruf sukun atau mati bertemu huruf berharakat dan kedua huruf tersebut memiliki makhroj yang sama namun berbeda sifatnya.
  • Surat Luqman Ayat 6...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 11:35 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Masud dan Ibnu Abbas serta sebagian Tabiin, bahwa mereka mengharamkan nyanyian berdasarkan QS Luqqman ayat 6.
  • Hadis Arbain: Jagalah...
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 10:59 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-19 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Khasiat Surah An-Nur,...
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 16:15 WIB
    Barangsiapa meletakkannya di tempat tidurnya maka dia tidak akan bermimpi buruk. Tulis di bejana tembaga lalu diminumkan pada hewan yang sakit dan dipercikkan airnya padanya maka hewan itu akan sembuh.
  • 5 Ayat Pertama Surat...
    Hikmah
    Selasa, 10 September 2024 - 13:03 WIB
    Bacaan 5 ayat pertama Surat Al Baqarah berikut isi, kandungan dan manfaatnya ini penting diketahui umat muslim. Surat Al Baqarah adalah surat kedua dalam Al Quran yang terdiri dari 286 ayat.
  • Al-Fatihah Ayat 5: Rahasia...
    Hikmah
    Minggu, 16 Januari 2022 - 20:56 WIB
    Dalam Surat Al-Fatihah Ayat 5 terdapat pengulangan kalimat Iyyaka dua kali. Berikut penjelasannya agar dipahami kaum muslimin yang sering membaca surat ini.
  • Surat Az-Zumar Ayat...
    Hikmah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 10:24 WIB
    Surat Az-Zumar ayat 67 bisa dijadikan wasilah atau doa agar terhindar dari musibah tenggelam ketika bepergian menaiki kapal. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Az-Zumar ayat 67
  • Perintah Tegas Menjaga...
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Dalam Al Quran surat Al Muminun ayat 8, Allah Subhanahu wa taala memerintahkan tentang menjaga amanah. Segala amanah harus dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya.