Topik Terkait: Takdir Buruk

  • Pesan Imam Ibnul Qayyim Ketika Ditimpa Takdir yang Buruk
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 15:27 WIB
    Takdir manusia sudah ditentukan Allah Subhanahu wa taala, baik takdir yang baik maupun takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Pengertian Takdir Mubram dan Contohnya, Bisakah Diubah?
    Santri
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 13:57 WIB
    Pengertian takdir mubram secara bahasa adalah sesuatu yang tidak dapat dielakkan atau sudah pasti. Jadi, takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku.
  • Ketika Takdir Menjadi Komoditas Politik Muawiyah
    Tausyiah
    Senin, 25 Juli 2022 - 18:45 WIB
    Tatkala Muawiyah bin Abi Sufyan menggantikan Ali ibn Abi Thalib sebagai khalifah, ia menulis surat kepada salah seorang sahabat Nabi, menanyakan, Apakah doa yang dibaca Nabi setiap selesai sholat?
  • 4 Macam  Penulisan Takdir Manusia yang Penting Diketahui
    Hikmah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 13:58 WIB
    Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui manusia sebagaimana diterangkan dalam ringkasan Hadis Arbain An-Nawawi yang disyarah oleh Syekh Sholeh Alu Sayikh dan disusun Ustaz Abu Isa Abdulloh bin Salam
  • 6 Pandangan Menyikapi Takdir Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 09:31 WIB
    Takdir manusia di dunia sudah ditetapkan Allah Subhanahu wa taala, bahkan jauh sebelum ia dilahirkan ke dunia. Ada takdir yang baik, begitu juga ada takdir yang buruk.
  • Takdir, Becermin dari Tujuan Politis Penguasa Dinasti Umayah
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 13:07 WIB
    Yang jelas, menurut Prof Quraish, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • Doa Memohon Takdir yang Baik Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 18:30 WIB
    Sebagai muslim, kita selalu berharap mendapatkan takdir yang baik serta mendapatkan pertolongan dari Allah taala. Dan, takdir seseorang dapat diubah menjadi lebih baik, bila kita selalu menyelipkan doa-doa yang tulus dan terus berikhtiar.
  • Ini Mengapa Nabi dan  Sahabat Utama Tidak Pernah  Mempersoalkan Takdir
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan yang jelas, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • Nasib Manusia Sudah Ditetapkan, Ada 4 Macam Penulisan Takdir
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 14:52 WIB
    Nasib manusia sudah ditetapkan oleh Allah sebagai Zat pencipta alam semesta. Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui dan diimani oleh seorang muslim.
  • Doa agar Terhindar dari Nasib Buruk dan Doa Dinasibkan yang Baik
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 16:28 WIB
    Doa agar terhindar dari nasib buruk serta doa agar selalu dinasibkan yang baik, penting diketahui diamalkan kaum muslim. Bagaimana bacaan dan lafaz doanya?
  • Ketika Hidup Mengalami Takdir Buruk, Begini 6 Pandangan Imam Ibnul Qayyim
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 20:47 WIB
    Allah taala telah menetapkan takdir manusia di dunia, ada takdir yang baik dan takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Siapakah Seburuk-buruk Manusia? Ini Pesan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:30 WIB
    Dalam banyak riwayat Hadis, Rasulullah SAW menyampaikan kriteria manusia paling buruk di sisi Allah. Siapa sajakah seburuk-buruk hamba yang dimaksud Rasulullah SAW?
  • Pendapat Ibnu Qayyim tentang Penetapan Takdir Sebelum Bumi Diciptakan
    Tausyiah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 16:04 WIB
    Salah satu prinsip dasar keimanan dari agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah beriman kepada al-qadar atau mempercayai takdir Allah Subhanahu wa Taala.
  • Takdir Manusia di Lauhul Mahfuzh dan Doa Umar Bin Khattab
    Hikmah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 20:37 WIB
    Semua kejadian di alam ini termasuk takdir manusia telah ditetapkan dan tertulis di Lauhul Mahfuzh. Setiap hari Allah memeriksanya sebanyak 360 kali pemeriksaan.
  • Adanya Takdir Tidak Menghalangi Manusia untuk Berusaha
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Manusia berada di bawah hukum-hukum Allah sehingga segala yang kita lakukan pun tidak terlepas dari hukum-hukum yang telah mempunyai kadar dan ukuran tertentu.
  • Ternyata, Sosok Inilah yang Lebih Buruk dari Iblis dan Firaun
    Muslimah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 18:35 WIB
    Ada hikmah yang sangat besar dari kisah ini, yakni pentingnya memaafkan orang lain. Barang siapa .yang mampu memaafkan kesalahan orang lain akan dihadiahi ampunan Allah atas dosa-dosanya di dunia.
  • Makna Ucapan Umar bin Khattab, Lari dari Takdir Tuhan kepada Takdir-Nya yang Lain
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam raya ini, dan sisi kejadiannya, dalam kadar atau ukuran tertentu, pada tempat dan waktu tertentu, disebut takdir.
  • Sikap Muslim Menghadapi Takdir Buruk Menurut Imam Ibnu Qayyim
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:40 WIB
    Segala takdir bagi seorang muslim hendaknya dipercaya hanya dari Allah semata. Baik takdir baik maupun takdir yang buruk. Lantass bagaimana menyikapi takdir ini, terutama bila terjadi takdir yg buruk?
  • Khasiat Surah An-Nur, Bisa Menangkal Mimpi Buruk
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 16:15 WIB
    Barangsiapa meletakkannya di tempat tidurnya maka dia tidak akan bermimpi buruk. Tulis di bejana tembaga lalu diminumkan pada hewan yang sakit dan dipercikkan airnya padanya maka hewan itu akan sembuh.
  • Berniat Buruk Apakah Termasuk Dosa? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 20:31 WIB
    Di antara kasih sayang Allah terhadap manusia adalah amal kebaikan bisa menghapus keburukan, sedangkan keburukan tidak akan menghapus kebaikan.