Topik Terkait: Universitas Alazhar Indonesia (halaman 2)

  • Mungkinkah Indonesia Bernasib seperti Palestina? Ini Jawaban Hajriyanto
    Dunia Islam
    Senin, 31 Mei 2021 - 10:17 WIB
    Secara historis, sesungguhnya Israel tidak punya wilayah. Tapi kemudian, merekamasyarakat urbanyang datang ke sana pada akhirnya mencaplok hampir seluruh wilayah Palestina.
  • Indonesia Serpihan Surga yang Terjaga, Berikut Kata Para Ulama
    Dunia Islam
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 19:47 WIB
    Banyak ulama menyebut Indonesia adalah serpihan Surga yang terjaga di dunia. Bukan hanya karena muslimnya yang dikenal moderat, tapi negeri ini juga bertabur keindahan.
  • Ustaz Budi Ashari: Indonesia Pernah Besar dengan Ilmu dan Islam
    Hikmah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 15:25 WIB
    Mari kenali sejarah, kita tengok ke belakang bagaimana negeri ini dulu pernah besar dengan ilmu dan Islam. Kejayaan ini dicapai berkat jihadnya para Ulama.
  • Fatima al-Fihri,  Penggagas Pertama Terbentuknya Universitas
    Muslimah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 14:12 WIB
    Penggagas Universitas pertama di dunia adalah seorang perempuan Muslim, yakni Fatima al-Fihri. Tidak hanya sekedar pendiri, ide mengenai universitas ini dan penentuan lokasinya pun semuanya berasal darinya.
  • Habib Umar: Indonesia Negeri yang Paling Dijaga Allah
    Tausyiah
    Selasa, 17 Agustus 2021 - 08:05 WIB
    Hidup damai dalam keamanan adalah impian semua orang. Bagi Anda yang hidup di negeri seperti Indonesia sudah sepatutnya bersyukur. Berikut pesan Habib Umar tentang Indonesia.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Menag: Tujuh Jemaah Haji Indonesia Wafat di Arafah
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Juni 2023 - 03:00 WIB
    Tujuh jemaah haji Indonesia meninggal dunia saat puncak ibadah haji di Arafah. Para jemaah haji tersebut meninggal saat menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).
  • Teori Gujarat Tentang Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia
    Dunia Islam
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 09:20 WIB
    Teori Gujarat merupakan salah satu teori yang menjelaskan tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Teori ini menyebut, awal penyebaran agama Islam di Indonesia melalui para pedagang dari India muslim (Gujarat).
  • Asal Usul Marga Baswedan, Marga Keluarga Arab-Indonesia
    Dunia Islam
    Senin, 07 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Asal usul marga Baswedan adalah keluarga Arab-Indonesia yang berasal dari Hadhramaut Yaman. Sebutan Baswedan sebagai nama suku diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia oleh Umar bin Baswedan.
  • 10 Ragam Tradisi Menyambut Kedatangan Ramadan di Indonesia
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Setidaknya ada 10 tradisi di berbagai daerah. Tradisi ini berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya.
  • Pengurus MUI Sebut Indonesia Alami Pasar Bebas Ustaz
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Juni 2021 - 17:15 WIB
    Pengurus MUI Pusat Bidang Penanganan Terorisme, M Najih Arromadloni menyebut pemerintah Indonesia seringkali dilabeli anti Islam dan mengkriminalisasi ulama.
  • 62 Ton Obat-obatan Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia di Madinah
    Dunia Islam
    Senin, 13 Mei 2024 - 06:29 WIB
    Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah menyiapkan 62 ton obat-obatan untuk jemaah haji Indonesia di Madinah yang semuanya didatangkan dari tanah air.
  • Sambut Ramadhan 2023, Dewan Masjid Indonesia Serukan 5 Hal
    Dunia Islam
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 06:45 WIB
    Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran kepada pengurus masjid dan musholla dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan Tahun 2023.
  • Inisiatif Rute Makkah: Arab Saudi Beri Kemudahan Pelayanan Haji Indonesia
    Dunia Islam
    Senin, 12 Juni 2023 - 09:50 WIB
    Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi terus menawarkan layanannya kepada Indonesia dalam skema The Makkah Route initiative atau Inisiatif Rute Makkah yang diluncurkan 2019 lalu.
  • Gus Baha: Orang Indonesia Haji Terbaik di Dunia, Setan Pun Dibuat Jengkel
    Tausyiah
    Senin, 04 Juli 2022 - 01:01 WIB
    Gus Baha menceritakan keunikan jamaah Haji Indonesia dalam satu kajiannya. Jamaah haji Indonesia paling terbaik di dunia sampai setan pun dibuat jengkel.
  • Niat Puasa Tasua Teks Arab dan Terjemah Bahasa Indonesia
    Tips
    Selasa, 14 Mei 2024 - 06:04 WIB
    Berikut ini niat Puasa Tasua teks Arab dan terjemah Bahasa Indonesia. Bacaan niat puasa Tasua atau puasa sunah pada hari ke-9 Muharam penting diketahui umat muslim.
  • 5 Tradisi Unik Saat Bulan Ramadan di Indonesia
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2015 - 10:39 WIB
    Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan budaya dan tradisi. Bahkan banyak tradisi menarik yang dimiliki Indonesia, seperti tradisi saat bulan Ramadan.
  • 3 Marga Arab yang Bukan Keturunan Nabi Muhammad di Indonesia
    Dunia Islam
    Senin, 15 Agustus 2022 - 07:15 WIB
    Marga Arab yang bukan keturunan Nabi Muhammad di Indonesia menarik untuk diulas. Tidak semua marga Arab merupakan keturunan Nabi yang biasa dipanggil Habib.
  • Terbanyak di Dunia, Umat Islam Indonesia Antara Kuantitas dan Kualitas
    Dunia Islam
    Kamis, 17 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Umat Islam Indonesia boleh berbangga karena pernah mencatat sejarah sebagai jamaah Haji terbanyak pada Tahun 2019 yaitu 221 ribu ditambah kuota 10 ribu jamaah.
  • Khotbah Arafah Disiarkan dan Diterjemahkan dalam 10 Bahasa, Termasuk Indonesia
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 22:48 WIB
    Berdasarkan arahan Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaizizal Saud, Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi (GPH) akan menerjemahkan khotbah Arafah dalam 10 bahasa.
  • Sahabat Nabi Ini Menjadi Orang Pertama yang Melakukan Wakaf
    Dunia Islam
    Minggu, 10 April 2022 - 01:50 WIB
    Wakaf selama ini sering kali dipahami sempit sebagai menyerahkan tanah untuk dijadikan masjid, makam, dan madrasah atau sekolah.