Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 352)

  • Biasakan Membaca Alhamdulillah,...
    Tips
    Selasa, 25 Januari 2022 - 17:30 WIB
    Ucapan Alhamdulillah merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kita terhadap segala nikmat, rezeki serta berbagai anugerah yang telah Allah subhanahu wa taala berikan kepada kita.
  • 7 Penawar Penyakit Hati...
    Muslimah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 07:30 WIB
    Sebagian besar penyakit hati, seringkali teridap oleh mayoritas kaum wanita. Mereka sering disibukkan dengan hal-hal duniawi dan perkara lainnya yang membuatnya terfitnah
  • Inilah Kondisi-kondisi...
    Muslimah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 15:02 WIB
    Sesungguhnya Islam melarang wanita muslimah keluar rumah dengan menggunakan minyak wangi, namun ada kondisi-kondisi tertentu yang membolehkan mereka menggunakan parfum. Kondisi apa itu?
  • Ditanya Baginda, Abu...
    Hikmah
    Kamis, 27 Januari 2022 - 08:51 WIB
    Keakraban Baginda dengan Abu Nawas membuat iri para menteri dan pegawai istana lainnya. Mereka memandang Abu Nawas tak patut berakrab-akrab dengan raja.
  • Amalkan Ini di Hari...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Di antara amalan yang dapat melebur dosa-dosa adalah bersegera ke Masjid menunaikan sholat Jumat dengan berjalan kaki. Berikut fadhilahnya disampaikan Nabi.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Baginda Minta Mahkota...
    Hikmah
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 10:04 WIB
    Baginda menghendaki mahkota dari surga, usai mendengarkan kuliah yang disampaikan seorang ulama. Tugas itu dibebankan kepada Abu Nawas. Si cerdik ini pun menyanggupi.
  • Kepribadian Wanita yang...
    Muslimah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Tipe dan kepribadian wanita sangat beragam, ibarat pakaian, banyak jenis dan coraknya. Begitupun kepribadian wanita, ada banyak jenis dan tipenya.
  • Surat Yasin Ayat 60-61:...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 14:22 WIB
    Allah SWT memperingatkan untuk tidak mengikuti setan karena setan adalah musuh yang nyata sejak awal penciptaan manusia yaitu ketika Adam dan Hawa tertipu oleh bujuk rayu setan.
  • Surat Yasin Ayat 62:...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:17 WIB
    Surat Yasin ayat 62 berisi peringatan bahwa setan adalah musuh yang nyata. Hendaknya umat manusia menggunakan akal pikirannya agar tidak tergoda tipu daya setan.
  • Isyarat Alam Jelang...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 14:11 WIB
    Alam sudah memberi tanda bahwa bumi sudah sangat uzur. Apa yang disabdakan Nabi Muhammad SAW tentang tanda-tanda datangnya hari kiamat terkait fenomena alam semakin nyata saja.
  • Santri Perlu Membangun...
    Dunia Islam
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 13:11 WIB
    Setidaknya ada tiga cara berdakwah yang dapat menyatukan umat, serta menghapuskan narasi pemecah belah kebhinekaan yang mengatasnamakan dakwah.
  • Ini yang Dilakukan Umar...
    Hikmah
    Senin, 24 Januari 2022 - 16:12 WIB
    Para ulama berbeda pendapat tentang berapa lama suami wajib menyetubuhi istrinya. Kisah Umar bin Khattab dijadikan dasar bahwa setidaknya enam bulan sekali.
  • Baginda Meminta Abu...
    Hikmah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 08:39 WIB
    Suatu kali Baginda memberi hadiah seekor keledai kepada Abu Nawas. Sudah barang tentu, Abu Nawas senang. Namun kesenangan itu sirna, Baginda minta Abu Nawas mengajari keledai itu membaca.
  • Bolehkah Sholat Tahiyatul...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 18:07 WIB
    Para ulama mengatakan paling afdhal mengerjakan sholat Tahiyatul Masjid adalah sebelum duduk. Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur duduk? Apakah boleh melaksanakan sholat Tahiyatul Masjid?
  • Surat Yasin ayat 63-65:...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Januari 2022 - 12:21 WIB
    Surat Yasin ayat 63-65 berisi tentang proses para pendosa sebelum masuk ke dalam neraka. Termasuk bagaimana ketika seluruh tubuh bersaksi di hadapan Allah SWT.
  • 18 Amalan Sunnah Penyempurna...
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 15:41 WIB
    Amalan sunah dalam wudhu adalah amalan yang apabila seseorang melakukannya maka akan mendapatkan pahala lebih dari sekadar melakukan fardhu-fardhu wudhu saja.
  • Bolehkah Pasangan Suami...
    Muslimah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 13:24 WIB
    Bolehkah pasangan suami istri memamerkan kemesraan di area publik atau di media sosial dengan mengupload foto-foto atau video kemesraan tersebut?
  • Hati-hati dengan Pandangan...
    Muslimah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:39 WIB
    Pandangan mata yang khianat, apa maksudnya? Benarkah ia sama dengan zina mata atau zina hati? Bagaimana hukumnya dalam pandangan Islam?
  • 3 Nasihat Berharga Habib...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:47 WIB
    Nasihat Habib Alwi bin Syekh bin Syeikh Abu Bakar ini patut kita jadikan pelajaran berharga bahwa segala kebaikan sekecil apapun tidak boleh kita remehkan.
  • Bolehkah Menjatuhkan...
    Tips
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 16:53 WIB
    Islam telah mengajarkan bahwasannya talak atau cerai tidak bisa dilakukan sembarangan atau kapan saja, suka-suka orang yang melakukannya.