Topik Terkait: Waktu Terbaik Bayar Zakat Fitrah (halaman 3)

  • Zakat Fitrah dan Syarat-syarat Penerimanya
    Muslimah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 14:33 WIB
    Tak terasa, sebentar lagi Ramadhan akan segara berakhir. Bagi setiap muslim, setelah melaksanakan puasa, ada lagi kewajiban yang harus ditunaikan dalam bulan Ramadhan ini, yakni membayar zakat fitrah.
  • Kapan Batas Waktu Meng-qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 14:56 WIB
    Bagi sebagian kalangan muslimah menyambut bulan suci ini kadang-kadang mengalami kebingungan, terutama terkait waktu untuk meng-qadha puasa. Adakah batas waktu untuk meng-qadha puasa Ramadhan sebelumnya?
  • Ini Pesan Khusus  Ali bin Abu Thalib  Kepada Petugas Pemungut Pajak dan Zakat
    Hikmah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 18:40 WIB
    Jika orang itu memberi izin kepada kalian untuk memeriksanya, janganlah kalian masuk dengan lagak seperti orang yang berkuasa. Jangan berlaku kasar, jangan menakut-nakuti.
  • Perhatikan Waktu
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 05:43 WIB
    Waktu adalah sesuatu yang terpenting untuk diperhatikan. Jika ia berlalu tak akan mungkin kembali. Setiap hari dari waktu kita berlalu, berarti ajal semakin dekat. Umur merupakan nikmat yang seseorang akan ditanya tentangnya.
  • Zakat Yang Penuh Dengan Keberkahan
    Tausyiah
    Selasa, 27 April 2021 - 11:35 WIB
    Berbicara mengenai persoalan zakat, Allah SWT memerintahkan untuk mengeluarkan zakat bagi hambanya di dalam Alquran, dirikan sholat dan tunaikan zakat.
  • Zakat untuk Sucikan dan Melipat gandakan Harta
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 09:45 WIB
    Bulan puasa seperti yang sedang kita jalani saat ini biasanya dikaitkan dengan zakat, terutama zakat fitrah. Tapi, juga banyak umat Islam yang menunaikan zakat mal pada bulan puasa.
  • Cara Pengeluaran Zakat Penghasilan Menurut Ulama Salaf
    Tips
    Senin, 13 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Bila seseorang sudah mengeluarkan zakat gaji pada waktu menerimanya, maka tidak wajib zakat lagi pada waktu masa tempo tahunnya sampai, sehingga tidak terjadi kewajiban mengeluarkan zakat dua kali.
  • Zakat Fitrah Menurut Mazhab Syafii Tidak Dianjurkan Pakai Uang
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 23:53 WIB
    Dalam menunaikan zakat fitrah hendaknya umat muslim mengetahui hal-hal berikut. Bagi Mazhab Syafii, zakat fitrah tidak dianjurkan dengan uang.
  • Dahsyatnya Keutamaan Waktu Sahur dan Subuh, Begini Penjelasan
    Tips
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 04:02 WIB
    Dahsyatnya keutamaan waktu sahur dan subuh banyak dijelaskan dari berbagai hadis. Dua waktu tersebut, dalam Islam disebutkan sebagai waktu yang penuh limpahan keberkahan. Kenapa demikian?
  • Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 04:01 WIB
    Zakat merupakan amalan penting bagi umat muslim. Dalam Islam dikenal dua jenis zakat. Pertama adalah zakat fitrah, kedua adalah zakat harta atau zakat mal.
  • Inilah Waktu-waktu yang Disunnahkan untuk Berwudhu
    Muslimah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 06:03 WIB
    Berwudhu selalu diidentikkan ketika kita hendak melaksanakan ibadah seperti salat. Ternyata, ada pula waktu-waktu tertentu yang disunnahkan untuk berwudhu. Kapan dan pada saat apa saja kita disunnahkan berwudhu ini?
  • Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 23:39 WIB
    Zakat merupakan rukun Islam yang keempat. Artinya, zakat merupakan salah satu hal yang penting dalam Islam. Berikut kriteria harta yang wajib dizakati.
  • Bolehkah Harta Zakat Didistribusikan untuk Korban Terdampak Corona?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Distribusi zakat untuk mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapat kajian ulama dan pemerintah. Apakah harta zakat boleh didistribusikan kepada korban terdampak wabah Corona ini?
  • Mereka yang Berhak Menerima Zakat, Apakah Harus Dibagi Rata kepada 8 Golongan?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:17 WIB
    Para ulama berselisih pendapat berkenaan dengan delapan golongan yang berhak menerima zakat, apakah wajib menyerahkan harta zakat kepada setiap golongan atau boleh diserahkan kepada sebagian golongan saja.
  • Inilah Waktu Terbaik Bersedekah yang Memiliki Pahala Terbesar
    Tips
    Minggu, 24 Juli 2022 - 09:16 WIB
    Sedekah merupakan salah satu amalan terbaik bagi setiap muslim dan memiliki keutamaan dan pahala yang besar. Untuk amalan ini, ada beragam waktu istimewa ketika seseorang hendak bersedekah.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Isi Waktu Luang Puasa dengan Cara Terbaik Ini
    Tips
    Rabu, 14 April 2021 - 07:30 WIB
    Saat berpuasa kita jangan hanya fokus menahan lapar dan haus serta syahwat semata. Namun, manfaatkan waktu berpuasa ini dengan sebaik-baiknya kegiatan
  • 3 Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi, Raih Fadhilahnya yang Luar Biasa
    Tips
    Rabu, 29 Desember 2021 - 16:44 WIB
    Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang paling sering dilantunkan. Tak sedikit pula yang akhirnya menjadikan ayat kursi sebagai ayat favorit. Ayat kursi, tidak lain adalah Surat Al-Baqarah ayat 255 ini keutamaannya luar biasa
  • Zakat Pahala kepada Fakir dan Miskin Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 15:24 WIB
    Zakat pahala untuk orang-orang yang fakir dan miskin pahala karena kurangnya ilmu pengetahuan tentang agama sehingga amal ibadahnya sedikit bahkan ditolak oleh Allah SWT.
  • Zakat Harus Bermanfaat untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 07:45 WIB
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan zakat merupakan kewajiban setiap muslim untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan para penerima atau mustahik.