Kumpulan Artikel: Menggabungkan Niat Puasa

  • Hukum Menggabungkan Niat Puasa Syawal dan Senin Kamis
    Tausyiah
    Minggu, 14 April 2024 - 20:15 WIB
    Bagaimana hukumnya bila menggabungkan puasa sunnah Syawal dan puasa Senin-Kamis? Hal ini penting diketahui, mengingat pelaksanaan puasa sunnah tersebut berada di bulan Syawal.
  • Bacaan Niat Menggabung Puasa Qadha Ramadan dan Puasa Sunnah Rajab
    Tausyiah
    Minggu, 14 Januari 2024 - 11:30 WIB
    Waktu untuk membayar puasa Ramadan juga tinggal sedikit lagi. Bolehkah menggabungkannya pelaksanaan puasa sunnah Rajab dengan qadha puasa Ramadan?
  • Bolehkah Mengqadha Puasa Ramadan dengan Puasa Senin Kamis?
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 10:41 WIB
    Bolehkah berniat mengqadha (ganti) puasa Ramadan dengan puasa sunnah Senin-Kamis? Bagaimana hukumnya? Menurut para ulama, mengqadha (mengganti) puasa Ramadan dapat digabung dengan puasa sunnah.
  • Bolehkah Menggabungkan Niat Puasa Sunah?
    Tausyiah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 20:10 WIB
    Bolehkah menggabungkan niat puasa sunnah? Dan bagaimana hukumnya? Misalnya niat puasa sunnah Tasua (9 Muharram) yang bertepatan dengan hari Kamis, apakah pahala puasa Senin-Kamis otomatis kita dapatkan?
  • Menggabungkan Niat Puasa Rajab dengan Qadha Ramadhan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 08:49 WIB
    Bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan? Terutama bagi kalangan muslimah yang masih memiliki utang puasa karena haid dan belum menggantinya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Syawal dan Puasa Sunnah Senin-Kamis Sekaligus?
    Muslimah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Bolehkah menggabungkan niat dua puasa sunnah? seperti puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal dengan puasa sunnah Senin-Kamis? Bagaimana hukumnya?
  • Bolehkah Menggabungkan Niat Puasa dengan Diet? Begini Hukumnya
    Muslimah
    Selasa, 12 April 2022 - 11:53 WIB
    Banyak di kalangan muslimah, ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan terselip niat puasa sambil berdiet, karena menilai puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Bolehkah dilakukan dan bagaimana hukumnya?
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dengan Qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB
    Mulai besok (3/2), umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa sunnah Rajab. Namun, bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan?
  • Menggabungkan Puasa Syawal dan Senin Kamis, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Kamis, 27 Mei 2021 - 17:30 WIB
    Melaksanakan puasa sunah 6 hari di bulan Syawal dan puasa sunah Senin dan Kamis secara bersamaan boleh atau tidak? Bagaimana hukumnya menggabungkan niat dua ibadah ini?