Topik Terkait: Keutamaan Umat Nabi Muhammad

  • Diselamatkan dari Neraka Berkat Memuliakan Nama Nabi Muhammad
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 13:21 WIB
    Tak terhitung banyaknya riwayat-riwayat yang ditulis para Ulama terkait kemuliaan nama Nabi Muhammad atau keberkahan orang yang memiliki nama sama dengan nama Muhammad.
  • Heboh Komika Lecehkan Nabi, Ini Keutamaan Orang yang Memiliki Nama Muhammad
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 20:54 WIB
    Andai Komika itu mengetahui kemuliaan Nabi Muhammad SAW, tentu ia tidak bakal berani melecehkan apalagi menyebarkan ujaran kebencian terhadap Nabi dalam materi stand up-nya.
  • Inilah Hikmah Umur Pendek Umat Nabi Muhammad
    Tips
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 15:50 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menakdirkan bahwa umur atau usia umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, tidak sepanjang umur umat terdahulu
  • Keutamaan Maulid Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui Orang
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 09:10 WIB
    Rabiul Awal adalah bulan yang di dalamnya terdapat peristiwa agung. Allah Taala memilih Rabiul Awal sebagai bulan dilahirkannya manusia mulia Al-Musthafa Sayyidina Muhammad.
  • Mengapa Usia Umat Nabi Muhammad SAW Relatif Pendek?
    Hikmah
    Minggu, 09 April 2023 - 09:04 WIB
    Orang terdahulu boleh berusia ratusan tahun. Namun nikmat yang dikonsumsi umat terdahulu tetap terbilang sedikit. Pasalnya, yang namanya dunia, halalnya menuntut hisab.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Hikmah di Balik Pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:39 WIB
    Kisah pertemuan Nabi Musa alaihissalam dengan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj menyimpan hikmah dan pelajaran berharga. Simak kisahnya berikut ini.
  • Inilah Nasab Nabi Muhammad yang Tersambung Hingga ke Nabi Adam
    Hikmah
    Senin, 18 November 2019 - 05:15 WIB
    Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) adalah memiliki garis keturunan mulia yang nasabnya tersambung hingga kepada manusia pertama Nabi Adam alaihissalam (AS).
  • Seluruh Umat Nabi Muhammad Masuk Surga Kecuali Kelompok Ini
    Tausiyah
    Kamis, 05 Desember 2019 - 15:15 WIB
    Pendiri Pondok Pesantren As-Shidqu Kuningan, Al-Habib Quraisy Baharun mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW menjamin semua umatnya masuk surga kecuali kelompok ini.
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Menyempatkan Bersiwak Jelang Wafat Beliau
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 23:31 WIB
    Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu anha menceritakan kecintaan Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam kepada siwak dan ketergantungan beliau dengannya.
  • 5 Keutamaan Menghidupkan Sunnah Nabi, Nomor 1 Paling Disukai
    Tausyiah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 15:51 WIB
    Kadar kedekatan seseorang dengan Nabi Muhammad SAW itu sesuai dengan kadar orang tersebut dalam mengamalkan Sunnah. Berikut 5 keutamaan menghidupkan Sunnah Nabi.
  • Biografi Nabi Muhammad, Manusia Teragung Sepanjang Masa
    Hikmah
    Minggu, 10 Juni 2018 - 16:27 WIB
    Muhammad bin Abdullah adalah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus Allah Swt. Beliau lahir di Mekkah sekitar 570 Masehi atau pada tahun Gajah dan wafat di Madinah 632 Masehi pada usia 63 tahun.
  • Keutamaan Shalawat, Utang Lunas dan Dikenali Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Jum'at, 13 November 2020 - 21:47 WIB
    Shalawat adalah zikir terbaik yang menyebabkan turunnya rahmat Allah Taala. Tak hanya melunaskan utang, berkat shalawat kita dapat dikenali baginda Nabi Muhammad.
  • 5 Tokoh Dunia Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Berikut tokoh dunia yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Di antara mereka ada yang menjadi raja di negaranya, ada juga kalangan ulama yang sangat dihormati.
  • 5 Pondok Pesantren Milik Ulama Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:56 WIB
    Berikut ini 5 pondok pesantren milik ulama keturunan Nabi Muhammad SAW yang ada di Indonesia. Satu di antaranya pendiri pondok pesantren tertua di Indonesia.
  • Kenapa Nabi Muhammad Jadi Contoh? Ternyata Ini Alasannya
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 20:36 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam merupakan sosok terpilih yang menjadi teladan dan rahmat bagi semesta. Kenapa beliau menjadi contoh? Berikut alasannya.
  • Nama Anak-anak Kandung Nabi Muhammad SAW yang Perlu Diketahui Setiap Muslim
    Muslimah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 16:23 WIB
    Nama anak-anak kandung Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, tidak semuanya populer seperti Fatimah Al Zahra. Padahal Baginda Rasul memiliki 7 anak, 3 anak laki-laki dan 4 anak perempuan
  • Kisah Para Rabi Mengajak Nabi Muhammad SAW Memeluk Agama Yahudi
    Hikmah
    Rabu, 27 Juli 2022 - 15:44 WIB
    Rasulullah kerap mengajak kelompok Yahudi untuk masuk Islam. Beliau mengingatkan akan azab dan siksa Allah. Para rabi justru membalas mengajak Nabi Muhammad masuk Yahudi.
  • Apakah Nabi Muhammad SAW Pernah Membunuh? Simak Ulasan Berikut
    Hikmah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 16:50 WIB
    Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam adalah sosok yang memiliki sifat mashum atau terpelihara dari dosa dan kesalahan. Apakah beliau pernah membunuh manusia?
  • Mereka Mati Mengenaskan Setelah Menghina Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 12:43 WIB
    Berikut adalah tiga kisah tentang penghina Nabi Muhammad SAW yang mati secara mengenaskan. Allah SWT membunuhnya, kemudian Dia menjadikannya sebagai ayat dan ibrah (pelajaran).
  • Bersyukurlah! Ini 10 Keistimewaan Umat Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 23 April 2021 - 10:00 WIB
    Nikmat terbesar yang patut kita syukuri adalah ketika dipilih menjadi umat Nabi Muhammad. Berkat Beliau Nabi paling mulia, kita pun menjadi umat paling mulia di antara ummat-ummat lain.