Topik Terkait: Sedekah Dengan Hajat Tertentu

  • Bolehkah Bersedekah dengan Mempunyai Hajat Tertentu?
    Muslimah
    Sabtu, 05 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Banyak sekali keutamaan-keutamaan yang yang diberikan Allah kepada orang-orang yang mau bersedekah. Namun bolehkah kita bersedekah karena mempunyai hajat tertentu?
  • Ada Keutamaan Menyembunyikan Sedekah
    Muslimah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 07:32 WIB
    Imam Al Ghazali dalam karyanya Ihya Ulumuddin menjelaskan keutamaan merahasiakan atau menyembunyikan sedekah. Kenapa dan apa alasannya sedekah harus disembunyikan?
  • Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh, Langsung Didoakan Malaikat
    Tips
    Sabtu, 18 Februari 2023 - 19:29 WIB
    Banyak ulama menganjurkan umat muslim selalu bersedekah, salah satunya rutin mengamalkan sedekah di waktu subuh. Mengapa di waktu subuh? Adakah keistimewaannya? Dan bagaimana Dalilnya?
  • Bolehkah Niat Bersedekah karena Memiliki Hajat Tertentu?
    Tips
    Senin, 03 Januari 2022 - 14:48 WIB
    Sedekah merupakan salah satu amal shaleh yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa taala, dan banyak sekali keutamaan-keutamaan yang yang diberikan Allah kepada orang-orang yang mau bersedekah.
  • Sedekah Air? Inilah Keutamaannya
    Muslimah
    Senin, 19 April 2021 - 08:08 WIB
    Bersedekah boleh dengan apa saja, namun ada sedekah yang lebih utama yakni sedekah air. Kenapa demikian? Karena air bermanfaat dalam kehidupan keagamaan maupun keduniaan.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Hajat Lengkap dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 18:10 WIB
    Doa dan zikir setelah salat hajat ini bisa diamalkan dengan mudah oleh setiap muslim. Salat hajat sendiri merupakan salat sunahyang dikerjakan untuk meminta kepada Allah SWT supaya yang menjadi hajat kita cepat dikabulkan oleh Allah
  • Jenis-jenis Sedekah yang Mendatangkan Pahala Besar
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 14:27 WIB
    Sedekah adalah membelanjakan harta dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Berikut jenis-jenis sedekah yang hukumnya sunnah namun mendatangkan pahala besar.
  • Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Zikirnya
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 21:27 WIB
    Salat Hajat adalah salat sunnah yang dikerjakan agar hajat (keinginan/kebutuhan) dikabulkan Allah Taala. Hajat yang dimaksud di sini adalah hajat yang dibenarkan oleh syariat.
  • Cara Berbagi Sedekah dengan Mudah
    Tips
    Rabu, 21 April 2021 - 14:34 WIB
    Bersedekah di bulan Ramadhan dijanjikan Allah Subhanahu wa taala dapat pahala yang berlipat-lipat. Sedekahnya bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, dan yang terpenting niat untuk sedekah itu sendiri harus tulus dan ikhlas.
  • Ini Tiga Perbedaan Zakat dan Sedekah
    Tips
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:16 WIB
    Salah satu amal baik yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah sedekah. Di samping sedekah, di bulan Ramadan umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah.
  • Memberi Nafkah kepada Istri, Sedekah yang Paling Utama
    Muslimah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 11:30 WIB
    Salah satu tanggung jawab seorang suami adalah memberi nafkah kepada istrinya. Namun, tak sekadar kewajiban saja, ternyata memberi nafkah kepada istri ini bernilai pahala cukup besar, yakni sedekah yang paling utama di sisi Allah SWT.
  • Anjuran Kaum Muslimah Memperbanyak Sedekah, Ini Dalilnya
    Muslimah
    Senin, 20 Februari 2023 - 08:20 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memberi anjuran lebih terhadap kaum muslimah untuk sedekah dalam beberapa hadis yang disampaikan para sahabat.
  • Benarkah Pahala Salat Dhuha Sama dengan Keutamaan Sedekah?
    Hikmah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 11:47 WIB
    Benarkah pahala salat Dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah? Dalam Islam, sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya.
  • Banyak Keutamaan Bersedekah, Namun Hati-hati Jika Melakukannya dengan Harta Haram
    Muslimah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Salah satu ibadah yang diperintahkan Allah Taala dan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, adalah sedekah. Ada banyak pahala dan keutamaan dari sedekah tersebut.
  • 12 Keutamaan Sedekah, Nomor Terakhir Bisa Memperpanjang Umur
    Tips
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 08:15 WIB
    Salah satu amal shaleh yang sangat dicintai Allah Subhanahu wa taala adalah sedekah. Bahkan Allah SWT menjanjikan pahala dan balasan yang tak terhingga bagi hamba-hambaNya yang rajin bersedekah ini.
  • Hukum Bersedekah Menggunakan Uang Judi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Bagaimana Hukum Sedekah Online? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 05 April 2023 - 10:19 WIB
    Saat ini hampir seluruh aktivitas kehidupan dilakukan secara online, termasuk dalam bersedekah. Bagaimana sebenarnya hukum sedekah online dalam pandangan Islam ini?
  • Doa Setelah Salat Hajat yang Diajarkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 16:45 WIB
    Ada banyak variasi di kalangan para ulama mengenai doa setelah melaksanakan salat Hajat. Salah satunya yang diajarkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani.
  • Jangan Menunda-nunda Sedekah, Begini Penjelasan Ulama
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 10:38 WIB
    Islam mengajarkan agar jangan menunda-nunda sedekah. Karena sejatinya, semua harta adalah milik Allah Subhanahu wa Taala, makanya harus segera dilaksanakan.
  • 13 Contoh Sedekah Terbaik bagi Kaum Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 12 April 2024 - 08:13 WIB
    Kebanyakan kaum wanita berstatus ibu rumah tangga dan banyak yang tidak memiliki penghasilan. Bagaimana cara mereka bila dianjurkan harus bersedekah?