Topik Terkait: Sifat Buruk Suatu Kaum

  • Penyakit Umat Rasulullah yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 12:07 WIB
    Sifat-sifat buruk suatu kaum, ternyata selalu menghinggapi umat nabi-nabi. Sifat buruk yang dimiliki suatu kaum ini, disebut dengan penyakit umat yang membawa kehancuran bagi umat nabi-nabi tersebut.
  • Pengertian Tahawwur, Sifat Tercela yang Harus Dihindari
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 23:11 WIB
    Pengertian Tahawwur, sifat tercela yang harus dihindari kaum muslim karena dampaknya yang merusak. Tahawwur termasuk penyakit hati yang sering tidak disadari manusia.
  • 6 Sifat Perempuan yang Wajib Dijauhi Menurut Imam Al Ghazali
    Muslimah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 14:59 WIB
    Islam sangat memuliakan kaum perempuan. Namun, ada sifat-sifat perempuan yang justru dapat merusak derajat dan kemuliaan perempuan itu sendiri. Sifat-sifat apakah itu?
  • Mengenal 20 Sifat Wajib Bagi Allah dan Artinya
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 19:19 WIB
    Allah Azza wa Jalla memiliki banyak sifat dan nama-nama terbaik. Ada 20 sifat wajib bagi Allah yang patut diketahui umat muslim berikut dalil dan artinya.
  • Kenikmatan-kenikmatan yang Membawa Manusia Pada Sifat Sombong
    Muslimah
    Selasa, 10 November 2020 - 14:08 WIB
    Salah satu penyakit hati adalah sombong. Sikap sombong mudah muncul dalam diri manusia. Yang menjadikan seseorang menderita penyakit hati ini, bisa oleh berbagai macam kenikmatan
  • Meneladani Sifat Pemaaf Para Kekasih Allah SWT
    Tips
    Selasa, 01 Maret 2022 - 17:19 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menyifati para nabi atau kekasih-Nya dengan sifat-sifat mulia, salah satunya adalah sifat pemaaf. Para Nabiyullah ini, bersikap lapang dada atas kesalahan dan perbuatan zalim orang lain padanya.
  • Beginilah Keberkahan Suatu Negeri dalam Tafsir Al Quran Surat Al Araf Ayat 96
    Hikmah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 11:29 WIB
    Negeri yang diberkahi tentu menjadi dambaan setiap rakyat terhadap bangsanya. Bagaimana sebenarnya keberkahan suatu negeri ini dalam pandangan Al Quran?
  • Sikap Nusyuz, Penyebab Terbanyak Kaum Wanita Menjadi Penghuni Neraka
    Muslimah
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Terkadang dalam kehidupan rumah tangga, seorang laki-laki atau suami diuji dengan kedurhakaan istri yang di dalam istilah agama disebut dengan nusyuz.
  • Ingin Jadi Orang Beruntung? Jauhi Sifat Tercela Ini
    Tausiyah
    Senin, 04 November 2019 - 05:15 WIB
    Allah Taala menciptakan langit dan bumi beserta isinya, semuanya mengandung hikmah yang agung dan tidak dalam kesia-siaan.
  • Kenikmatan Sifat Qanaah yang Perlu Diketahui Seorang Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 02 September 2022 - 14:47 WIB
    Qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Taala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik. Sebagai muslimah, tentu dianjurkan memiliki sifat qanaah ini.
  • 5 Sifat-Sifat Istri yang Mesti Dicari Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:58 WIB
    Imam al-Ghazali memberi resep tentang sifat-sifat yang mesti dicari dalam diri seorang calon istri. Dia menyebut yang pertama dan paling penting di antaranya, adalah kesucian akhlak.
  • 6 Cara Agar Terhindar dari Sifat Sombong
    Tips
    Rabu, 05 Januari 2022 - 23:05 WIB
    Sifat sombong merupakan warisan Iblis yang wajib kita jauhi. Abah Guru Sekumpul (KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari) memberi tips agar terhindar dari sifat sombong.
  • Tadabbur Al-Araf Ayat 96: Janji Allah Jika Penduduk Suatu Negeri Beriman dan Bertakwa
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 20:20 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas firman Allah dalam Surat Al-Araf Ayat 96, jika penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa, maka Allah akan melimpahkan keberkahan kepada negeri itu.
  • Pesan Imam Ibnul Qayyim Ketika Ditimpa Takdir yang Buruk
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 15:27 WIB
    Takdir manusia sudah ditentukan Allah Subhanahu wa taala, baik takdir yang baik maupun takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Istri yang Hemat, Salah Satu Sifat Karakter Surga
    Muslimah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 09:11 WIB
    Salah satu sifat seorang istri berkarakter surga adalah memiliki sifat hemat dalam hidupnya. Ia tidak pernah boros apalagi komsumtif. Selalu efisien dan sesuai skala prioritas dari penghasilan dan pendapatan suaminya.
  • 5 Sifat Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:23 WIB
    Al-Quran memandang harta sebagai sarana bagi manusia untuk mendekatkan diri kepada Khaliq-Nya, bukan tujuan utama yang dicari dalam kehidupan. Namun, ada sifat manusia yang justru menjadi celaan terhadap harta itu sendiri.
  • 6 Sifat Wanita yang Jangan Dipilih untuk Dinikahi Menurut Imam Al Ghazali
    Muslimah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 10:07 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan dalam nasihatnya bahwa ada sifat-sifat wanita yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi laki-laki yang beriman. Sifat-sifat apakah itu?
  • 4 Sifat Ini, Membawa Muslimah ke dalam Gaya Hidup Baru
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 10:16 WIB
    Ternyata ada lho sifat dan akhlak yang menjadikan seorang muslimah memiliki gaya hidup baru sesuai syariat yang keren dan bahkan akan mendapatkan ridho Allah serta surga sebagai balasannya.
  • Waspadai Sifat yang Paling Dibanggakan Iblis Ini
    Muslimah
    Rabu, 01 September 2021 - 14:29 WIB
    Salah satu sifat iblis yang dibanggakan dan banyak hinggap pada manusia adalah sifat sombong. Karena itu, umat Islam harus menjauhi sifat ini, dan harus bersikap tawadhu.
  • Ingin Menjadi Istri Berkarakter Surga? Yuk, Amalkan Sifat Ini !
    Muslimah
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 06:31 WIB
    Di antara sifat seorang istri berkarakter surga adalah memiliki sifat hemat dalam hidupnya. Ia tidak pernah boros apalagi komsumtif. Selalu efisien dan sesuai skala prioritas dari penghasilan dan pendapatan suaminya.