Kumpulan Artikel: Keutamaan Tobat

  • Tobat Hanya di Mulut Saja: Perbuatan Orang-Orang Dusta
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Dr Fadhl Ilahi mengatakan sebagian besar orang menyangka bahwa istighfar dan tobat hanyalah cukup dengan lisan semata. Sesungguhnya istigfar dan tobat yang hanya di mulut adalah perbuatan orang-orang dusta.
  • Perbedaan Istighfar dengan Tobat serta Cara Menerapkan Amalannya
    Hikmah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 15:52 WIB
    Ada perbedaan mendasar antara istighfar dengan tobat, selain dari pengertian juga perbedaan penerapan amalannya. Apa saja perbedaannya?
  • Taubat Itu Seperti Berobat, Begini Kata Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 14:29 WIB
    Selembut apapun nasihat ia tetap akan terasa menusuk bagi yang hatinya sakit. Tak ubahnya seperti jarum suntik, yang kelembutan tehniknya tidak akan menghilangkan rasa sakitnya.
  • Benarkah Pernyataan Tobat harus Diumumkan?
    Hikmah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 12:49 WIB
    Sebagai seorang hamba yang banyak memiliki dosa dan kesalahan, kita harus bertobat dan memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa taala. Namun, apakah tobat atau pernyataan tobat ini harus diumumkan atau hanya untuk diri sendiri?
  • 4 Jenis Tobat yang Tidak Diterima Allah SWT
    Tausyiah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:25 WIB
    Tobat atau bertobat adalah penyesalan atau tindakan dengan menyesali sungguh-sungguh agar mendapatkan ampunan dari Allah subhanahu wa taala. Tobat juga menjadi salah satu media terbaik untuk menyadarkan diri agar segera kembali ke jalanNya.
  • Kiat dan Tata Cara Bertobat agar Istikamah
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 10:39 WIB
    Salah satu ciri hamba yang beriman adalah selalu kembali dan bertobat kepada Allah Subhanahu wa taala dari segala dosa walaupun kesalahan tersebut terus terulang.
  • Tata Cara Salat Tobat 2 Rakaat Berikut Keutamaannya
    Tips
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Tata cara salat tobat 2 rakaat penting diketahui dan dipahami kaum muslim, karena salat sunah ini merupakan salah satu salat yang dianjurkan untuk memohon ampunan Allah atas dosa-dosa.
  • Perintah Tobat dan Istighfar dalam Penjelasan Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 10:31 WIB
    Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa. Dan menjadi keharusan seorang muslim dan muslimah untuk bertaubat atas segala kesalahan yang pernah dilakukan dan senantiasa meminta ampun kepada Allah Subhanahu Wa Taala.
  • Haji Adalah Pintu Keberkahan dari Pintu-Pintu Tobat
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 08:41 WIB
    Sesungguhnya haji adalah pintu yang memiliki keberkahan dari pintu-pintu tobat, tempat kembali kepada Allah, keluar dari dosa-dosa, dan membebaskan diri dari api neraka.
  • 4 Doa dan Zikir Setelah Salat Tobat Lengkap dengan Huruf Arab dan Artinya
    Tips
    Senin, 08 Mei 2023 - 14:06 WIB
    Doa dan zikir setelah salat tobat ini merupakan amalan yang sangat baik untuk memperoleh ampunan dan rahmat Allah Subhanahu wa taala
  • Doa dan Dzikir Setelah Salat Taubat Bersumber dari Al-Quran dan Hadis
    Tips
    Rabu, 05 April 2023 - 10:06 WIB
    Doa dan dzikir setelah salat taubat ini merupakan amalan yang sangat baik untuk memperoleh ampunan dan rahmat Allah Subhanahu wa taala
  • Hakikat dan Keutamaan Tobat Menurut Penjelasan Ulama
    Tausyiah
    Senin, 12 Desember 2022 - 13:23 WIB
    Bertobat dari segala dosa yang pernah dilakukan sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa bertobat, manusia akan menderita kerugian di akhirat selama-lamanya.
  • Kisah Perampok yang Bertobat dan Menjadi Ulama Besar
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 05:10 WIB
    Tak ada yang menyangka kalau perampok yang ditakuti pedagang ini menjadi seorang ulama besar pada Abad ke-2 Hijriyah. Kisah ini terjadi pada masa Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Taubat Nasuha: Unsur Hati dan Keinginan, Penyesalan adalah Taubat
    Tausyiah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 17:43 WIB
    Penyesalan itu cukup untuk mewujudkan taubat. Karena penyesalan itu akan mengantarkan kepada dua rukun lainnya, yaitu tekad dan meninggalkan perbuatan dosa.
  • 7 Keutamaan Bertobat dan Memperbanyak Istighfar
    Tausyiah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 08:30 WIB
    Baginda Rasulullah berpesan bahwa seluruh anak Adam berdosa. Dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertobat. Berikut keutamaan tobat dan istighfar.