Topik Terkait: Takbir Hari Raya

  • 2 Macam Takbir Hari Raya yang Perlu Diketahui
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 07:00 WIB
    Setiap muslim dianjurkan mengumandangkan takbir pada dua hari Raya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Berikut dua macam Takbir Hari Raya.
  • Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 23:02 WIB
    Menyambut Idul Fitri, Umat muslim dianjurkan mengumandangkan takbir dimulai dari sejak terbenam matahari terakhir Ramadhan sampai selesai pelaksanaan salat Ied.
  • 2 Macam Takbiran Hari Raya Iduladha dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 12:56 WIB
    Salah satu amalan pada bulan Dzulhijjah atau tepatnya menjelang pelaksanaan salat Iduladha. Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa takbir pada malam hari raya disunahkan
  • Bacaan Takbiran Idulfitri Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 16:30 WIB
    Takbir Idulfitri dianjurkan dikumandangkan oleh umat muslim pada Hari Raya Ied. Rasulullah SAW dalam menyambut hari raya menganjurkan memperbanyak membaca takbir.
  • Tajammul di Hari Raya, Inilah Adab dan Tuntunannya
    Muslimah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 10:10 WIB
    Salah satu tuntunan Islam ketika hari raya adalah tajammul, atau berpenampilan sebaik mungkin, pada tubuh maupun pakaian. Baik muslim dan muslimah, disunnahkan untuk memakai pakaian bagus dan terbaik yang dia miliki.
  • Sisihkan Rezeki, Ini Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 14:24 WIB
    Di antara umat muslim mungkin ada yang belum mengetahui keutamaan berkurban. Padahal berkurban memiliki fadhillah besar di Hari Idul-Adha. Berikut keutamaannya.
  • Ribuan Jemaah Hadiri Takbir Akbar Majelis Dzikir Perindo DKI Bersama Majelis Nurul Mustofa
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 April 2023 - 22:51 WIB
    Majelis Dzikir Perindo DKI Jakarta bersama Majelis Nurul Mustofa menggelar takbir akbar di Jalan Jati Bunder Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2023) malam.
  • Agar Tidak Lupa, Begini Hukum dan Lafal Takbir Idul Fitri
    Tips
    Senin, 02 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Takbiran sebagai bentuk rasa syukur atas segala kesehatan dan kenikmatan yang diberikan Allah hingga berjumpa kembali dengan hari raya Idul Fitri.
  • Ini Orang yang Pertama Kali Mencetuskan Hari Jumat sebagai Hari Berkumpul
    Hikmah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:03 WIB
    Sebelum disebut Jumat, hari setelah Kamis ini dinamakan Aribah yang berarti hari yang agung. Orang yang pertama kali menyebut Jumat untuk hari adalah seorang Muslim bernama Kaab bin Luay.
  • 5 Amalan Sunnah Bagi Muslimah di Hari Raya Idul Adha
    Muslimah
    Senin, 19 Juli 2021 - 17:32 WIB
    Besok, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Meski dalam kondisi pandemi, pelaksanaan sholat Ied tetap dianjurkan. Bahkan perempuan yang sedang haid pun, dianjurkan untuk menghadirinya.
  • 12 Hal Penting tentang Hari Jumat, Seorang Muslim Wajib Mengetahuinya
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 22:12 WIB
    Di antara bulan-bulan Qomariah ada 4 bulan yang sangat istimewa (disebut juga bulan haram), begitu juga dengan hari. Di antara beberapa hari mulai dari senin hingga ahad, maka ada satu hari yang paling istimewa yakni hari Jumat.
  • Bolehkah Puasa Syawal di Hari Jumat?
    Tips
    Senin, 22 April 2024 - 15:34 WIB
    Bolehkah puasa Syawal di hari Jumat? Pertanyaan ini diajukan sebab sebagaimana kita ketahui, terdapat hadis yang melarang kita mengkhususkan puasa sunah di hari Jumat.
  • Keistimewaan Hari Tasyrik, Harinya untuk Berzikir dan Menyantap Daging
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 09:03 WIB
    Pada hari Tasyrik (tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah (kalender Islam), hari tersebut seluruh jemaah haji di Tanah Suci sedang melaksanakan prosesi lempar jumrah di Mina. Sedangkan , umat Islam di negeri lainnya sibuk dengan menyembelih hewan kurban.
  • Tata Cara Haji: Amalan yang Dilakukan saat Hari Raya Kurban
    Tips
    Senin, 22 Mei 2023 - 14:05 WIB
    Beberapa amalan jemaah haji pada hari Raya Kurban adalah: 1. Melempar jumrah aqabah, 2. Menyembelih hadyu, 3. Mencukur rambut kepala, 4. Thawaf ifadhah dan sai untuk haji.
  • Mengapa Hari Jumat Sangat Diistimewakan dalam Islam?Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 18:00 WIB
    Di antara beberapa hari mulai dari senin hingga ahad, maka ada satu hari yang paling istimewa yakni hari Jumat. Kenapa hari Jumat dan apa saja keistimewaannya?
  • Menghidupkan Malam Hari Raya dengan Amalan yang Bernilai Pahala
    Muslimah
    Senin, 10 Mei 2021 - 13:35 WIB
    Setelah melaksanakan kewajiban berpuasa selama sebulan penuh, shalat taraweh dan amalan terpuji lainnya, tentu menyambut hari kemenangan menjadi hal yang sangat membahagiakan.
  • Di Hari Jumat, Jangan Lupa Panjatkan 5 Doa Istimewa Ini
    Tips
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:33 WIB
    Berdoa di hari Jumat adalah sangat istimewa, karena sangat mustajab. Keistimewaan berdoa di hari Jumat ini disampaikan dalam hadis dari Abu Hurairah
  • Adab dan Amalan Sunnah bagi Perempuan pada Hari Raya Idul Adha
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Idul Adha merupakan peristiwa penting dan hari besar Islam yang penuh berkah dan kegembiraan. Oleh karena itu, saat pelaksanaan salat Ied dianjurkan dihadiri semua kaum muslim, baik tua, muda, dewasa, anak-anak, laki-laki dan perempuan.
  • Idul Fitri Tidak Hanya Hari Kemenangan, tapi juga Menjaga Fitrah Manusia
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Mei 2021 - 12:37 WIB
    Umat Islam baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah situasi pandemi Covid-19. Melalui silaturahmi, momen Idul Fitri dinilai harus memperkuat semangat kebersamaan dan persaudaraan antarsesama.
  • Hari Raya Kurban dan Ketaatan kepada Ulil Amri
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juli 2021 - 16:52 WIB
    Sejak tanggal 10 Dzulhijjah takbir tahmid dan tahlil telah dikumandangkan oleh umat Islam di dunia, dan terus berlangsung sampai selesainya Hari Tasyrik hari ke-13 Dzulhijjah.