Topik Terkait: Sifat Iblis

  • Ulama yang Berpendapat Iblis Bukan dari Bangsa Malaikat, Ini Alasannya
    Hikmah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 16:35 WIB
    Sebagaian ulama berpendapat bahwa Iblis bukan berasal dari kalangan Malaikat, tetapi dari bangsa Jin. Berikut beberapa pendapat ulama dan alasannya dijelaskan oleh Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Rumah Tangga, Tempat Awal Iblis Merusak Masyarakat
    Muslimah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 11:41 WIB
    Setiap umat muslim, apapun profesinya dan apapun aktivitasnya, dia harus waspada terhadap perangkap iblis atau talbis iblis. Sebab, Rasulullah sendiri yang mengingatkan tentang bahaya tipuan iblis ini.
  • Mengenal 5 Nama Anak-anak Iblis dan Tugasnya yang Mengerikan bagi Manusia
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 11:22 WIB
    Iblis akan selalu menjerumuskan manusia, melalui anak-anaknya, iblis mengerahkan mereka dengan tugas-tugasnya menggoda manusia. Siapa saja nama anak-anak iblis ini?
  • 5 Sifat-Sifat Istri yang Mesti Dicari Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:58 WIB
    Imam al-Ghazali memberi resep tentang sifat-sifat yang mesti dicari dalam diri seorang calon istri. Dia menyebut yang pertama dan paling penting di antaranya, adalah kesucian akhlak.
  • Pekerjaan Iblis, Menghiasi yang Buruk Menjadi Indah
    Muslimah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 19:53 WIB
    Menghiasi sesuatu yang buruk menjadi terlihat indah, itulah pekerjaan iblis dalam menipu manusia. Dia dan bala tentaranya, akan selalu memutarbalikkan fakta, mengiming-imingi sesuatu yang ternyata palsu, sehingga manusia terpedaya.
  • Meneladani 12 Sifat Muslimah Saleha dari Istri-Istri Nabi SAW
    Muslimah
    Senin, 19 Juni 2023 - 15:01 WIB
    Impian seorang muslim yang mulia adalah meminang seorang wanita saleha yang mampu menjadi naungan dan tempat curhat selagi istirahat bagi suami dari penat dan pengorbanan hidup yang berat
  • Menjauhkan Diri dari Sifat Naminah
    Muslimah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 08:58 WIB
    Lisan adalah anggota tubuh yang tak bertulang, namun ia memiliki dampak yang sangat besar bagi manusia. Ia dapat menjadikan seseorang terhormat dan dicintai, namun juga dapat menjadikannya hina dan dibenci.
  • Muslimah, Waspadai dan Hati-Hati dengan Sifat-sifat ini!
    Muslimah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 15:44 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan dengan nasehatnya, ada sifat-sifat perempuan yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi laki-laki yang beriman
  • Kisah Iblis Galau dan Memohon Tobat Lewat Nabi Musa
    Hikmah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 17:29 WIB
    Kisah Iblis laknatullah memohon tobat pernah terjadi di zaman Nabi Musa alaihissalam (AS). Kisah ini diceritakan ulama besar kelahiran Khurasan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin.
  • Mengenal Nama-nama Anak Iblis Beserta Tugasnya
    Tausyiah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 17:46 WIB
    Iblis adalah makhluk yang ditakdirkan Allah Taala untuk menyesatkan umat manusia. Ada 9 anak-anak Ibliis yang ditugaskan untuk menggoda umat manusia.
  • Benarkah Adil Sifat Tuhan? Begini Penjelasan Imam Chirri
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:28 WIB
    Saya telah berbicara dengan beberapa orang Islam bahwa adil itu adalah salah satu darl sifat-sifat Tuhan, tapi orang-orang Islam yang lain bilang tidak benar.
  • Inilah Perbedaan Sifat Tandzir dan Israf yang Perlu Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 09:51 WIB
    Sikap tabdzir dan israf merupakan sikap tercela yang harus dihindari oleh umat muslim, begitu juga muslimah. Kedua sikap ini biasanya berkaitan dengan harta yang digunakan atau dibelanjakan.
  • Ini Sifat Orang Mukmin yang Menakjubkan, Apakah Anda Termasuk?
    Tausyiah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 21:40 WIB
    Orang Mukmin adalah mereka yang beriman dan percaya kepada Allah dan Rasul-Nya serta mentaati perintah dan larangan-Nya. Berikut sifat orang mukmin dan ciri-cirinya dalam Al-Quran.
  • Jangan Keliru, Inilah Perbedaan Jin, Setan dan Iblis
    Tausyiah
    Senin, 18 Oktober 2021 - 22:52 WIB
    Perbedaan Jin, Setan dan Iblis dapat diketahui dari sifat-sifat dan perilakunya. Al-Quran dan Hadis banyak bercerita tentang Jin, setan, Iblis dan Malaikat.
  • 3 Bahaya Besar dari Sifat Pelit, Nomor 1 Bisa Berbuat Dzalim
    Tips
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 19:20 WIB
    Sifat pelit atau kikir ternyata menimbulkan bahaya besar bagi pelakuknya. Sebagai sifat tercela yang dibenci Allah dan Rasul-Nya, sifat ini bisa mendorong pelakunya untuk selalu menumpuk harta.
  • Asal Usul Iblis dari Golongan Malaikat, Bukan Bangsa Jin
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 18:52 WIB
    Jumhur ulama mengatakan bahwa asal usul Iblis berasal dari golongan Malaikat, bukan bangsa Jin. Pendapat ini dinyatakan oleh ulama tafsir termasuk di dalamnya para sahabat Nabi.
  • Doa agar Selalu Bersikap Tawadhu dan Dijauhkan dari Sifat Sombong
    Tips
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 09:04 WIB
    Doa agar selalu bersikap tawadhu dan dijauhkan dari sifat sombong sangat dianjurkan bagi setiap muslim. Karena sikap tawadhu merupakan sikap terpuji, dan salah satu sifat ibaadur Rahman.
  • Kisah Nabi Adam dan Siti Hawwa setelah Tergoda Bujukan Iblis
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 07:13 WIB
    Allah Taala memerintahkan Adam as dan Hawwa untuk tinggal di surga dan mempersilakan mereka memakan apa saja yang disukainya dari makanan surga. Akan tetapi mereka berdua dilarang untuk mendekati sebuah pohon.
  • Inilah Sosok Makhluk yang Lebih Hina dari Iblis dan Firaun
    Hikmah
    Kamis, 24 November 2022 - 13:54 WIB
    Sebuah kisah menarik termahtub dalam kitab an-Nawadir karya Syekh Syihabuddin Ahmad bin Salamah Al Mishri Al Qalyubi asy-Syafii. Kisah ini menceritakan pertemuan iblis dan Firaun
  • Kenikmatan-kenikmatan dari Buah Sifat Qanaah
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 19:25 WIB
    Konsep hidup qanaah, yaitu selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan. Qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Taala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik.