Topik Terkait: Pengetahuan Tentang Dunia

  • Pengetahuan Tentang Dunia: Pasar yang Disinggahi Para Musafir
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Rasulullah bersabda bahwa di Hari Pengadilan, dunia ini akan tampak dalam bentuk seorang nenek sihir yang seram, dengan mata yang hijau dan gigi bertonjolan.
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali: Pengetahuan tentang Diri Kunci Pengetahuan tentang Tuhan
    Tausyiah
    Senin, 09 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Pengetahuan tentang diri adalah kunci pengetahuan tentang Tuhan, sesuai dengan Hadis: Dia yang mengetahui dirinya sendiri, akan mengetahui Tuhan,
  • Pengetahuan Tentang Tuhan (2-Habis): Enam Penyebab Kejahilan
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 11:47 WIB
    Meskipun pernyataan al-Quran ini telah jelas, masih ada juga orang-orang yang, karena kejahilannya tentang Allah, melanggar batas-batas tersebut.
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (3-Habis)
    Tausyiah
    Senin, 22 Juni 2020 - 04:40 WIB
    Suatu bagian penting dari pengetahuan kita tentang Tuhan timbul dari kajian dan renungan atas jasad kita sendiri yang menampakkan pada kita kebijaksanaan, kekuasaan, serta cinta Sang Pencipta.
  • Pengetahuan tentang Diri yang Sebenarnya Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 13:58 WIB
    Tidak ada yang lebih dekat kepada anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri, bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Menyembunyikan Kebenaran, Dosa Besar Para Ahli Ilmu Pengetahuan
    Tausyiah
    Minggu, 15 Mei 2022 - 12:47 WIB
    Di antara dosa yang besar, yang ditunjukkan dan anjurkan Al-Quran agar kita segera bertaubat darinya adalah: dosa menyembunyikan kebenaran serta tidak menjelaskannya kepada manusia.
  • Pengetahuan tentang Akhirat (2): Neraka Rohaniah Akibat Cinta Dunia
    Tausyiah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 04:49 WIB
    Imam Ghazali mengatakan bahwa salah satu jenis neraka rohani itu berbentuk pemisahan secara paksa dari benda-benda duniawi yang kepadanya hati terikat terlalu erat.
  • Cerita Ajaran Pengetahuan tentang Sufisme: Orang Dermawan
    Hikmah
    Senin, 07 Desember 2020 - 07:12 WIB
    Cerita ini dimaksudkan untuk meletakkan dasar dari pengetahuan tentang sufisme dan metode-metode penalaran yang khas, jarang sekali digunakan untuk tujuan-tujuan didaktis.
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (2)
    Tausyiah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 04:34 WIB
    Menurut Imam Ghazali, sementara hati para nabi dan wali, meskipun mereka juga mempunyai nafsu seperti kita, sangat peka terhadap segenap kesan-kesan ilahiah
  • Hadis-hadis Tentang Doa Mustajab
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 17:34 WIB
    Ketika kita berdoa, yang paling diharapkan adalah Allah Taala mengabulkan semua permohonan doa kita. Namun terkadang keinginan-keinginan yang dipanjatkan melalui doa-doa masih belum juga terkabulkan
  • Ilmuwan Muslim Penemu Algoritma: Tanpa Ilmu Al Khawarizmi Dunia Medsos Tak Akan Pernah Ada
    Dunia Islam
    Kamis, 16 November 2023 - 08:51 WIB
    Era digitalisasi dan media sosial seperti sekarang, ternyata ada karena kontribusi besar ilmuwan muslim di masa lampau. Sebab tanpa ada Algoritma dan Aljabar, maka tak akan pernah ada pula apa itu komputer, facebook, whatsApp, tiktok, instagram dan lainnya.
  • Hadis-hadis tentang Memuliakan Wanita dalam Islam
    Muslimah
    Senin, 15 Januari 2024 - 11:36 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita sangat dimuliakan, bahkan mulai dari ia dilahirkan hingga posisinya menjadi seorang ibu yang melahirkan. Banyak hadis yang menceritakan kedudukan dan kemuliaan seorang wanita ini.
  • Islam Menolak Keras Pandangan Azas Trinitas, Begini Penjelasan Imam Chirri
    Hikmah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:35 WIB
    Imam Mohammad Jawad Chirri menegaskan Islam dengan tegas menolak azas Trinitas. Hal ini disampaikan ketika menjawab pertanyaaan Prof Dr Wilson H. Guertin: Bagaimana pandangan Islam terhadap azas Trinitas?
  • Fitnah Dunia yang Paling Banyak Menjerumuskan Manusia
    Muslimah
    Selasa, 07 September 2021 - 19:33 WIB
    Di antara fitnah dunia yang paling banyak menjerumuskan manusia adalah harta. Betapa banyak manusia rela menghabiskan waktunya hanya untuk berburu kemewahan harta dunia.
  • Perkiraan Meleset Imam As-Suyuthi dan As-Suhailiy tentang Kapan Kiamat
    Hikmah
    Senin, 20 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Perihal kiamat ini, As-Suyuthi menentukan tahun tertentu. Namun waktu yang ia perkirakan ternyata telah berlalu dan tidak terjadi kiamat sama sekali, bahkan belum juga muncul tanda-tandanya.
  • Hadis-hadis Tentang Dianjurkannya Tersenyum
    Muslimah
    Kamis, 04 Februari 2021 - 09:10 WIB
    Dalam Islam, seulas senyuman yang disunggingkan kepada seseorang adalah ibadah bahkan pahalanya senilai dengan sedekah. Senyum merupakan sedekah yang paling gampang dilakukan.
  • Al-Quran Berisikan Penjelasan Ilmu Pengetahuan Kekinian
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 08:05 WIB
    Apakah Kitab Suci Quran berisikan penjelasan mengenai beberapa peristiwa-peristiwa yang diketahui oleh ilmu pengetahuan kita sekarang, yang tidak diketahui pada masa Muhammad?
  • Catatan Harian Mualaf Jerman Murad Wilfred Hoffman tentang Perempuan
    Dunia Islam
    Sabtu, 26 November 2022 - 08:44 WIB
    Mualaf asal Jerman Murad Wilfred Hoffman membuat catatan tentang perempuan Islam, setelah sejumlah muslimah jamaah umrah dari Jerman kesulitan mendapatkan visa dari Arab Saudi.
  • Ayat Al-Quran dan Perkara yang Diaturnya Tentang Kaum Hawa Ini
    Muslimah
    Jum'at, 04 September 2020 - 19:25 WIB
    Di dalam Al-Quran banyak sekali hal-hal yang berbicara tentang perempuan. Di antaranya adalah surat An-Nisa, Maryam, An-Nur, Saba, Al-Hu jurat, Al-Mujadalah, Al-Mumtahanah, At-Thalaq, dan At-Thahrim.
  • Memahami 4 Hadis yang Menjelaskan tentang Doa-doa Mustajab
    Hikmah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:08 WIB
    Doa mustajab banyak tercatum dalam hadis, doa mustajab sendiri merupakan doa yang langsung diijabah Allah subhanahu wa taala.