Topik Terkait: Larangan Berbohong

  • Kebohongan Paling Berbahaya Adalah Dusta pada Diri Sendiri, Istifti Qalbak!
    Tausyiah
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 21:56 WIB
    Kita sepenuhnya sadar jika sekeliling hidup manusia itu, selain banyak menipu dan sangat keras (hard), juga terkadang kejam (harsh). Di sinilah Islam hadir memberikan solusi.
  • Ini Mengapa Ada Larangan Mencela Sahabat Nabi?
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 11:36 WIB
    Para sahabat Rasulullah SAW adalah sebaik-baik dan seutama-utama manusia setelah para Nabi sendiri. Mereka adalah manusia yang selalu membela nabi dengan seluruh kemampuannya .
  • Larangan Memberi Upah Daging Kurban kepada Pemotong atau Tukang Jagal
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 16:30 WIB
    Di sebagian masyarakat muslim, petugas kurban atau tukang jagal sering diupah dengan daging atau bagian hewan kurban. Berikut larangannya dijelaskan dalam Hadis.
  • Larangan-larangan Bagi yang Berhadas Besar
    Tips
    Selasa, 28 September 2021 - 13:49 WIB
    Ada larangan-larangan bagi orang-orang yang berhadas besar, seperti tengah haid, keluar sperma atau junub. Larangan ini berlaku selama ia belum bersuci dari hadasnya, baik hadas besar maupun kecil.
  • Larangan Menyakiti dan Memfitnah Seorang Mukmin, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 19 Februari 2024 - 10:41 WIB
    Ada larangan yang diperintahkan langsung Allah Subhanahu wa taala dalam Al Quran yakni menyakiti dan memfitnah orang-orang mukmin tanpa ada kesalahan yang mereka perbuat.
  • Bahayanya Berbohong dalam Candaan
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 07:26 WIB
    Seringkali dalam obrolan sehari-hari baik bersama teman atau rekan kerja, tanpa disengaja atau tidak, melontarkan kata candaan dengan maksud melucu atau membuat orang yang mendengar kita bisa tertawa
  • Larangan Mencela Suatu Penyakit
    Tips
    Rabu, 07 Juli 2021 - 17:35 WIB
    Ketika kita sedang sakit, secara tidak sadar terkadang kita mencela atau mencaci rasa sakit/penyakit itu. Padahal, dibalik rasa sakit itu selalu ada hikmah yang Allah berikan kepada hamba-hambanya.
  • Larangan Keras Bagi Seorang Muslim Menerima Perkataan yang Mengadu Domba
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 06:11 WIB
    Adu domba merupakan suatu perbuatan rekayasa yang sengaja dilakukan untuk merusak, memfitnah, atau menghancurkan orang lain serta pemicu terjadinya permusuhan. Hal ini sangat bertentangan dengan syariat Islam
  • Kisah Nabi Ibrahim Berbohong 3 Kali, Terakhir kepada Raja yang Lalim
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 17:10 WIB
    Ibrahim tidak pernah berkata dusta, kecuali tiga kali. Dua di antaranya terkait Dzat Allah: kata-kata Ibrahim, Sesungguhnya, aku sakit. dan kata-kata Ibrahim, Sebenarnya (patung) besar itu yang melakukannya.
  • 10 Larangan Saat Puasa Ramadan, Nomor Terakhir Sering Diperdebatkan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 03:02 WIB
    Puasa Ramadan tidak hanya sebatas menahan makan dan minum saja. Ada banyak larangan yang harus dijauhi agar puasa kita bernilai di sisi Allah. Berikut 10 larangan saat puasa Ramadan.
  • 3 Larangan bagi Umat Muslim saat Iduladha, Salah Satunya Puasa
    Hikmah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 16:46 WIB
    Hari Raya Iduladha 2023/1444H akan segera tiba tak lama lagi. Momen istimewa ini merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam di bulan Dzulhijjah
  • Larangan Menyentuh Kemaluan dengan Tangan Kanan
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 12:10 WIB
    Islam adalah agama fitrah yang membimbing manusia kepada kebaikan. Semua perkara ibadah dan adab-adabnya diatur oleh syariat termasuk akhlak terhadap anggota tubuh.
  • Larangan Menyemir Uban dengan Warna Hitam, Ini Alasannya
    Tips
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 23:52 WIB
    Menyemir uban merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Namun, beliau melarang umatnya menyemir uban dengan warna hitam. Berikut alasannya.
  • Masih Percaya Mitos Larangan Menikah Pada Bulan Syawal?
    Hikmah
    Senin, 25 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Kata Syawal berkaitan dengan fenomena orang Arab yang enggan menikah pada bulan tersebut. Mereka beranggapan menikah pada bulan Syawal dapat membuat sial.
  • Larangan Berdusta serta Dalilnya dalam Al Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 11:29 WIB
    Berdusta adalah perbuatan yang sangat tercela, ini salah satu sifat yang buruk. Perbuatan dusta juga merupakan sifat dari orang-orang munafik, maka Islam sangat melarang keras perbuatan dusta ini.
  • 5 Adab Bergurau dalam Islam, Salah Satunya Dilarang Berbohong
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Banyak manusia menjadikan canda maupun gurauan sebagai relaksasi untuk menghibur diri. Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya. Berikut adab-adabnya.
  • Dalil Larangan Mendatangi Dukun dan Peramal
    Tausyiah
    Jum'at, 02 September 2022 - 09:52 WIB
    Dalil larangan mendatangi dukun dan peramal cukup banyak. Hal tersebut tertuang di dalam Al-Quran maupun hadis Nabi Muhammad SAW. Risiko orang yang percaya kepada dukun dan peramal amatlah berat.
  • Wawasan Al-Quran: Ini Ayat-Ayat yang Jadi Dalil Larangan Seni Suara
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Al-Quran sendiri memperhatikan nada dan langgam ketika memilih kata-kata yang digunakannya setelah terlebih dahulu memperhatikan kaitan antara kandungan kata dan pesan yang ingin disampaikannya.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Larangan Melukis Tidak Jadi Penyebab Terpuruknya Seni Islam
    Tausyiah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:10 WIB
    Dilarangnya melukis dan memahat (makhluk hidup) tidak menjadi penyebab terpuruknya dunia seni Islam. Bahkan menjadikan seni Islami memiliki ciri khas yang menarik dan keindahan tersendiri.
  • Larangan Ghuluw, Rasulullah Menolak Disanjung Secara Berlebihan
    Tausyiah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 11:59 WIB
    Ghuluw dalam hak Nabi SAW adalah melampaui batas dalam menyanjungnya, sehingga mengangkatnya di atas derajatnya sebagai hamba dan Rasul Allah, menisbatkan kepadanya sebagian dari sifat-sifat Ilahiyyah.