Kumpulan Artikel: Bukber

  • Ramadan di Negeri Minoritas Muslim: Tak Selalu Tentang Agama
    Dunia Islam
    Kamis, 28 Maret 2024 - 11:43 WIB
    Perayaan Ramadan tersebar luas di Timur Tengah, seringkali melibatkan non-Muslim dalam perayaannya di wilayah tersebut. Di negara-negara mayoritas Kristen, partisipasi kurang umum, namun tren ini mulai bergeser.
  • 4 Contoh Susunan Acara Buka Bersama
    Tips
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 18:53 WIB
    Berikut ini adalah 4 contoh susunan acara buka bersama atau bukber. Tak hanya sekedar buka puasa bersama, acara ini juga dijadikan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi.
  • Cerita Kiai Cholil Nafis Bukber di Jepang, Serasa Mudik Disuguhi Bakso hingga Gorengan
    Dunia Islam
    Senin, 17 April 2023 - 14:49 WIB
    Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI KH Cholil Nafis memenuhi undangan Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Tokyo, Jepang untuk mengisi tabligh akbar menjelang buka puasa pada Minggu (16/4/2023).
  • Bukber Laznas PPPA Daarul Quran dan MNC Portal Indonesia Bersama Santri Rumah Tahfizh Nurul Quran Tangerang
    Dunia Islam
    Rabu, 12 April 2023 - 16:37 WIB
    Laznas PPPA Daarul Quran bersama MNC Portal Indonesia menggelar buka puasa bersama santri Rumah Tahfizh Nurul Quran Tangerang pada Selasa (11/4).
  • PPPA Daarul Quran Bogor Gelar Buka Puasa Bersama Penghafal Quran Spesial Ramadan
    Dunia Islam
    Minggu, 09 April 2023 - 09:25 WIB
    Semangat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan sangat dirasakan oleh santri di Rumah Tahfidz Nurul Qolbi, Tajur, Bogor pada Ahad (2/4/2023). Puluhan santri mengikuti buka puasa bersama dengan penuh keceriaa
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Pahala bagi Mereka yang Memberi Makan Orang Berpuasa
    Tausyiah
    Jum'at, 01 April 2022 - 10:26 WIB
    Buka puasa bersama lazim diselenggarakan banyak pihak di masa Ramadhan. Selain menggalang silaturahim, memberi makan untuk berbuka puasa amat besar pahalanya
  • Ramadhan, Masyarakat Diperbolehkan Buka Puasa Bersama dan Itikaf
    Dunia Islam
    Senin, 28 Maret 2022 - 19:46 WIB
    Kemenag segera menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan.
  • Hari Pertama Ramadhan, Tidak Ada Kegiatan Buka Puasa Bersama di Masjid Istiglal
    Dunia Islam
    Selasa, 13 April 2021 - 18:32 WIB
    Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, tidak mengadakan buka puasa bersama. Adapun tujuannya agar tidak menimbulkan kerumunan.