Kumpulan Artikel: Ramadan 2024 (halaman 16)

  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Kota Makassar Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 02:59 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Kota Serang Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 21:55 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Serang, Banten, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Israel Akan Terus Menggempur Gaza Selama Ramadan
    Dunia Islam
    Minggu, 10 Maret 2024 - 21:24 WIB
    Pertempuran mematikan berkobar di Gaza pada hari Ahad, menjelang bulan suci Ramadan. Krisis kemanusiaan yang mengerikan mencengkeram wilayah Palestina yang terkepung.
  • Program Dakwah Ramadan, MUI Undang Mufti dan Dai Luar Negeri untuk Disebar ke Berbagai Daerah
    Dunia Islam
    Minggu, 10 Maret 2024 - 17:52 WIB
    MUI mengundang para ulama dan dai seperti masyayikh Palestina yang tinggal di Gaza sebagai mufti, pelajar di Madinah, dai di Turki, Mesir dan lainnya untuk mengisi dakwah di berbagai daerah di Indonesia.
  • Bacaan Niat Salat Tarawih 23 Rakaat dan 11 Rakaat Berjamaah Beserta Niat Salat Witir
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:34 WIB
    Bacaan niat salat Tarawih berjamaah dan Witir merupakan hal yang wajib diketahui umat muslim. Salat Tarawih umumnya dikerjakan 20 rakaat ditambah 3 rakaat salat Witir (23 rakaat). Sebagian muslim mengerjakan 8 rakaat ditambah 3 rakaat Witir (11 rakaat).
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 08:57 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadan sebulan penuh biasanya diamalkan umat muslim yang akan menjalani puasa di Bulan Suci Ramadan. Namun, umumnya yang mengamalkan bacaan niat puasa ini penganut Mazhab Maliki.
  • Kegembiraan Menyambut Ramadan Syahrun Mubarak, Inilah Persiapannya!
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Ramadan akan segera tiba, umat Islam menyambutnya dengan suka cita. Dan ternyata kegembiraan menyambut bulan suci ini juga telah lama dilakukan para ulama salaf dahulu
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Palembang Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Sabtu, 09 Maret 2024 - 14:47 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Palembang, Sumatera Selatan, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Kota Semarang Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Sabtu, 09 Maret 2024 - 14:42 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Arab Saudi Serukan Umat Islam untuk Melihat Bulan Sabit Ramadan pada Ahad Malam
    Dunia Islam
    Sabtu, 09 Maret 2024 - 13:49 WIB
    Jika hilal Ramadan terlihat pada Ahad malam, maka Ramadan akan dimulai pada Senin, 11 Maret. Jika tidak, bulan suci akan dimulai pada Selasa, 12 Maret.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Pangkal Pinang Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 17:39 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Pangkal Pinang, Bangka Belitung (Babel) yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Zikir di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Diperbanyak
    Tips
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 16:22 WIB
    Banyak amalan zikir di bulan Ramadan yang hendaknya diamalkan dan diperbanyak karena Ramadan adalah waktu yang sangat istimewa. Semua amalan termasuk zikir, akan dilipatgandakan pahalanya.
  • Bacaan Doa Kamilin untuk Ramadan Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
    Tips
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:56 WIB
    Bacaan doa Kamilin untuk bulan Ramadan penting diketahui umat Muslim. Biasanya, doa tersebut dibacakan setelah salat tarawih sebagai penyempurna ibadah.
  • Inilah Beragam Julukan untuk Bulan Suci Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:22 WIB
    Bulan Ramadan ternyata memiliki beragam julukan. Ini menandakan bulan Ramadan memiliki sesuatu itu mulia dan agung. Sedikitnya ada 9 (sembilan) nama julukan Ramadan yang tidak dimiliki bulan lain.
  • Bulan Ramadan dan Asal Usul serta Artinya
    Hikmah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 09:30 WIB
    Asal usul penamaan bulan Ramadan dan artinya penting diketahui umat Islam. Ramadan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.
  • Menentukan Awal 1 Ramadan Berlandaskan Dalil Hadis
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 13:28 WIB
    Menentukan awal Ramadan penting diketahui dan dipahami umat muslim dan dalam Islam, secara umum ada dua metode dalam penentuan awal bulan Ramadan maupun bulan-bulan lainnya dalam kalender Qomariyah (Hijriyah).
  • Bolehkah Niat Mandi Puasa Ramadan? Bagaimana Bacaan dan Tata Caranya?
    Tausyiah
    Kamis, 07 Maret 2024 - 12:10 WIB
    Salah satu amalan yang populer dilakukan oleh kaum Muslim Indonesia di bulan Ramadan adalah mandi puasa Ramadan. Benarkah ada mandi khusus sebelum puasa Ramadan ini? Bagaimana bacaan niat dan tata caranya?
  • 7 Amalan Prioritas di Bulan Ramadan, Mulai Qiyamul Lail hingga Iktikaf
    Tausyiah
    Kamis, 07 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Banyak amalan utama yang dapat dikerjakan selama bulan Ramadan. Dari sekian banyak amal ibadah, sedikitnya ada 7 amalan yang patut menjadi prioritas dan dilaksanakan secara maksimal.
  • Jadwal 1 Ramadan 2024 Menurut Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah
    Tips
    Rabu, 06 Maret 2024 - 19:43 WIB
    Jadwal 1 Ramadan 2024/1445 H versi pemerintah, NU, dan Muhammadiyah menarik diketahui. Berkaca pada beberapa tahun terakhir, penetapan awal Ramadan tidak selalu sama.
  • Beragam Persiapan Menyambut Ramadan, Dari Doa hingga Menjaga Hubungan Baik Keluarga
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 09:32 WIB
    Bulan Ramadan akan segera tiba, bahkan tinggal hitungan hari saja. Kaum muslim sepatutnya menyambut bulan suci ini dengan suka cita dan berbagai persiapan.