Zikir di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Diperbanyak

Jum'at, 08 Maret 2024 - 16:22 WIB
loading...
Zikir di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Diperbanyak
Banyak amalan zikir di bulan Ramadan yang hendaknya diamalkan dan diperbanyak karena Ramadan adalah waktu yang sangat istimewa. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Banyak amalan zikir di bulan Ramadan yang hendaknya diamalkan dan diperbanyak karena Ramadan adalah waktu yang sangat istimewa. Semua amalan termasuk zikir, akan dilipatgandakan pahalanya.

Dalam buku 'Fiqih Doa & Dzikir 1', Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr menyebut zikir kepada Allah SWT adalah amalan termulia , terbaik, dan paling utama di sisi-Nya.

Sebagaimana hadits riwayat Abu Darda, Nabi Shallalahu alaihi wa sallam pernah bersabda:

"Maukah aku beritahukan kepada kamu sebaik-baik amal-amal kamu, paling mulia di sisi Raja kamu, paling mengangkat derajat kamu, lebih baik bagi kamu daripada menginfakkan emas dan perak, dan lebih baik bagi kamu daripada kamu bertemu musuh lalu menebas leher mereka dan mereka menebas leher kamu?" Mereka berkata, "Baiklah wahai Rasulullah." Beliau bersabda, "Zikir kepada Allah." (HR Ahmad, Ibnu Majah & Hakim)

Syaikh Al-Badr menjelaskan bahwa ayat-ayat di atas mensyariatkan manusia untuk memperbanyak zikir kepada Allah SWT dalam keadaan apa pun, baik ketika berdiri, duduk, berbaring, di siang atau malam, saat kaya atau miskin, hingga kala sehat maupun sakit.

Melalui ayat tersebut pula, Dia mengemukakan apa yang akan diperoleh para hamba apabila mereka berzikir, yakni pahala yang agung dan kebaikan yang menyeluruh.

Begitu juga berzikir di bulan Ramadan terlebih ketika seorang muslim tengah berpuasa, tentu orang itu akan mendapat ganjaran yang dilipatgandakan. Sebagaimana sabda Rasul SAW amalan sunnah (kebaikan) yang dilakukan pada bulan Ramadan balasannya setara dengan ibadah wajib di bulan lain.

Zikir-zikir di Bulan Ramadan

Terdapat banyak zikir yang bisa diperbanyak kala bulan Ramadan. Melansir kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi, dan buku 'Ihya 345 Sunnah Nabawiyah' oleh Raghib As-Sirjani, berikut di antara beberapa bacaan zikir di bulan Ramadan:

1. Zikir Tauhid

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ


Laa ilaaha illa Allaahu

Artinya: "Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah."

2. Zikir Ke-2

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر


Laa ilaaha illa Allaahu wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai-in qadiir

Artinya: "Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu."

3. Zikir Tasbih

سُبْحَانَ اللَّهِ


Subhaanallah

Artinya: "Maha Suci Allah."

4. Zikir Tahmid

الْحَمْدُ لِلَّهِ


Alhamdulillah

Artinya: "Segala puji bagi Allah."

5. Zikir Takbir

اللَّهُ أَكْبَرُ


Allahu Akbar

Artinya: "Allah Maha Besar."

6. Zikir Istighfar

أَسْتَغْفِرُ الله


Astaghfirullah

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

7. Zikir Ke-7

سُبْحَانَ اللَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ


Subhaanallah, wal hamdu lillaah, wa laa ilaaha illa Allah, wallaahu akbar
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)