Topik Terkait: Sikap Konsekuen

  • Inkonsisten Ternyata Sikap Buruk yang Berdampak Hingga Akhirat
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:19 WIB
    Sikap inkonsisten (tidak konsisten) merupakan salah satu sifat tidak terpuji dalam Islam. Karena sifat ini, tidak hanya merepotkan orang lain, tetapi juga memberi kejiwaan yang buruk dalam diri seseorang.
  • Parenting Islami : Sikap Adil Orang Tua dan Perasaan Anak
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 10:18 WIB
    Dalam Islam, setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • Sikap Terpuji Ini, Salah Satu Jalan Kemuliaan bagi Seorang Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 07 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Salah satu akhlak terpuji yang harus dimiliki kaum muslimah adalah sikap rendah hati atau tawadhu. Rasulullah Shallallaahualaihi wa sallam adalah teladan utama dalam sikap terpuji ini
  • Sikap Seorang Muslim Menghadapi Fitnah di Akhir Zaman
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 15:48 WIB
    Saat ini kita hidup di zaman dimana ujian (fitnah) banyak bertebaran di tengah masyarakat. Bagaimana sikap seorang muslim ketika menghadapi fitnah di akhir zaman?
  • Ketika Seorang Istri Cemburu, Bagaimana Sikap Suami Menurut Islam?
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 12:36 WIB
    Pada dasarnya, perempuan memiliki sifat sensitif dan sangat mudah cemburu, apalagi yang sudah berstatus sebagai seorang istri. Jika telah cemburu maka akalnya hilang?
  • Mendidik dan  Mengajarkan Anak Karakter Ikhlas
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:30 WIB
    Mendidik karakter ikhlas kepada anak juga butuh kesungguhan, latihan, dan difahamkan terus menerus agar anak ikhlas dalam menuntut ilmu dan juga ikhlas dalam beribadah.
  • Inilah Akibat dari Sikap Ikhlas
    Muslimah
    Selasa, 07 September 2021 - 14:27 WIB
    Ciri-ciri orang yang ikhlas adalah hatinya tenang dan tentram. Jika ada orang yang gelisah karena urusan dunia maka itu merupakan ciri orang yang kurang ikhlas.
  • Saat Menghadapi Musibah, Seorang Muslim Harusnya Di Posisi Mana?
    Muslimah
    Senin, 11 Januari 2021 - 11:10 WIB
    Jika menelaah Al Quran, kata musibah disebutkan dalam Alquran sebanyak 10 kali dan ini menunjukkan bahwa kata tersebut memiliki nilai yang penting bagi manusia.
  • Pentingnya Berlaku Adil pada Anak agar Tidak Muncul Penyakit Hasad
    Muslimah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 17:15 WIB
    Setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • Pentingnya Sikap Kehati-hatian
    Muslimah
    Senin, 07 Desember 2020 - 06:22 WIB
    Dalam soal amalan, penilaian Allah Taala tidak hanya pada amal yang besar saja. Kita sebagai umat muslim juga harus lebih bersungguh-sungguh untuk memperhatikan amal-amal kecil.
  • Sikap Tenang  Mengundang Datangnya Pertolongan Allah
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 19:00 WIB
    Adalah tipikal manusia dihinggapi rasa gelisah, resah, dan pikiran-pikiran yang membuat hati berguncang dan kacau. Perasaan-perasaan tidak tenteram itu terkadang membesar dan menjadi penyakit stres jika seseorang tidak bisa meredamnya.
  • 4 Wasiat Salafus Saleh Agar Bersikap Tawadhu
    Tausyiah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 11:34 WIB
    Salafus Saleh (tiga generasi Muslim awal yaitu para sahabat, tabiin dan tabiut tabiin) memberi wasiat agar kita termasuk seorang yang tawadhu. Berikut wasiatnya:
  • Tugas Utama Suami Menjaga Keluarganya dari Siksa Api Neraka
    Muslimah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 14:35 WIB
    Dalam Islam, tugas utama seorang suami atau kepala keluarga adalah harus bertakwa sehingga dia bisa menjaga keluarganya dari seluruh perkara yang bisa menghantarkan menuju neraka
  • Manfaat dan Hikmah Selalu Berbaik Sangka dalam Kehidupan
    Hikmah
    Senin, 29 April 2024 - 13:07 WIB
    Sikap husnuzan (berbaik sangka) dalam menjalani kehidupan sangat penting. Mengapa setiap muslim harus bersikap husnuzan dan apa manfaatnya?
  • Ragam Makna Keadilan, Salah Satunya Adil dalam Arti Sama
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 08:52 WIB
    Quraish Shihab mengatakan kata qisth, adl, dan mizan pada berbagai bentuknya digunakan oleh Al-Quran dalam konteks perintah kepada manusia untuk berlaku adil.
  • Bagaimana Cara Menasehati Istri yang Berperilaku Buruk?
    Muslimah
    Rabu, 03 November 2021 - 17:03 WIB
    Wajib bagi pasangan suami istri untuk memperlakukan pasangannya dengan baik dan memenuhi haknya yang merupakan kewajibannya dengan penuh kerelaan. Lantas bagaimana jika pasangan atau istri berperilaku buruk?
  • Melatih Tanggung Jawab Anak dengan Sikap Profesional
    Muslimah
    Senin, 14 September 2020 - 17:30 WIB
    Di antara tiga tingkatan agama adalah ihsan. Ihsan ini perlu kita tanamkan dan ajarkan kepada anak sebagai generasi penerus kita. Ihsan memiliki banyak makna, ada beberapa dimensi dari ihsan.
  • Waspada dengan Sikap Mencela Takdir
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 07:00 WIB
    Kebanyakan yang menggelincirkan kaki manusia adalah berkaitan dengan penentangan terhadap takdir, mencelanya, tidak ridha terhadapnya, mengeluh dan menyandarkan kezhaliman kepadanya.
  • Beginilah Seharusnya Sikap Kita kepada Ibu
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 23:34 WIB
    Sosok Ibu bagaikan benih yang dapat menumbuhkan umat. Begitu pentingnya peran ibu hingga Al-Quran pun memerintahkan kita agar perhatian terhadap sosok ibu.
  • Inilah Dua Keutamaan dari Sikap Istiqamah
    Muslimah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 07:01 WIB
    Seorang yang istiqamah tidak akan menyia-nyiakan waktunya di dunia. Tentu buah dari istiqamah yang paling tinggi adalah ridha Allah Subhanahu wa Taala. Allah suka hamba-hamba yang istiqamah, amal yang istiqamah