Kumpulan Artikel: Ibadah (halaman 62)

  • Ibadah Haji, Ziarah...
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 Desember 2021 - 06:44 WIB
    Ibadah haji sebagai tradisi ziarah terbesar di dunia, mengandung makna spiritualitas yang kaya dan mendalam. Lewat ibadah haji, seseorang dapat semakin memahami hakikat ibadah.
  • 3 Gambaran Kehidupan...
    Tips
    Kamis, 16 Desember 2021 - 13:49 WIB
    Di hari kiamat kelak, seluruh manusia dan jin akan digiring ke Padang Mahsyar dengan berbagai kondisi yang berbeda sesuai dengan amalnya
  • Cara Menentukan Waktu...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 09:22 WIB
    Cara menentukan waktu sholat di kutub sempat dibahas kalangan ulama. Ada beberapa pendapat mengenai tata cara penentuan waktu sholat di daerah abnormal tersebut.
  • Sholat Sudah Dilakukan...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 09:09 WIB
    Tata cara sholat Nabi Ibrahim as pada waktu peristiwa kurban menjadi ketetapan sholat wajib bagi kaum muslimin atau umat Nabi Muhammad SAW. Kala itu Nabi Ibrahim sholat 4 rakaat.
  • Bagaimana Cara Tuan...
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 19:58 WIB
    Imam Hatim Al-Asham (wafat di Bagdad 237 H) seorang ulama sufi pernah ditanya seseorang tentang sholat khusyu. Berikut jawaban beliau yang menakjubkan.
  • Kisah Prajurit Muslim...
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 13:37 WIB
    Seorang anggota pasukan muslim ini tetap melanjutkan sholatnya ketika musuh memanahnya sampai tiga kali. Ia sedang membaca surat dari Al-Quran dalam sholat, maka ia tidak memutuskan bacaannya..
  • Inilah 2 Perkara yang...
    Tips
    Minggu, 12 Desember 2021 - 08:39 WIB
    Banyak umat muslim yang saling berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan agar memiliki pahala yang banyak. Tetapi masalahnya adalah setiap amal kebaikan yang kita lakukan belum tentu bernilai pahala bagi yang melakukannya
  • Keutamaan Seseorang...
    Tips
    Kamis, 09 Desember 2021 - 15:32 WIB
    Seseorang yang tengah menunggu waktu datangnya sholat akan mendapat pahala dan keutamaan. Mengapa demikian? Kecintaan seorang muslim dalam beribadah tergambar dari kesediaannya menunggu ibadah itu datang lagi.
  • Hukum Bersendawa Ketika...
    Tips
    Kamis, 02 Desember 2021 - 13:17 WIB
    Sendawa adalah peristiwa keluarnya gas dari dalam perut. Terkadang seseorang mengeluarkan suara sendawa saat sholat. Bagaimana hukum bersendawa ketika sholat?
  • Bicara yang Baik Atau...
    Tausyiah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 08:09 WIB
    Rasulullah SAW sendiri bahkan menjamin surga bagi siapa yang mampu menjaga lisannya. Ini sekaligus menandakan urgensi berhati-hati dalam berkata atau berbicara.
  • Ilmu Hikmah: Jangan...
    Hikmah
    Jum'at, 26 November 2021 - 05:05 WIB
    Dalam urusan ibadah hendaknya setiap orang bersandar kepada Allah semata, bukan kepada amalannya. Berikut penjelasan Syekh Ibnu Athoillah As-Sakandari dalam Kitab Al-Hikam.
  • Menunggu Waktu Luang...
    Tausyiah
    Selasa, 16 November 2021 - 10:13 WIB
    Semua manusia ingin baik, ingin menjadi lebih baik, dan tidak menyukai kejahatan dan keburukan. Bahkan tidak sedikit yang menunda-nunda itu semua.
  • Hukum Menggendong Anak...
    Tips
    Sabtu, 13 November 2021 - 06:30 WIB
    Banyak di antara orangtua punya pengalaman anak balitanya (di bawah 5 tahun) menaiki bahu orangtuanya ketika sholat. Bolehkah menggendong anak saat sholat?
  • Adab yang Sering Dilupakan...
    Tausyiah
    Kamis, 11 November 2021 - 19:57 WIB
    Adab seorang hamba setiap kali selesai menunaikan ibadah perlu diketahui agar amalan kita bernilai di sisi Allah. Berikut adab yang harus kita tanamkan setiap selesai ibadah.
  • Ini Waktu-Waktu yang...
    Tausyiah
    Senin, 08 November 2021 - 10:23 WIB
    Dalam Al-Quran Surat an-Nisa ayat 103, Allah berfirman supaya umat Islam mendirikan sholat, baik yang fardhu maupun yang sunnah, pada waktu-waktu yang telah ditetapkan
  • Kiat Meluruskan Niat...
    Muslimah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Fungsi niat sangatlah penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki dan selalu meluruskan niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas hanya untuk Allah semata.
  • Adanya Balasan dari...
    Tips
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 08:17 WIB
    Takdir Allah Subhanahu wa taala itu pasti, tidak berubah dan tak berganti. Dan, di antara takdir Allah yang agung ini, adalah ketentuan Allah berupa al-jaza min jinsil amal atau balasan akan didapat sesuai dengan amal perbuatan.
  • Wisata ke Borobudur...
    Tausyiah
    Kamis, 16 September 2021 - 11:46 WIB
    Hukum wisata ke Candi Borobudur atau situs-situs tua yang tak terkait dengan peninggalan Islam belakangan menjadi perbincangan hangat. Bagaimana pendapat ulama terdahulu?
  • Pentingnya Menjaga Amal...
    Muslimah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 08:05 WIB
    Bagi umat Islam, surga hanya bisa diraih dengan ketaatan kepada Allah Taala saja. Dalam prosesnya menuju jannah (surga), Islam meyakini ada yang melalui hisab (perhitungan amal saat di dunia) dan ada yang masuk surga tanpa hisab.
  • Cara Mendapatkan Kenikmatan...
    Muslimah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 12:21 WIB
    Ternyata sangat mudah bagi orang Islam untuk mendapatkan kenikmatan ibadah. Tentu saja, ada caranya untuk merasakan nikmatnya beribadah tersebut. Apa dan bagaimana caranya?