Kumpulan Artikel: Tabiin (halaman 6)

  • Ahli Tafsir Mimpi yang Dipenjara Gara-Gara Bangkai Tikus
    Hikmah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 19:24 WIB
    Beliau adalah salah satu pelopor ilmu interpretasi mimpi dalam Islam. Ibnu Sirin dianggap mirip dengan Nabi Yusuf pada masanya. Selain itu, beliau juga ahli fiqih.
  • Begini Nasihat Hasan Al-Bashri kepada Penguasa Irak Umar bin Hubairah
    Hikmah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 12:01 WIB
    Hasan al-Basri menyampaikan kata-katanya demi mengharap wajah Allah. Maka aku disingkirkan Allah dari Ibnu Hubairah, sedangkan Hasan al-Basri didekati dan dicintai, ujar Asy-Syabi.
  • Penguasa Irak Itu Tak Berdaya kepada Orang yang Disebutnya Budak
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2020 - 13:07 WIB
    Hasan al-Bashri adalah ulama yang paling vokal melontarkan kritik terhadap Hajjaj yang bertindak sewenang-wenang. Kala itu, tak banyak orang yang berani melawan penguasa.
  • Dia Menghukum Atas Dasar Kesaksian, Bukan Atas Dasar Tuduhan
    Hikmah
    Sabtu, 04 Juli 2020 - 07:28 WIB
    Syuraih menjadi qadhi di pengadilan selama 60 tahun secara berturut-turut sejak masa Khalifah Umar bin Khattab sampai khalifah setelah Muawiyah.
  • Ini Hakim Pengadilan yang Kalahkan Khalifah Ali dalam Sengketa Baju Perang
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 07:56 WIB
    Aku tidak meragukan kejujuran Anda wahai amirul mukminin. Tetapi harus ada dua orang saksi yang membuktikan kebenaran tuduhanmu, ujar Syuraih kepada Khalifah Ali.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Hakim Kasus Sengketa Kuda antara Khalifah Umar dan Warga Desa
    Hikmah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 11:33 WIB
    Hanya beginikah pengadilan ini? Kalimat yang singkat, dan hukum yang adil, ujar Umar. Lalu beliau meminta Syuraih berangkat ke Kufah, untuk menjadi qadhi di sana.
  • Kisah Abdul Malik, Sang Bintang dari 15 Bersaudara
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 09:00 WIB
    Abdul Malik paling mirip dengan Abdullah bin Umar di antara seluruh keturunan Al-Khathab. Khususnya dalam hal ketakwaan, rasa takutnya bermaksiat dan taqarrubnya kepada Allah.
  • Detik-Detik Ketika Umar bin Abdul Aziz  Diangkat Jadi Khalifah
    Hikmah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 13:44 WIB
    Saat dirinya diangkat menggantikan Sulaiman bin Abdul Malik, sebagai khalifah, Umar bin Abdul Aziz mengatakan, sesungguhnya aku telah mendapat musibah dengan urusan ini.
  • Kisah Tabiin Cerdas Iyas Bin Mu’awiyah Al-Muzanni
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 10:23 WIB
    Orang-orang datang kepadanya dari berbagai penjuru untuk bertanya tentang ilmu dan agama. Sebagian ingin belajar, ada yang ingin menguji dan ada pula hendak berdebat kusir.
  • Nasehat Mahal dan Menyentuh dari Tabiin Syaikh Ar-Rabi bin Khutsaim
    Hikmah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 13:15 WIB
    Waspadalah kalian terhadap dosa yang meski tersembunyi dari orang-orang, namun jelas bagi Allah Subhanahu wa Taala, segeralah datangkan obatnya! ujar Ar-Rabi.
  • Tangis Si Kecil di Tengah Malam yang Mengaduk-aduk Perasaan Bunda
    Hikmah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 18:10 WIB
    Ia membenarkan bahwa dirinya telah membunuh seorang jiwa ketika sang bunda bertanya apakah dirinya telah berbuat jahat atau telah membunuh orang?
  • Guru Yahudi Ini Anggap di Surga Itu Aneh, Makan Tapi Tidak Buang Air Besar
    Hikmah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 06:20 WIB
    Guru Yahudi itu berkata: Tidakkah kalian merasa heran kepada Kaum Muslimin itu? Mereka berkata bahwa mereka akan makan di Surga, namun tidak akan buang air besar?
  • Dituduh Menyimpang karena Tidak Menikah dan Menolak Makan Daging
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 11:35 WIB
    Beliau terjun di kancah peperangan dengan gigih yang tiada orang lain segigih beliau. Akan tetapi di saat pembagian ghanimah, tiada yang lebih enggan menerima daripada heliau.
  • Permintaan Pertama: Mencabut Rasa Cinta kepada Wanita
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 14:17 WIB
    Alqamah bin Martsad mengatakan puncak orang yang zuhud ada delapan orang dan yang terdepan adalah Amir bin Abdillah At-Tamimi. Siapa lelaki zuhud ini?
  • Sampaikan Cita-Cita Tinggi di Kaki Kabah, Semua Terkabul
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 17:49 WIB
    Keempat remaja, Abdullah bin Zubair, Musab bin Zubair, Urwah bin Zubair, dan Abdul Malik bin Marwan menyampaikan cita-citanya di kaki Kabah. Semua cita-cita itu terkabul.
  • Di Kaki Kabah, Tatkala Khalifah Meminta Fatwa dari Bekas Budak
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:07 WIB
    Tiada aku melihat seorangpun yang lebih mengharapkan wajah Allah dengan ilmunya melainkan tiga orang, Atha, Thawus, dan Mujahid (Salamah bin Kuhail)
  • Saudagar Yunus bin Ubaid, Selain Jujur Juga Wara
    Hikmah
    Minggu, 07 Juni 2020 - 09:22 WIB
    Yunus yang hidup pada masa tabiin berkata, tidaklah seseorang itu dibuat gelisah oleh mata pencahariannya melainkan juga akan dibuat gelisah ke mana digunakan.
  • Kisah Al-Ghafiqi, Terulangnya Tragedi Uhud yang Memilukan
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:40 WIB
    Pada Balath Syuhada kaum muslimin telah menyia-nyiakan kesempatan emas, bahkan kehilangan seorang pemimpin besar nan tangguh Abdurrahman al-Ghafiqi.
  • Kisah Umar bin Abdul Aziz dan Padamnya Lampu Istana
    Hikmah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Meski kekuasaannya terbilang singkat (2-3 tahun), Umar bin Abdul Aziz merupakan salah satu khalifah yang paling dikenal dalam sejarah Islam. Berikut kisah teladan beliau.